Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Siapakah tokoh ...

Perhatikan gambar di bawah ini!

Siapakah tokoh di samping? Jelaskan hubungan tokoh tersebut dengan Perdagangan Internasional!

Jawaban:

David Ricardo, seorang pakar ekonomi politik asal Inggris yang mengemukakan teori keunggulan komparatif. David Ricardo mengemukakan gagasan baru dalam lingkup perdagangan internasional berupa teori keunggulan komparatif. Menurut Ricardo, negara yang tidak memiliki keunggulan absolut bisa ikut terlibat dalam perdagangan internasional yang menguntungkan apabila mampu melakukan spesialisasi produksi barang yang memiliki biaya relatif lebih rendah dibandingkan negara lain. Sebab, negara yang berhasil memproduksi barang dengan harga relatif lebih murah memiliki keunggulan komparatif.

Teori keunggulan komparatif ini bisa diterapkan dengan menggunakan asumsi sebagai berikut.

  1. Perdagangan Internasional hanya dilakukan diantara dua negara.
  2. Objek barang atau komoditi yang diperdagangkan hanya ada dua jenis saja.
  3. Setiap negara hanya memiliki dua unit faktor produksi saja.
  4. Skala produksi bersifat content return to scale, yang artinya harga relatif barang-barang komoditas tersebut sama pada berbagai kondisi produksi.
  5. Berlaku teori nilai tenaga kerja (labor theory of value) yang menyatakan harga barang sama dengan atau dapat dihitung dari jumlah jam kerja tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi barang tersebut.

Dari berbagai asumsi tersebut, keunggulan komparatif terjadi apabila suatu negara mampu melakukan proses produksi barang dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di negara lain.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah David Ricardo, seorang pakar ekonomi politik asal Inggris yang mengemukakan teori keunggulan komparatif mengenai perdagangan internasional

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved