Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Peninggalan sejarah pada gambar di atas dibangun oleh....

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Peninggalan sejarah pada gambar di atas dibangun oleh....

  1. Purnawarman

  2. Kertanegara

  3. Rakai Pikatan

  4. Hayam Wuruk

Pembahasan Soal:

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi, pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahmasebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkanprasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Yupa merupakan salah satu sumber sejarah Kerajaan Kutai. Jelaskan tentang Yupa!

Pembahasan Soal:

Prasasti Yupa merupakan peninggalan Kerajaan Kutai yang sangat penting. Prasasti Yupa merupakan prasasti pertama yang pernah dibuat oleh Kerajaan Kutai, sekaligus menjadi peninggalan tertua dari kerajaan Hindu tersebut. Prasasti ini menjadi bukti sejarah terkuat bahwa pernah ada kerajaan Hindu yang terletak di Kalimantan. Prasasti Yupa berbentuk seperti tiang batu yang dipakai untuk mengikat kurban hewan atau manusia yang dipersembahkan pada para Dewa. Tak hanya dijadikan alat ikat untuk persembahan, terdapat tulisan yang diukir dengan menggunakan Bahasa Sansekerta atau Huruf Pallawa. Dari ketujuh prasasti yang masih bisa dilihat hingga kini, beberapa prasasti memiliki topik pembahasan yang berbeda-beda mengenai Raja Mulawarman. Dilansir dari berbagai sumber, Prasasti Yupa berisi tentang kehidupan politik, kehidupan sosial, kehidupan berbudaya, dan kehidupan agama

Salah satu Prasasti Yupa membahas tentang kehidupan politik di Kerajaan Kutai. Pada prasasti tersebut, diceritakan bahwa Raja Mulawarman merupakan cucu dari Raja Kudungga, raja pertama Kerajaan Kutai serta putra dari Raja Aswawarman. Dituliskan bahwa Raja Mulawarman merupakan raja yang tegas, kuat, sabar, sekaligus dermawan.Masih tentang kehidupan politik, tertulis pula bahwa Kerajaan Kutai mengadakan Upacara Aswamedha, yakni upacara pelepasan kuda untuk menentukan batas wilayah Kerajaan Kutai. Upacara ini terjadi di masa pemerintahan Aswawarman.

Untuk kehidupan sosial, tercatat di Prasasti Yupa bahwa masyarakat sudah banyak yang menganut agama Hindu, sehingga pola pengaturan kerajaan kepada masyarakat sangat teratur seperti pemerintahan Kerajaan India. Dituliskan pula bahwa kehidupan sosial masyarakat sudah berkembang serta mulai menerima unsur kehidupan sosial dari India.
Prasasti Yupa dari aspek kehidupan berbudaya mencatat bahwa masyarakat sudah sangat erat dengan agama Hindu, terutama karena pengaruh kebudayaan Kerajaan Pallawa. Selain itu, Prasasti Yupa adalah hasil budaya masyarakat Kutai yang diwariskan dari budaya nenek moyang Indonesia pada jaman Megalithikum. Untuk aspek agama, tertulis di Prasasti Yupa bahwa agama Hindu sangat berkembang terutama sejak pemerintahan Raja Aswawarman. Bahkan disebutkan bahwa Raja Aswawarman diibaratkan sebagai Angsuman, yakni sebutan dewa matahari dalam agama Hindu.

Dengan demikian Prasasti Yupa merupakan peninggalan kerajaan Kutai yang penting, terdiri dari tujuh prasasti yang diukir menggunakan Bahasa Sansekerta. Prasasti Yupa berisi tentang kehidupan politik, kehidupan sosial, kehidupan berbudaya, dan kehidupan agama.

0

Roboguru

Faktor pendukung kegiatan perdagangan di kerajaan agraris seperti Tarumanagara, Mataram Kuno, dan Kediri adalah....

Pembahasan Soal:

Negara Indonesia merupakan negara agraris (pertanian) yang subur. Kondisi agraris ini telah ada sejak masa kerajaan tradisional seperti Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Kediri. Hasil panen pada kerajaan-kerajaan agraris tersebut diperdagangkan maupun dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain mengandalkan sistem irigasi atau pengairan yang mumpuni. Kerajaan-kerajaan tersebut memiliki sistem berdagang hampir sama, yakni dengan memanfaatkan letak strategis yang berdekatan dengan pelabuhan sebagai tempat bersinggah para pedagang dari berbagai kerajaan maupun negara. Dalam proses perdagangan, kerajaan-kerajaan tersebut memanfaatkan sungai-sungai besar, selat, hingga laut sebagai penghubung utama dengan para pedagang.   

Dengan demikian, faktor pendukung kegiatan perdagangan kerajaan agraris seperti Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Kediri adalah letaknya yang strategis berada dekat dengan sumber air baik berupa sungai-sungai besar, selat, hingga laut sebagai penghubung dengan para pedagang luar kerajaan.

0

Roboguru

Penemuan Yupa di Kutai Timur yang dibuat sekitar tahun 400 Masehi menujukkan ....

Pembahasan Soal:

Prasati Yupa merupakan batu tulis yang ditulis menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Prasasti tersebut merupakan peninggalan dari kerajaan Kutai di Kalimantan Timur pada abad ke-4 Masehi. Prasasti Yupa juga merupakan prasasti tertua yang pernah ditemukan di Kepulauan Nusantara, sekaligus menjadi bukti bahwa manusia Kepulauan Nusantara telah mengenal tulisan serta meninggalkan masa praaksara pada abad ke-4 Masehi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Rakai pikatan berasal dari kerajaan apa?

Pembahasan Soal:

Sri Maharaja Rakai Pikatan Mpu Manuku adalah raja keenam Kerajaan Mataram Kuno periode Jawa Tengah yang memerintah sekitar tahun 840 - 856. Sebelum menjadi raja, Rakai Pikatan yang merupakan penguasa dari Wangsa Sanjaya dinikahkan dengan Pramodawardhani. Istri dari Rakai Pikatan merupakan anak raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Kedua wangsa lalu bersatu untuk memmpin Kerajaan Mataram Kuno.

Pada perjalanannya, pengaruh Rakai Pikatan menjadi lebih kuat dari istrinya. Alhasil, Rakai Pikatan menjadi penguasa tunggal Mataram Kuno. Namanya terdapat dalam daftar para raja versi prasasti Mantyasih. Nama aslinya menurut prasasti Argapura adalah Mpu Manuku.

Dengan demikian Rakai Pikatan berasal dari Kerajaan Mataram Kuno.

1

Roboguru

Kepindahan pusat ibu kota kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur kemungkinan besar dilakukan oleh ...

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Mpu Sindok, ia memindahkan pusat ibu kota kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Hal ini dilakukannya karena adanya ancaman bencana letusan Gunung Merapi, serangan Sriwijaya, dan menganggap bahwa wilayah Jawa Timur lebih menguntungkan karena dekat dengan pesisir pantai. Disinilah Mpu Sindok mendirikan sebuah dinasti baru yang disebut Dinasti Isyana dan juga kerajaan baru yang dinamakan Medang Kamulan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved