Roboguru

Upacara penyucian diri dalam agama Hindu disebut ....

Pertanyaan

Upacara penyucian diri dalam agama Hindu disebut ....

  1. Kulapanjika

  2. Asmawedha

  3. Vratyastoma

  4. Abhiseka

  5. Castra

Pembahasan Soal:

Upacara vratyastoma sendiri yaitu upacara penyucian diri dalam agama hindu, sebelum seseorang masuk dalam agama hindu dan menjadi anggota suatu kasta dalam agama hindu di Bali.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dewa tertinggi dalam kepercayaan masyarakat Kerajaan Kutai adalah….

Pembahasan Soal:

Prasasti Yupa memberikan informasi yang penting mengenai silsilah dari raja Mulawarman. Selain memberikan informasi mengenai silsilah dari raja Mulawarman, dikatakan pula bahwa raja Mulawarman merupakan raja terbesar di Kutai dan merupakan seorang pemeluk agama Hindu Siwa yang setia. Tempat sucinya dinamakan Waprakeswara dan dikenal sebagai raja yang sangat dekat dengan rakyat dan kaum brahmana. Menurut teori top down, persebaran agama Hindu dapat dimulai dari raja kemudian menyebar ke penduduk, dengan kata lain kepercayaan seorang raja menjadi kepercayaan masyarakatnya hal ini dikarenakan raja dipercaya sebagai seorang titisan dari dewa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan lebih dahulu teks di bawah ini! “Kudungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri Wangsa yang wajahnya seperti Ansuman (matahari). Sang Aswawarman memiliki putra yaitu Sang Mulaw...

Pembahasan Soal:

Kerajaan yang dimaksud dalam teks di atas adalah Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan ini terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai diperkirakan menjadi tempat singgah bagi jalur perdagangan internasional yang melewati Selat Makassar, Filipina, dan Cina. Hal ini mengakibatkan sumber perekonomian Kerajaan Kutai berasal dari kegiatan perdagangan dengan memanfaatkan jalur perdagangan yang strategis. Beberapa komoditas yang diperdagangkannya seperti getah kayu meranti, gaharu, rotan, dan bulu-bulu burung yang indah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Contoh pengaruh Hindu di Indonesia dalam bidang pemerintahan adalah ....

Pembahasan Soal:

Contoh pengaruh Hindu di Indonesia dalam bidang pemerintahan adalah mulai dikenal sistem kerajaan. Hal ini ditandai dengan kemunculan raja sebagai pimpinan tertinggi yang dibantu oleh sejumlah pejabat. Sebagai penguasa, raja memiliki wewenang untuk mengatur wilayahnya secara penuh. Sementara itu, para pejabat membantu raja dengan bekerja sesuai fungsinya, yaitu di bidang pertahanan, perdagangan, keuangan, hukum, dan urusan luar negeri. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Prasati yupa di temukan di Kutai abad ke-5, jelaskan mengapa dengan di temukannya prasasti yupa tersebut mengakhiri masa pra-aksara di Indonesia...

Pembahasan Soal:

Pra-aksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Pengertian masa pra-aksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Masa pra-aksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada dan leka artinya tulisan).

Yupa merupakan berupa batu bertulis. Yupa juga sebagai tugu peringatan dari upacara kurban. Yupa ini dikeluarkan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Prasasti Yupa ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa sanskerta. Prasasti pada Yupa berangka tahun abad V Masehi ditemukan di Kuati Kalimantan Timur membuktikan bangsa Indonesia telah masuk masa aksara.

Dengan demikian, dengan ditemukannya prasasti Yupa pada abad ke-5 M yang bertuliskan huruf pallawa membuktikan bahwa Indonesia sudah memasuki masa pra-aksara yang ditandai dengan telah dikenalnya tulisan.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan sumber utama untuk mengetahui kondisi politik, sosial dan ekonomi dari Kerajaan Majapahit adalah ….

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan di Nusantara yang berkembang pesat pada masanya. Kerajaan Majapahit berdasarkan berbagai sumber diceritakan memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas membentang dari Pulau Sumatra, Semenanjung Melayu, Kalimantan, Jawa bagian Timur, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik, dan sebagian Kepulauan Filipina. Informasi luasnya Kerajaan Majapahit tersebut dapat diketahui melalui kitab Negarakertagama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved