Roboguru

Perhatikan gambar di bawah. i) PU adalah tali  busur. ii) Daerah yang di arsir adalah juring. iii) OR adalah apotema. Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang benar adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah.

i) PU adalah tali  busur.

ii) Daerah yang di arsir adalah juring.

iii) OR adalah apotema.

Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang benar adalah ....

 

  1. i dan ii

  2. i dan iii

  3. ii dan iii

  4. i, ii, dan iii

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur lingkaran.

Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan/keliling lingkaran dan tidak melalui titik pusat lingkaran.

Maka: Benar PU adalah tali  busur.

Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur.

Maka: Benar Daerah yang di arsir adalah juring.

Apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur lingkaran dan garis tersebut tegak lurus dengan tali busur.

Maka: Benar OR adalah apotema.

Jadi, Ketiga pernyataan di atas adalah pernyataan yang benar.

Oleh karena itu, Jawaban yang benar adalah D

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. RGFLLIMA

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Sebutkan unsur-unsur lingkaran berikut yang ada pada gambar. a. Jari-jari b. Diameter c. Busur d. Tali busur e. Apotema f. Juring g. Tembereng h. Sudut pusat

Pembahasan Soal:

a. Jari-jari adalah ruas garis yang menghubungkan titik pada lingkaran dengan titik pusat. Jari-jari yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style OA with bar on top end stylesize 14px OB with size 14px bar on top, dan size 14px OC with size 14px bar on top.
b. Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran dan melalui titlk pusat. Diameter yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style AC with bar on top end style.
c. Busur adalah himpunan titik-titik yang berupa kurva lengkung (baik terbuka maupun tertutup) yang berimpit dengan keliling lingkaran. Busur yang ada pada gambar adalah size 14px AB with size 14px overparenthesis on topsize 14px AC with size 14px overparenthesis on topsize 14px AD with size 14px overparenthesis on topsize 14px AE with size 14px overparenthesis on topsize 14px BC with size 14px overparenthesis on topsize 14px BD with size 14px overparenthesis on topsize 14px BE with size 14px overparenthesis on topsize 14px CD with size 14px overparenthesis on topsize 14px CE with size 14px overparenthesis on top, dan size 14px DE with size 14px overparenthesis on top.
d. Tali busur adalah ruas garis yang menghubtingkan dua titik pada lingkaran. Tali busur yang ada pada gambar adalah undefinedsize 14px BC with size 14px bar on top, dan size 14px DE with size 14px bar on top.
e. Apotema adalah ruas garis terpendek yang menghubungkan titik pusat dengan titik pada tali busur sedemikian hingga tegak lurus terhadap tali busurnya. Apotema yang ada pada gambar adalah size 14px OP with size 14px bar on top dan size 14px OQ with size 14px bar on top.
f. Juring adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari. Juring yang ada pada gambar adalah daerah tertutup AOB yang dibatasi oleh jari-jari size 14px OA with size 14px bar on top dan undefined dan tali busur size 14px AB with size 14px overparenthesis on top.
g. Tembereng adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busurnya. Tembereng pada gambar ada dua, yaitu daerah tertutup yang dibatasi oleh busur size 14px DE with size 14px overparenthesis on top dan tali busur size 14px DE with size 14px bar on top serta daerah tertutup yang dibatasi oleh busur size 14px BC with size 14px overparenthesis on top dan tali busur size 14px BC with size 14px bar on top.
h. Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya di titik pusat lingkaran dan kedua kaki sudutnya berimpit dengan jari-jari lingkaran. Sudut pusat yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style angle AOB end stylesize 14px angle size 14px AOC, dan size 14px angle size 14px BOC.

0

Roboguru

Perhatikan gambar! ​​​​​​​ Dari, gambar tersebut, tentukan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring dan apotema.

Pembahasan Soal:

Dari gambar yang diberikan dapat ditentukan:

- Titik pusat lingkaran = titik O

- Jari-jari lingkaran = garis OA, OB,  dan OC

- Diameter lingkaran = garis AB

- Busur lingkaran = busur AB, AC, AD, BC,  dan BD

- Tali busur lingkaran = garis Ac dan AD

- Tembereng lingkaran = daerah q

- Juring lingkaran = daerah p

- Apotema lingkaran = garis OE 

0

Roboguru

Sebutkan nama-nama bagian dari lingkaran berikut !

Pembahasan Soal:

Perhatikan 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell AE space end cell equals cell space jari minus jari end cell row DF equals cell space diameter end cell row AB equals apotema row CF equals busur row CF equals cell Tali space busur end cell row cell daerah space AED end cell equals juring row cell daerah space CF end cell equals tembereng row blank blank blank end table end style 

0

Roboguru

Perhatikan gambar di samping!     Tunjukkan manakah yang disebut dengan: garis tengah, jari-jari, tali busur, busur, juring, tembereng, dan apotema!

Pembahasan Soal:

  • Garis tengah atau diameter lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Pada lingkaran O, garis tengahnya adalah garis KH.
  • Jari-jari adalah jarak antara titik pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran. Pada lingkaran O, jari-jarinya adalah garis OK, OH, OL, dan  OM.
  • Tali busur merupakan garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Pada lingkaran O, tali busurnya adalah garis LN.
  • Busur lingkaran adalah bagian lingkaran yang berbentuk garis lengkung. Pada lingkaran O, busur lingkarannya adalah garis lengkung KL, LM, MN, NH, dan HK.
  • Juring merupakan daerah yang diapit oleh dua jari-jari dan busur lingkaran. Pada lingkaran O, juring lingkarannya adalah daerah OKL, OLM, OMH, dan HOK.
  • Tembereng merupakan daerah yang diapit oleh tali busur dan busur lingkaran. Pada lingkaran O, temberengnya adalah daerah LMNL.
  • Apotema adalah ruas garis tegak lurus yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran. Pada lingkaran O, apotemanya adalah  garis OS.undefined 

Dengan demikian, garis tengah, jari-jari, tali busur, busur, juring, tembereng, dan apotema berturut-turut adalah garis KH; garis OK, OH, OL, dan  OM; garis LN; garis lengkung KL, LM, MN, NH, dan HK; daerah OKL, OLM, OMH, dan HOK; daerah LMNL; dan garis OS.

0

Roboguru

Perhatikan gambar lingkaran di bawah ini. Dari gambar tersebut, tentukan:  e. Tali Busur f. Tembereng g. Juring h. Apotema

Pembahasan Soal:

e. Ingat kembali ciri-ciri Tali Busur:

  • Berupa ruas garis
  • Menghubungkan dua titik pada lingkaran

   Jadi, tali busur lingkaran di atas adalah ruas garis TU dan UR.

f. Ingat kembali ciri-ciri Tembereng:

  • Berupa daerah di dalam lingkaran.
  • Dibatasi oleh tali busur dan busur lingkaran.

   Jadi, tembereng pada lingkaran di atas adalah daerah antara tali busur TS dan busur TS

g. Ingat kembali ciri-ciri Juring:

  • Berupa daerah di dalam lingkaran.
  • Dibatasi oleh dua jari-jari dan satu busur lingkaran.

  Jadi, juring pada lingkaran di atas adalah daerah antara PU,PQ,danQU dan daerah antara PQ,PR,QR 

h. Ingat kembali ciri-ciri apotema:

  • Berupa ruas garis
  • Menghubungkan titik pusat dengan satu titik di tali busur
  • Tegak lurus dengan tali busur

   Jadi, Apotema lingkaran di atas adalah ruas garis PV.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved