Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarlah sebuah lingkaran, tulis bagian-bagian lingkaran tersebut dan beri penjelasannya.

Gambarlah sebuah lingkaran, tulis bagian-bagian lingkaran tersebut dan beri penjelasannya.

Iklan

N. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perhatikan penjabaran berikut ini. Unsur-unsur lingkaran: Titik Pusat Lingkaran Titik pusat adalahtitik yang berada di tengah-tengah lingkaran. Titik pusat pada gambar yaitu titik . Jari-jari Jari-jari adalah ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan sisi lingkaran. Jari-jari yang ada pada gambar adalah , , dan . Diameter Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran dengan melalui titik pusat. Diameter yang ada pada gambar adalah . Busur Busur adalah kurva lengkung yang berimpit dengan lingkaran. Busur terbagi menjadi busur besar atau mayor dan busurkecil atau minor. Busur yang ada pada gambar adalah busur , busur , busur , busur , busur , dan busur . Tali Busur Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran.Tali busur yang ada pada gambar adalah , dan . Apotema Apotema adalah ruas garis terpendek yang menghubungkan titik pusat dengan titik tengah tali busur yang tegak lurus terhadap tali busur. Apotema yang ada pada gambar adalah . Juring Juring adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur yang menghubungkan ujung kedua jari-jari tersebut. Juring yang ada pada gambar adalah daerah diarsir yang dibatasi oleh jari-jari dan serta busur . Tembereng Tembereng adalah daerah yang di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Tembereng yang ada pada gambar adalah daerah diarsir yang dibatasi oleh busur dan tali busur . Sudut Pusat Sudut pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari. Sudut pusat yang ada pada gambar adalah dan . Sudut Keliling Sudut keliling adalah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran dan titik sudutnya teletak pada keliling lingkaran.Sudut kelilingyang ada pada gambar adalah dan .

Perhatikan penjabaran berikut ini.

 

Unsur-unsur lingkaran:

  1. Titik Pusat Lingkaran
    Titik pusat adalah titik yang berada di tengah-tengah lingkaran. Titik pusat pada gambar yaitu titik begin mathsize 14px style text O end text end style.
  2. Jari-jari
    Jari-jari adalah ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan sisi lingkaran. Jari-jari yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style text OA end text end style, begin mathsize 14px style text OB end text end style, dan begin mathsize 14px style text OC end text end style.
  3. Diameter
    Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran dengan melalui titik pusat. Diameter yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style text AB end text end style.
  4. Busur
    Busur adalah kurva lengkung yang berimpit dengan lingkaran. Busur terbagi menjadi busur besar atau mayor dan busur kecil atau minor. Busur yang ada pada gambar adalah busur begin mathsize 14px style text AC end text end style, busur begin mathsize 14px style text CB end text end style, busur begin mathsize 14px style text BE end text end style, busur begin mathsize 14px style text EA end text end style, busur undefined, dan busur begin mathsize 14px style text CE end text end style.
  5. Tali Busur
    Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran. Tali busur yang ada pada gambar adalah undefinedundefined dan begin mathsize 14px style text EB end text end style.
  6. Apotema
    Apotema adalah ruas garis terpendek yang menghubungkan titik pusat dengan titik tengah tali busur yang tegak lurus terhadap tali busur. Apotema yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style text OD end text end style.
  7. Juring
    Juring adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur yang menghubungkan ujung kedua jari-jari tersebut. Juring yang ada pada gambar adalah daerah diarsir yang dibatasi oleh jari-jari undefined dan undefined serta busur begin mathsize 14px style text BC end text end style.
  8. Tembereng
    Tembereng adalah daerah yang di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Tembereng yang ada pada gambar adalah daerah diarsir yang dibatasi oleh busur undefined dan tali busur undefined.
  9. Sudut Pusat
    Sudut pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari. Sudut pusat yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style text ∠BOC end text end style dan begin mathsize 14px style text ∠AOC end text end style.
  10. Sudut Keliling
    Sudut keliling adalah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran dan titik sudutnya teletak pada keliling lingkaran. Sudut keliling yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style text ∠BEC end text end style dan begin mathsize 14px style text ∠BAC end text end style.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan unsur-unsur lingkaran pada gambar di bawah ini!

3

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia