Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar dan pernyataan berikut! Perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah sebagai berikut. Penyerapan Penyaringan Penghangatan Pertukaran Jawaban yang tepat adalah ....

Perhatikan gambar dan pernyataan berikut!

Perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah sebagai berikut.

  1. Penyerapan
  2. Penyaringan
  3. Penghangatan
  4. Pertukaran

Jawaban yang tepat adalah ....

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 4

  3. 2 dan 3

  4. 2 dan 4

  5. 3 dan 4

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah penyaringan, penghangatan, dan pertukaran. Sehingga tidak ada jawaban yang tepat pada soal ini.

perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah penyaringan, penghangatan, dan pertukaran. Sehingga tidak ada jawaban yang tepat pada soal ini. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bernapas adalahmemasukkan oksigen ke dalam tubuh (inspirasi) dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh (ekspirasi). Perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah Penyaringan (filtrasi) debu dan kotoran yang dilakukan oleh rambut hidung di rongga hidung serta epitel silindris bersilia pada trakea dan bronkus. Penghatan yang dilakukan oleh konka di rongga hidung. Penghangatan dilakukan untuk menyesuaikan suhu udara yang masuk dengan suhu tubuh. Pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida yang terjadi di alveolus. Oksigen yang masuk ke alveolus akan berdifusi menuju sel darah merah untuk diedarkan ke sel-sel tubuh, sedangkan karbon dioksida yang dibawa darah ke alveolus akan berdifusi menuju alveolus untuk selanjutnya dilepaskan ke atmosfer. Dengan demikian, perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah penyaringan, penghangatan, dan pertukaran. Sehingga tidak ada jawaban yang tepat pada soal ini.

Bernapas adalah memasukkan oksigen ke dalam tubuh (inspirasi) dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh (ekspirasi). 

Perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah 

  • Penyaringan (filtrasi) debu dan kotoran yang dilakukan oleh rambut hidung di rongga hidung serta epitel silindris bersilia pada trakea dan bronkus.
  • Penghatan yang dilakukan oleh konka di rongga hidung. Penghangatan dilakukan untuk menyesuaikan suhu udara yang masuk dengan suhu tubuh.
  • Pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida yang terjadi di alveolus. Oksigen yang masuk ke alveolus akan berdifusi menuju sel darah merah untuk diedarkan ke sel-sel tubuh, sedangkan karbon dioksida yang dibawa darah ke alveolus akan berdifusi menuju alveolus untuk selanjutnya dilepaskan ke atmosfer.

Dengan demikian, perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah penyaringan, penghangatan, dan pertukaran. Sehingga tidak ada jawaban yang tepat pada soal ini. 

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan alat pernapasan pada manusia, kemudian jelaskan fungsinya!

2rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia