Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan alat pernapasan pada manusia, kemudian jelaskan fungsinya!

Tuliskan alat pernapasan pada manusia, kemudian jelaskan fungsinya!space 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Alat pernapasan pada pernapasan manusia sebagai berikut: Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung. Pangkal Tenggorokan (Laring) adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara. Trakea menghubungkan laring dengan bronkus. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Bronkus bercabang menuju paru-paru kanan dan kiri. Bronkus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru. Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus yang berakhir di alveolus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru. Paru-paru organ vital yang di dalamnya terdapat alveolus yang kaya pembuluh kapiler menjadi tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida.

Alat pernapasan pada pernapasan manusia sebagai berikut:

  • Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh.
  • Faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung.
  • Pangkal Tenggorokan (Laring) adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara.
  • Trakea menghubungkan laring dengan bronkus. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru.
  • Bronkus bercabang menuju paru-paru kanan dan kiri. Bronkus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru.
  • Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus yang berakhir di alveolus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru.
  • Paru-paru organ vital yang di dalamnya terdapat alveolus yang kaya pembuluh kapiler menjadi tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida.space 

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Dorayaki

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Yuni Nurazifah

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan komponen pembentuk sistem pernapasan secara struktural!

194

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia