Roboguru

Perhatikan gambar berikut! . Sistem gotong royong yang dimiliki masyarakat desa mengandung unsur-unsur kearifan berupa....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

. Sistem gotong royong yang dimiliki masyarakat desa mengandung unsur-unsur kearifan berupa.... 

  1. nilai lokal dan keterampilan lokal 

  2. kepercayaan lokal dan nilai lokal 

  3. pengetahuan lokal dan hukum lokal 

  4. keterampilan lokal dan pengetahuan lokal 

  5. pengetahuan lokal dan kepercayaan lokal  

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan upaya menemukan nilai-nilai bersama sebagai akibat hubungan dengan lingkungannya. Artinya, kearifan lokal menciptakan nilai lokal yang mereka sepakati dan dijalani masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Dengan demikian, kearifan lokal dilandasi nilai-nilai yang sesuai lingkungan demi kepentingan bersama. Karena berdasar pada kesepakatan bersama, nilai-nilai gotong royong seperti yang ditampilkan pada gambar tersebut mengandung nilai lokal. Selain itu, nilai lokal sistem gotong royong yang ditampilkan pada gambar tersebut juga mengandung unsur keterampilan lokal. Artinya, masyarakat memiliki aktivitas-aktivitas yang dilakukan demi menunjang kehidupannya. Aktivitas tersebut diselaraskan dengan keadaan dan kondisi lingkungan alam serta sosial. Dalam aktivitas inilah terkandung keterampilan lokal dalam membangun sebuah tempat tinggal. 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan artikel berikut!     Masyarakat Jawa mengenal berbagai minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai rempah, seperti wedang uwuh. Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional khas Y...

Pembahasan Soal:

undefined  Unsur-Unsur yang Terkandung dalam Kearifan Lokal, yaitu : 

  1. Nilai Lokal : Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dijalankan oleh masyarakat demi kepentingan bersama. Ni!ai lokal  dapat ditunjukkan dari kebiasaan ataupun tingkatan bahasa dalam masyarakat.
  2. Keterampilan Lokal : Kearifan lokal mengandung kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya.
  3. Pengetahuan Lokal : Kearifan lokal diperoleh dari generasi sebelumnya dan pengalaman masa kini. Setiap masyarakat memiliki pengetahuan lokal mengenai lingkungan hidupnya.
  4. Hukum Lokal : Kearifan lokal memuat hukum lokal yang disepakati bersama. Hukum lokal biasanya berupa hukum adat yang cenderung tidak tertulis, memiliki kandungan kemasyarakatan, kekeluargaan, dan tidak lepas dari unsur keagamaan.
  5. Kepercayaan Lokal : Kepercayaan lokal berkaitan dengan pemahaman spiritualitas masyarakat lokal. Kepercayaan lokal muncul dan berkembang dari latar belakang masyarakat, tradisi, dan adat istiadat yang berbeda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Wedhang Uwuh memiliki 2 unsur kearifan lokal, pengetahuan lokal dan keterampilan lokal. Pengetahuan lokal di dapat karena masyarakat jogja mengetahui berbagai macam khasiat rempah yang menyehatkan. Selain itu, Keterampilan lokal di dapat karena masyarakat jogja mampu memadukan berbagai macam rempah menjadi minuman yang sehat. Oleh karena itu, 2 unsur kearifan lokal yang ada pada wedhang uwuh adalah pengetahuan lokal dan keterampilan lokal. 

Jadi, jawabannya adalah (E) pengetahuan lokal dan keterampilan lokalundefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sumber: kompasiana.com Berdasarkan gambar tersebut, sistem gotong royong yang dimiliki masyarakat desa mengandung unsur-unsur kearifan berupa ….

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan upaya menemukan nilai-nilai bersama sebagai akibat hubungan dengan lingkungannya. Artinya, kearifan lokal menciptakan nilai lokal yang mereka sepakati dan dijalani masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Dengan demikian, kearifan lokal dilandasi nilai-nilai yang sesuai lingkungan demi kepentingan bersama.  Karena berdasar pada kesepakatan bersama, nilai-nilai gotong royong seperti yang ditampilkan pada gambar tersebut mengandung nilai lokal. Selain itu, nilai lokal sistem gotong royong yang ditampilkan pada gambar tersebut juga mengandung unsur keterampilan lokal. Artinya, masyarakat memiliki aktivitas-aktivitas yang dilakukan demi menunjang kehidupannya. Aktivitas tersebut diselaraskan dengan keadaan dan kondisi lingkungan alam serta sosial. Dalam aktivitas inilah terkandung keterampilan lokal dalam membangun sebuah tempat tinggal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat terkait realitas kearifan lokal adalah ...

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan gagasan-gagasan lokal yang dimiliki oleh masyarakat ataupun komunitas secara turun-temurun dan masih dipertahankan oleh suatu kelompok masyarakat. Kearifan lokal dijadikan dasar bagi masyarakat untuk mengambil kebijakan pada level lokal dalam berbagai kegiatan masyarakat. Level lokal yang dimaksud bukan berarti hanya pada masyarakat tradisional, melainkan berdasarkan wilayah masyarakat setempat. Oleh karena itu, realitas kearifan lokal merujuk pada ciri khas suatu daerah ataupun masyarakat lokal. Hal tersebut menandakan bahwa kearifan lokal terbatas pada suatu teritorial daerah (pilihan jawaban B dan D tidak tepat) dan terbentuk berdasarkan nilai, hukum, kepercayaan, pengetahuan, dan keterampilan masyarakat lokal (pilihan jawaban A dan E tidak tepat).

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Berikan dua contoh kearifan lokal yang memuat keterampilan lokal!

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari. Kearifan lokal bisa berupa nilai, keyakinan, kebiasaan, pengetahuan, dan keterampilan dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Contoh kearifan lokal berupa keterampilan lokal adal sebagai berikut.

  1. Masyarakat suku Badui masih memiliki keterampilan menenun menggunakan alat tradisional
  2. Tradisi Repong Damar pada Suku Krui di Lampung Barat yaitu keterampilan pengelolaan lahan bekas ladang yang dikembangkan oleh Suku Krui di Lampung Baratundefined 

0

Roboguru

Berikut yang merupakan contoh kearifan lokal berdasarkan dimensi keterampilan lokal adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada dimensi keterampilan lokal setiap masyarakat memiliki kemampuan untuk bertahan hidup (survival) dalam memenuhi kebutuhan keluarganya masing-masing atau disebut dengan ekonomi subsistensi (kegiatan ekonomi yang tidak berdasar mencari keuntungan, melainkan hanya untuk konsumsi sehari-hari). Artinya, dimensi ini melihat bagaimana masyarakat terampil dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui alam dan tidak berupaya untuk mencari keuntungan atau diperjualbelikan. Seperti pada masyarakat Kasepuhan Ciptagelar yang terampil menemukan cara untuk menyimpan cadangan bahan pangan apabila musim hujan atau kemarau datang terlalu panjang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved