Roboguru

Perhatikan artikel berikut! Masyarakat Jawa mengenal berbagai minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai rempah, seperti wedang uwuh. Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional khas Y

Perhatikan artikel berikut!

    Masyarakat Jawa mengenal berbagai minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai rempah, seperti wedang uwuh. Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional khas Yogyakarta. Wedang uwuh terdiri atas berbagai macam rempah, seperti jahe, kayu secang, daun dan buah pala, serta cengkih. Wedang uwuh disajikan dengan cara diseduh menggunakan air panas. Wedang uwuh dipercaya berkhasiat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Sumber: https:l/www.harapanrakyat.com/201W10/khasiatwedang-uwuh-minumari-5ampah-rempahl, diakses 30 Maret 2020

Berdasarkan kutipan tersebut, wedang uwuh sebagai minuman tradisional memil iki dua unsur kearifan lokal yaitu...

  1. nilai lokal dan keterampilan lokalundefined 

  2. pengetahuan lokal dan nilai lokalundefined 

  3. pengetahuan lokal dan hukum lokalundefined 

  4. keterampilan lokal dan hukum lokalundefined 

  5. pengetahuan lokal dan keterampilan lokalundefined 

Jawaban:

undefined  Unsur-Unsur yang Terkandung dalam Kearifan Lokal, yaitu : 

  1. Nilai Lokal : Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dijalankan oleh masyarakat demi kepentingan bersama. Ni!ai lokal  dapat ditunjukkan dari kebiasaan ataupun tingkatan bahasa dalam masyarakat.
  2. Keterampilan Lokal : Kearifan lokal mengandung kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya.
  3. Pengetahuan Lokal : Kearifan lokal diperoleh dari generasi sebelumnya dan pengalaman masa kini. Setiap masyarakat memiliki pengetahuan lokal mengenai lingkungan hidupnya.
  4. Hukum Lokal : Kearifan lokal memuat hukum lokal yang disepakati bersama. Hukum lokal biasanya berupa hukum adat yang cenderung tidak tertulis, memiliki kandungan kemasyarakatan, kekeluargaan, dan tidak lepas dari unsur keagamaan.
  5. Kepercayaan Lokal : Kepercayaan lokal berkaitan dengan pemahaman spiritualitas masyarakat lokal. Kepercayaan lokal muncul dan berkembang dari latar belakang masyarakat, tradisi, dan adat istiadat yang berbeda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Wedhang Uwuh memiliki 2 unsur kearifan lokal, pengetahuan lokal dan keterampilan lokal. Pengetahuan lokal di dapat karena masyarakat jogja mengetahui berbagai macam khasiat rempah yang menyehatkan. Selain itu, Keterampilan lokal di dapat karena masyarakat jogja mampu memadukan berbagai macam rempah menjadi minuman yang sehat. Oleh karena itu, 2 unsur kearifan lokal yang ada pada wedhang uwuh adalah pengetahuan lokal dan keterampilan lokal. 

Jadi, jawabannya adalah (E) pengetahuan lokal dan keterampilan lokalundefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved