Roboguru

Mengapa tumbuhan yang hidup pada tempat yang kurang mendapat cahaya memiliki batang lebih tinggi daripada tumbuhan yang hidup pada tempat yang cukup mendapat cahaya?

Pertanyaan

Mengapa tumbuhan yang hidup pada tempat yang kurang mendapat cahaya memiliki batang lebih tinggi daripada tumbuhan yang hidup pada tempat yang cukup mendapat cahaya?space

Pembahasan Soal:

Tanaman yang tumbuh di tempat kurang cahaya, batang dan daunnya berwarna kuning pucat dan tinggi. Keadaan ini dinamakan etiolasi. Penyebab utama etiolasi yaitu kurangnya cahaya yang didapat, akibatnya hormon auksin bekerja lebih aktif dan menyebabkan sel-sel tumbuh lebih cepat. Namun, pertumbuhan yang cepat di tempat gelap tidak diimbangi dengan proses fotosintesis yang baik dan mengakibatkan terhambatnya pembentukan klorofil pada daun, sehingga tanaman menjadi pucat dan tidak kokoh.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Aktivitas auksin pada meristem apikal menyebabkan terjadinya pembengkokan pada batang. Hal ini dapat terjadi karena adanya pengaruh ….

Pembahasan Soal:

Jika cahaya matahari berada di salah satu sisi pucuk, auksin akan berpindah menjauhi sisi tersebut ke sisi yang tidak terkena cahaya matahari dan merangsang pemanjangan sel pada sisi tersebut. Pemanjangan sel pada sisi tersebut menyebabkan pembengkokan pada pucuk batang tumbuhan ke arah cahaya matahari. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Cahaya diperlukan oleh tumbuhan, tetapi cahaya yang berlebihan dapat ....

Pembahasan Soal:

Cahaya merupakan faktor eksternal yang penting bagi tumbuhan namun cahaya yang berlebih tidak baik bagi pertumbuhan tumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan memerlukan berbagai hormon salah satunya yaitu hormon auksin. Fungsi hormon auksin adalah memengaruhi pertumbuhan apikal (ujung batang). Hormon auksin mudah mengalami kerusakan jika terkena cahaya yang berintensitas tinggi.

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa cahaya yang berlebih dapat mengurangi hormon auksin sehingga menghambat pertumbuhan. undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. undefined 

Roboguru

Tanaman yang ditumbuhkan di ruang gelap akan lebih cepat bertambah panjang jika dibandingkan dengan tanaman yang ditumbuhkan di tempat yang terang. Hal ini disebabkan karena ....

Pembahasan Soal:

Ketika tanaman ditumbuhkan di tempat gelap atau tanpa cahaya matahari, kerja auksin mencapai titik tertinggi, jadi batang tanaman akan bertambah panjang semakin cepat (jika dibandingkan dengan tanaman yang terpapar cahaya matahari). Auksin berperan dalam pemanjangan sel. Kerja auksin dipengaruhi oleh cahaya. Adanya cahaya, auksin dapat bermigrasi ke tempat yang tidak terpapar cahaya.

Dengan demikian, tanaman yang ditumbuhkan di ruang gelap akan lebih cepat bertambah panjang disebabkan oleh kerja auksin yang maksimum tanpa ada cahaya.undefined

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah! Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Klorofil sangat penting bagi tumbuhan hijau, karena dengan adanya klorofil, tanaman hijau dapat melakukan proses fotosintesis.Sama seperti manusia dan hewan, tanaman juga membutuhkan makanan. Proses fotosintesis inilah yang membantu tanaman membuat makanannya sendiri.

Berbeloknya tanaman hijau ke arah Matahari ini dilakukan untuk menyerap cahaya Matahari yang nantinya akan diubah menjadi makanan dengan proses fotosintesis. Nah, klorofil inilah yang menjadi bahan utama bagi tanaman berwarna hijau untuk melakukan proses fotosintesis. Dalam proses mendapatkan cahaya Matahari untuk seluruh bagian tumbuhan, ada sebuah hormon yang bernama auxin yang akan terbentuk di ujung tunas tumbuhan. Setelah terbentuk di ujung tunas, hormon auxin ini akan diteruskan ke sel-sel lain yang ada di seluruh bagian tumbuhan sehingga bagian tumbuhan lainnya juga akan berbelok mengikuti arah cahaya Matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C yaitu pertumbuhan batang menuju arah datangnya cahaya.

Roboguru

Tumbuhan yang ditumbuhkan di tempat gelap memiliki batang yang tinggi dan kurus karena ....  Ruangan yang gelap lebih banyak mengandung air Auksin lebih aktif bekerja di tempat gelap Di tempat ge...

Pembahasan Soal:

Cahaya merupakan salah satu faktor dalam pertumbuhan yang berkaitan dengan aktifnya hormon auksin. Auksin adalah hormon yang berperan dalam pemanjangan sel meristem ujung (apikal).

Hormon auksin sangat peka terhadap cahaya matahari sehingga apabila terdapat banyak cahaya matahari hormon ini akan rusak sedangkan pada keadaan gelap hormon ini akan terus terbentuk karena tidak ada hambatan berupa cahaya. Akibatnya tanaman akan lebih panjang namun kurus karena sel yang bertambah hanya pada ujung meristem saja.

Dari informasi tersebut, dapat diketahui bahwa tumbuhan yang ditumbuhkan pada konsisi gelap memiliki batang yang tinggi dan kurus karena adanya hormon auksin yang lebih aktif karena tidak mudah rusak oleh cahaya.

Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved