Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Jelaskan tahapan proses fertilisasi sesuai bagian pada gambar di atas!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Jelaskan tahapan proses fertilisasi sesuai bagian pada gambar di atas! 

Pembahasan Soal:

Fertilisasi merupakan proses bertemunya sel telur dengan sel sperma untuk bersatu sehingga membentuk zigot, lalu menjadi embrio sebagai cikal bakal janin. Fertilisasi disebut juga sebagai konsepsi, dan merupakan awal mula terjadinya kehamilan. Berdasarkan gambar yang disajikan pada soal, bagian A dan D (ovarium), B (uterus atau rahim), C (oviduk atau tuba falopi), dan E (Vagina).  Fertilisasi terjadi melalui proses sebagai berikut.

  1. Ovulasi, yaitu keluarnya sel telur dari ovarium (indung telur) yang normalnya terjadi setiap bulan. Di dalam ovarium wanita, terdapat banyak sel telur, namun dalam setiap bulannya ada satu sel telur yang berada dalam sebuah kantung (folikel) yang dipersiapkan untuk menjadi matang. Setelah matang, sel telur keluar dari folikel sehingga terjadilah ovulasi
  2. Sel telur berpindah ke saluran tuba falopi, setelah keluar dari indung telur, sel telur berada di tuba falopi dan perlahan menuju rahim. 
  3. Meningkatnya hormon, setelah sel telur meninggalkan folikel, folikel dalam ovarium kemudian berkembang menjadi korpus luteum. Korpus luteum ini menghasilkan hormon progesteron yang bertugas menebalkan lapisan dinding rahim dengan nutrisi dan aliran darah sehingga dapat menjadi tempat bagi sel telur yang sudah dibuahi.
  4. Fertilisasi, sperma yang berhasil sampai di saluran tuba falopi dan menerobos masuk dalam sel telur, maka proses fertilisasi dapat terjadi. Sel telur akan mengalami perubahan sehingga tak ada sperma lain yang dapat masuk.
  5. Implantasi (perpindahan sel telur yang sudah dibuahi ke rahim), tahapan dalam proses fertilisasi selanjutnya adalah implantasi. Dalam waktu 24 jam setelah dibuahi, sel telur akan membelah diri dengan cepat sehingga menjadi banyak sel. Proses pembelahan ini terus terjadi seiring berpindahnya sel telur dari saluran tuba falopi ke rahim. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 11 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved