Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut. Jelaskan proses pengangkutan air melalui bagian tersebut.

Perhatikan gambar berikut.

Jelaskan proses pengangkutan air melalui bagian tersebut.

  1. ....undefined

  2. ....undefined

R. Dwi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Proses pengangkutan air merupakan proses yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi suatu tanaman. Air yang diangkut berasal dari tanah, kemudian masuk melalui rambut akar, epidermis akar, melintasi korteks akar, dan masuk ke dalam stele secara osmosis menggunakan jalur apoplas (melalui dinding dan ruang antar sel) dan simplas (melalui plasmodesmata). Setelah sampai di stele, pembuluh xilem akan mentranspor air ke atas menuju bagian tumbuhan lainnya dengan gerakan selalu melawan gravitasi. Saat xilem batang akan menerima air yang berasal dari xilem akar yaitu dalam bentuk getah xilem, proses penerimaan atau pengangkutan air ini dipengaruhi beberapa gaya diantaranya adalah : Gaya adhesi – air merambat di sepanjang buluh xilem yang sempit dengan membentuk ikatan antara air dengan dinding xilem. Gaya kohesi – air merambat di sepanjang buluh xilem yang sempit dengan membentuk ikatan antar molekul air. Tekanan air – penyerapan di akar menimbulkan tekanan yang mendorong air bergerak di sepanjang buluh xilem. Tarikan transpirasi – transpirasi di stomata menyebabkan munculnya tarikan transpirasi atau daya hisap daun yang menarik air di buluh xilem ke mesofil daun. Berdasarkan hal tersebut, air yang dibawa xilem bisa terus naik untuk diedarkan ke seluruh jaringan tumbuhan.

Proses pengangkutan air merupakan proses yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi suatu tanaman. Air yang diangkut berasal dari tanah, kemudian masuk melalui rambut akar, epidermis akar, melintasi korteks akar, dan masuk ke dalam stele secara osmosis menggunakan jalur apoplas (melalui dinding dan ruang antar sel) dan simplas (melalui plasmodesmata). Setelah sampai di stele, pembuluh xilem akan mentranspor air ke atas menuju bagian tumbuhan lainnya dengan gerakan selalu melawan gravitasi. Saat xilem batang akan menerima air yang berasal dari xilem akar yaitu dalam bentuk getah xilem, proses penerimaan atau pengangkutan air ini dipengaruhi beberapa gaya diantaranya adalah :

  1. Gaya adhesi – air merambat di sepanjang buluh xilem yang sempit dengan membentuk ikatan antara air dengan dinding xilem.
  2. Gaya kohesi – air merambat di sepanjang buluh xilem yang sempit dengan membentuk ikatan antar molekul air.
  3. Tekanan air – penyerapan di akar menimbulkan tekanan yang mendorong air bergerak di sepanjang buluh xilem.
  4. Tarikan transpirasi – transpirasi di stomata menyebabkan munculnya tarikan transpirasi atau daya hisap daun yang menarik air di buluh xilem ke mesofil daun.

Berdasarkan hal tersebut, air yang dibawa xilem bisa terus naik untuk diedarkan ke seluruh jaringan tumbuhan.space space 

567

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan proses masuknya air dari akar sampai ke daun pada tumbuhan!

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia