Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini! Gelembung-gelembung yang naik pada gambar II setelah perlakuan seperti gambar I adalah . . . .

Perhatikan gambar berikut ini!

Gelembung-gelembung yang naik pada gambar II setelah perlakuan seperti gambar I adalah . . . .

  1. karbon dioksida

  2. oksigen

  3. karbon monoksida

  4. hidrogen peroksida

  5. enzim katalase

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Gambar yang tertera pada contoh soal merupakan gambar percobaan untuk mengetahui mekanisme kerja enzim katalase. Enzim merupakan protein yang bertugas untuk mempercepat suatu reaksi kimia tanpa terlibat dalam reaksi tersebut. Hati yang menjadi sampel pada percobaan tersebut merupakan organ yang berperan untuk menetralisir racun yang terbentuk di dalam tubuh sebagai produk samping dari proses metabolisme. Pada contoh soal ini, hati merombak racun berupa hidrogen peroksida menggunakan enzim katalase yang banyak ditemukan di dalam hati. Pada gambar I terlihat bahwa ekstrak atau potongan hati di dalam tabung diberi perlakuan dengan menambahkan hidrogen peroksida. Hal ini menunjukkan bahwa hati merupakan organ yang berperan di dalam perombakan racun di dalam tubuh yang pada percobaan ini di simulasikan menggunakan hidrogen peroksida. Selanjutnya pada gambar II dapat dilihat adanya gelembung yang muncul ke permukaan tabung. Hal ini menunjukkan bahwa enzim katalase yang terkandung di dalam hati berperan sebagai katalisator (enzim) yang merombak hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen yang nampak seperti gelembung pada permukaan tabung reaksi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Gambar yang tertera pada contoh soal merupakan gambar percobaan untuk mengetahui mekanisme kerja enzim katalase. Enzim merupakan protein yang bertugas untuk mempercepat suatu reaksi kimia tanpa terlibat dalam reaksi tersebut. Hati yang menjadi sampel pada percobaan tersebut merupakan organ yang berperan untuk menetralisir racun yang terbentuk di dalam tubuh sebagai produk samping dari proses metabolisme. Pada contoh soal ini, hati merombak racun berupa hidrogen peroksida menggunakan enzim katalase yang banyak ditemukan di dalam hati. 

Pada gambar I terlihat bahwa ekstrak atau potongan hati di dalam tabung diberi perlakuan dengan menambahkan hidrogen peroksida. Hal ini menunjukkan bahwa hati merupakan organ yang berperan di dalam perombakan racun di dalam tubuh yang pada percobaan ini di simulasikan menggunakan hidrogen peroksida. Selanjutnya pada gambar II dapat dilihat adanya gelembung yang muncul ke permukaan tabung. Hal ini menunjukkan bahwa enzim katalase yang terkandung di dalam hati berperan sebagai katalisator (enzim) yang merombak hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen yang nampak seperti gelembung pada permukaan tabung reaksi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah fungsi enzim bagi tubuh?

1

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia