Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Bagian yang ditunjuk huruf P dapat terserang penyakit yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Q. Bagian yang ditunjuk huruf P beserta bakteri Q yang benar adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut !



Bagian yang ditunjuk huruf P dapat terserang penyakit yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Q. Bagian yang ditunjuk huruf P beserta bakteri Q yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk huruf P adalah alveolus. Alveolus dapat terserang penyakit yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil, yang disebut dengan Tuberkulosis (TBC). TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis (bakteri Q). Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu sehingga dapat menyebabkan penderita TBC mengalami batuk darah.

Dengan demikian, bagian yg ditunjukkan oleh huruf P adalah alveolus dan bakteri yg dapat menyerang bagian tersebut adalah Mycobacterium tuberculosis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Faridah

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit ...

Pembahasan Soal:

Streptococcus pneumoniae atau pneumokokus adalah bakteri kokus gram positif yang sering ditemukan berpasangan, namun dapat juga ditemukan dalam keadaan satuan atau rantai pendek. Bakteri ini merupakan bakteri non motil dan tidak berspora dengan kapsul polisakarida. Streptococcus pneumoniae merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia. Penyakit pneumonia menyebabkan peradangan pada jaringan dan kantung udara di paru-paru sehingga kantung udara dipenuhi cairan ataupun nanah. Penyakit ini biasanya menyerang siapapun tanpa mengenal umur. Namun, yang paling rentan terhadap penyakit ini adalah orang lanjut usia (>65 tahun), anak-anak, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Anak-anak diberikan vaksin BCG agar tidak terserang penyakit . . .

Pembahasan Soal:

Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) adalah adalah vaksin yang diberikan untuk melindungi diri terhadap tuberkulosis (TB), yaitu penyakit infeksi yang terutama menyerang paru-paru. Vaksin BCG adalah vaksin hidup yang dibuat dari Mycobacterium bovis yang dibiak berulang selama 1-3 tahun sehingga didapatkan hasil yang tidak virulen tetapi masih mempunyai imunogenitas.

Vaksinasi BCG menimbulkan sensitivitas terhadap tuberkulin, tidak mencegah infeksi tuberkulosis tetapi mengurangi risiko terjadi tuberkulosis berat seperti meningitis TB dan tuberkulosis milier. Vaksin BCG hanya perlu diberikan satu kali seumur hidup, melalui suntikan yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Penderita penyakit TBC mengalami gangguan sesak napas karena terjadi ....

Pembahasan Soal:

Patogen yang menyebabkan penyakit TBC dapat menyebabkan peradangan yang mengganggu proses difusi oksigen karena kerusakan atau perlukaan pada alveolus.

Dengan demikian, jawaban benar adalah C.undefined 

Roboguru

Bu Susi menderita penyakit TBC sejak sebulan lalu. Penyakit tersbut disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis pada paru-paru yag ditandai dengan ....

Pembahasan Soal:

Tuberculosis/TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu. Penderita TBC juga sering mengalami batuk darah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Identifikasilah gangguan sistem pernafasan berikut ini: Gangguan terjadi pada organ paru-paru yang meradang Penyakit ini menyebabkan alveolus mengandung banyak cairan Proses difusi O2 dan CO2 pad...

Pembahasan Soal:

TBC adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri penyebab TBC ini umumnya menyerang paru-paru. Pengidap TBC juga biasanya akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan yang disertai dengan demam, keringat malam hari, dan kelelahan. Jika infeksi tuberkulosis pada paru telah menyebabkan kerusakan pada paru, akan timbul gejala sesak napas. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved