Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana bentuk interaksi sesuai aktivitas pada gambar!

Perhatikan gambar berikut!

Bagaimana bentuk interaksi sesuai aktivitas pada gambar!space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Menelaah ilustrasi gambar pada soal, dapat dijelaskan sebagai berikut: Manusia sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan orang lain. Dalam bergaul, berbicara, bersalaman, bahkan bertentangan sekalipun kita memerlukan orang lain.Interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat/sosial. Artinya kehidupan bermasyarakat/sosial akan kelihatan nyata dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain. Interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lain. Interaksi sosial tidak hanya berupa tindakan yang berupa kerja sama tetapi juga dapat berupa persaingan dan pertikaian. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial yang dilakukan manusia mengarah ke dua kutub yang berlawanan. Adakalanya mengarah pada suatu kerja sama, namun pada saat lain dapat mengarah ke bentuk perlawanan. Pada gambar tersebut terjalin hubungan kerjasama antara individu dengan kelompok sosial, di mana proses interaksi sosial yang terjadi adalah asosiatif.Interaksi asosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah ke bentuk kerja sama.

Menelaah ilustrasi gambar pada soal, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Manusia sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan orang lain. Dalam bergaul, berbicara, bersalaman, bahkan bertentangan sekalipun kita memerlukan orang lain. Interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat/sosial. Artinya kehidupan bermasyarakat/sosial akan kelihatan nyata dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain. 

Interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lain. Interaksi sosial tidak hanya berupa tindakan yang berupa kerja sama tetapi juga dapat berupa persaingan dan pertikaian. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

Interaksi sosial yang dilakukan manusia mengarah ke dua kutub yang berlawanan. Adakalanya mengarah pada suatu kerja sama, namun pada saat lain dapat mengarah ke bentuk perlawanan. Pada gambar tersebut terjalin hubungan kerjasama antara individu dengan kelompok sosial, di mana proses interaksi sosial yang terjadi adalah asosiatif. Interaksi asosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah ke bentuk kerja sama.space space 

Latihan Bab

Kerjasama sebagai Bentuk Interaksi Asosiatif

Asimilasi dan Akulturasi sebagai Interaksi Asosiatif

Persaingan sebagai Interaksi Disosiatif

Kontravensi sebagai Interaksi Disosiatif

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

915

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana Interaksi Sosiologi dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan dan rekreasi bisa terjadi, Jelaskan !

186

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia