Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ! Arsitektur menara masjid tersebut menunjukkan akulturasi kebudayaan antara ....

Perhatikan gambar berikut !

Arsitektur menara masjid tersebut menunjukkan akulturasi kebudayaan antara ....

  1. Hindu dan Islam

  2. Islam dan Eropa

  3. Islam dan Buddha

  4. Islam dan tradisi praaksara

  5. tradisi praaksara dan Hindu

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bersamaan dengan masuk dan berkembangnya agama Islam, berkembang pula kebudayaan Islam di Indonesia. Unsur kebudayaan Islam itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan Indonesia tanpa menghilangkan kepribadian Indonesia, sehingga lahirlah kebudayaan baru yang merupakan akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam. Akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam itu juga mencakup unsur kebudayaan Hindu-Budha. Contoh perpaduan kebudayaan Hindu-Budha dan Islam bisa dilihat, salah satunya dari seni bangunan yakni masjid menara Kudus. Masjid ini dipercaya merupakan peninggalan salah satu Wali Songo, yakni Sunan Kudus. Masjid yang didirikan sekitar abad 15 atau 16 Masehi ini merupakan potret akulturasi antara Islam dan Hindu. Yang paling ikonik dari masjid ini adalah adanya menara setinggi 18 meter berbahan batu bata.Adanya menara bergaya Hinduyang memiliki bentuk menyerupai candi dalam kompleks masjid disebut tidak lazim pada masa pembuatannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Bersamaan dengan masuk dan berkembangnya agama Islam, berkembang pula kebudayaan Islam di Indonesia. Unsur kebudayaan Islam itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan Indonesia tanpa menghilangkan kepribadian Indonesia, sehingga lahirlah kebudayaan baru yang merupakan akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam. Akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam itu juga mencakup unsur kebudayaan Hindu-Budha. Contoh perpaduan kebudayaan Hindu-Budha dan Islam bisa dilihat, salah satunya dari seni bangunan yakni masjid menara Kudus. Masjid ini dipercaya merupakan peninggalan salah satu Wali Songo, yakni Sunan Kudus. Masjid yang didirikan sekitar abad 15 atau 16 Masehi ini merupakan potret akulturasi antara Islam dan Hindu. Yang paling ikonik dari masjid ini adalah adanya menara setinggi 18 meter berbahan batu bata. Adanya menara bergaya Hindu yang memiliki bentuk menyerupai candi dalam kompleks masjid disebut tidak lazim pada masa pembuatannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.


 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Riani Dasilva

Pembahasan terpotong Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada Masa Kerajaan Hindu Buddha terdapat konsep dewaraja, yaitu raja dianggap sebagai titisan dewa. Konsep ini digunakan sebagai upaya raja memperoleh legitimasi dari rakyat. Pada Masa kesultanan Isla...

62

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia