Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan fakta-fakta berita berikut! * Arus lalu lintas ramai * Terjadi kecelakaan * Angkutan umum menyerempet Teks berita sesuai fakta tersebut adalah ....

Perhatikan fakta-fakta berita berikut!

* Arus lalu lintas ramai
* Terjadi kecelakaan
* Angkutan umum menyerempet

Teks berita sesuai fakta tersebut adalah ....

  1. Ramailah arus Ialu lintas menyebabkan sering terjadinya kecelakaan. Kecelakaan di jalan raya salah satu penyebabnya tidak tertibnya angkutan umum. Misalnya mengambil penumpang sembarangan.

  2. Keramaian lalu lintas telah menyebabkan terjadi kecelakaan. Kecelakaan itu terjadi karena korban tidak memperhatikan saat menyeberang. Dia diserempet angkutan umum yang akan menurunkan penumpang.

  3. Sering terjadi kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet. Seperti yang terjadi baru-baru ini sebuah angkutan umum menyerempet pejalan kaki.

  4. Telah terjadi kecelakaan di Jalan Fatmawati. Sebuah angkutan umum menyerempet tukang ojek yang sedang mangkal. Akibat kecelakaan itu, arus Ialu lintas menjadi macet.

Iklan

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaba yang tepat adalah D.

jawaba yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Teks berita yang sesuai fakta tersebut adalah pilihan jawaban D. Teks berita berisi tentang peristiwa yang telah terjadi atau fakta. Pilihan jawaban D benar karena peristiwanya sudah terjadi yang ditandai dengan kata telah ; adanya lokasi yang sebenarnya (Jalan Fatmawati); alur peristiwa; sesuai dengan fakta yang telah diungkapkan. Pilihan jawaban A, B, dan C salah karena teks bersifat umum (tidak menceritakan peristiwa tertentu) dan tidak menunjukkan lokasi spesifik terjadinya suatu peristiwa. Dengan demikian, jawaba yang tepat adalah D.

Teks berita yang sesuai fakta tersebut adalah pilihan jawaban D. Teks berita berisi tentang peristiwa yang telah terjadi atau fakta. Pilihan jawaban D benar karena peristiwanya sudah terjadi yang ditandai dengan kata telah; adanya lokasi yang sebenarnya (Jalan Fatmawati); alur peristiwa; sesuai dengan fakta yang telah diungkapkan. Pilihan jawaban A, B, dan C salah karena teks bersifat umum (tidak menceritakan peristiwa tertentu) dan tidak menunjukkan lokasi spesifik terjadinya suatu peristiwa. Dengan demikian, jawaba yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Peristiwa yang terjadi : kebakaran yang melalap ratusan rumah (2) Orang yang mengalami peristiwa : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan (3) Tempat terjadinya peristiwa : RW 08 Cipinang B...

27

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia