Pertanyaan

Perhatikan diagram berikut! Diagram di atas merupakan proses respirasi aerob dan anaerob. Dari beberapa substansi tersebut yang merupakan substansi asam laktat adalah ....

Perhatikan diagram berikut!

Diagram di atas merupakan proses respirasi aerob dan anaerob. Dari beberapa substansi tersebut yang merupakan substansi asam laktat adalah .... 

  1. substansi A 

  2. substansi B 

  3. substansi C 

  4. substansi D 

  5. substansi E 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Pembahasan

Diagram pada soal merupakan proses respirasi aerob dan anaerob. Respirasi aerob merupakan sebuah reaksi katabolisme yang memerlukan suasana aerobic dengan proses keberadaan oksigen sangat dibutuhkan yang menghasilkan energi dengan jumlah yang besar. Energi yang disimpan dalam bentuk kimiawi yang dikenal dengan kode ATP. Energi ATP digunakan oleh sel dalam tubuh makhluk hidup, untuk menunjang pertumbuhan, gerak transportasi reproduksi dan kegiatan yang lainnya. Sedangkan respirasi anaerob merupakan salah satu proses katabolisme yang tidak menggunakan oksigen. Respirasi anaerob disebut pula fermentasi. Tujuan fermentasi sama dengan respirasi aerob, yaitu mendapatkan energi. Hanya saja, energi yang dihasilkan dalam respirasi anaerob jauh lebih sedikit daripada respirasi aerob. Berdasarkan diagram pada soal mengenai substansi dari respirasi aerob dan anaerob yaitu: Substansi A adalah glukosa , yang menjadi bahan dasar dari reaksi glikolisis. Substansi B adalah asam piruvat , yang merupakan hasil dari reaksi glikolisis serta bahan dasar dari reaksi dekarboksilasi oksidatif. Substansi C adalah asetil KoA ,yang merupakan hasil dari reaksi dekarboksilasi oksidatif serta bahan dasar untuk reaksi siklus krebs. Substansi D adalah asam laktat, etanol, dan CO 2 merupakan hasil dari reaksi anaerob Substansi E adalah CO 2 dan H 2 O . Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Diagram pada soal merupakan proses respirasi aerob dan anaerob. Respirasi aerob merupakan sebuah reaksi katabolisme yang memerlukan suasana aerobic dengan proses keberadaan oksigen sangat dibutuhkan yang menghasilkan energi dengan jumlah yang besar. Energi yang disimpan dalam bentuk kimiawi yang dikenal dengan kode ATP. Energi ATP digunakan oleh sel dalam tubuh makhluk hidup, untuk menunjang pertumbuhan, gerak transportasi reproduksi dan kegiatan yang lainnya. Sedangkan respirasi anaerob merupakan salah satu proses katabolisme yang tidak menggunakan oksigen. Respirasi anaerob disebut pula fermentasi. Tujuan fermentasi sama dengan respirasi aerob, yaitu mendapatkan energi. Hanya saja, energi yang dihasilkan dalam respirasi anaerob jauh lebih sedikit daripada respirasi aerob. Berdasarkan diagram pada soal mengenai substansi dari respirasi aerob dan anaerob yaitu:

  1. Substansi A adalah glukosa, yang menjadi bahan dasar dari reaksi glikolisis.
  2. Substansi B adalah asam piruvat, yang merupakan hasil dari reaksi glikolisis serta bahan dasar dari reaksi dekarboksilasi oksidatif.
  3. Substansi C adalah asetil KoA, yang merupakan hasil dari reaksi dekarboksilasi oksidatif serta bahan dasar untuk reaksi siklus krebs.
  4. Substansi D adalah asam laktat, etanol, dan CO2 merupakan hasil dari reaksi anaerob
  5. Substansi E adalah CO2 dan H2O.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

10rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Respirasi aerob menghasilkan ATP lebih banyak dibandingkan dengan respirasi anaerob karena respirasi anaerob ...

5rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia