Roboguru

Perhatikan deskripsi berikut ini.Setelah berakhirnya masa pemerintahan orde baru yang ditandai dengan lengsernya kepemimpinan presiden Soeharto pada tahun 1998, bangsa Indonesia kemudian memasuki masa Reformasi (mulai 1998 hingga saat ini). Proses demokrasi di masa Reformasi terdiri dari tiga tahapan yaitu : Tahap pertama, yakni peralihan dari kepemimpinan Tahap kedua, yakni pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi Tahap ketiga, yakni Konsolidasi demokrasi Tahap keempat, yakni praktik demokrasi sebagai budaya politik berbangsa dan bernegara. Dari deskripsi di atas, tahapan pertama perubahan demokrasi Indonesia dapat dievaluasi dari kondisi

Pertanyaan

Perhatikan deskripsi berikut ini.Setelah berakhirnya masa pemerintahan orde baru yang ditandai dengan lengsernya kepemimpinan presiden Soeharto pada tahun 1998, bangsa Indonesia kemudian memasuki masa Reformasi (mulai 1998 hingga saat ini). Proses demokrasi di masa Reformasi terdiri dari tiga tahapan yaitu :

  1. Tahap pertama, yakni peralihan dari kepemimpinan
  2. Tahap kedua, yakni pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi
  3. Tahap ketiga, yakni Konsolidasi demokrasi
  4. Tahap keempat, yakni praktik demokrasi sebagai budaya politik berbangsa dan bernegara.

Dari deskripsi di atas, tahapan pertama perubahan demokrasi Indonesia dapat dievaluasi dari kondisi

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Reformasi adalah sebuah era kepemerintahan di indonesia yang terjadi sejak 1998. era ini ditandai dengan tumbangnya kekuasaan rezim sebelumnya, yakni orde baru/mundurnya soeharto sebagai presiden. dengan kata lain, reformasi dimulai sejak soeharto menyatakan mengundurkan diri dari kursi kepresidenan. proses peralihan kekuasaan dari Orde Baru ke Reformasi ini tidak terjadi secara frontal, atau langsung diadakan pemilihan presiden baru. melainkan tampuk kekuasaan (presiden) yang dipegang soeharto diwariskan kepada wakil presiden, yakni BJ Habibie. Baru setelah masa jabatan Habibie rampung (kurang lebih satu tahun setengah) diadakan pemilihan presiden baru dimana yang terpilih adalah abdurrahman wahid atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Dur.

Dengan demikian, transisi pemerintahan dimulai ketika Soeharto menyatakan mundur dari jabatan Presiden. Setelah itu, MA mengambil sumpah Habibie dari wakil Presiden menjadi Presiden. Setelah sumpah diambil, Habibie sah menjadi presiden.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa peralihan sistem pemerintahan dan politik dari Orde Baru menuju pemerintahan Reformasi, muncul beberapa tokoh nasional yang menamakan diri sebagai kelompok Ciganjur. Berikut adalah nama-nama...

Pembahasan Soal:

Krisis politik pada masa Orde Baru melahirkan tokoh-tokoh reformasi yang tergabung sebagai Kelompok Ciganjur. Tokoh-tokoh ini menginginkan adanya perubahan dalam pemerintahan Indonesia yang bersih dan berwibawa. Abdurrahman Wahid atau Gusdur sebagai inisiator pertemuan tokoh nasional di Ciganjur untuk merumuskan arah dan tujuan bernegara menjadi tempat pertemuan penting untuk menyikapi pasca turunnya Presiden Soeharto. Pertemuan Ciganjur dihadiri empat tokoh, yaitu Adurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Amien Rais.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Masyarakat Indonesia mendambakan pelaksanaan reformasi secara total dengan tujuan ...

Pembahasan Soal:

Masa reformasi terhitung sejak pengunduran diri Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 dan masih berlangsung hingga sekarang. Reformasi berarti sebuah perubahan pada suatu sistem yang telah ada dalam masa tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki segala bidang. Reformasi mengubah banyak hal dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Pada masa ini, masyarakat Indonesia mendambakan pelaksanaan reformasi secara total dengan tujuan agar kemakmuran rakyat di segala bidang dapat terpenuhi. Hal ini disebabkan karena pada masa Orde Baru terjadi kemakmuran yang tidak seimbang sehingga muncul berbagai ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Arah politik luar negeri Indonesia pada awal masa reformasi mengalami perubahan dari masa sebelumnya. Perubahan tersebut tampak dari pergeseran fokus utama politik luar negeri Indonesia yaitu ...

Pembahasan Soal:

Pasca lengsernya Suharto, kondisi ekonomi dan politik di Indonesia tidak stabil. Untuk mengatasi krisis di segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia tersebut, semangat demokrasi dan liberalisasi sangat terlihat dalam pembuatan kebijakan politik luar negeri Indonesia pasca reformasi. Kebijakan politik luar negeri yang diterapkan pada masa BJ Habibie misalnya, yaitu menerapkan kebebasan pers dan liberalisasi partai politik. Selain itu, Habibie juga bekerja sama dengan organisasi Multilateral seperti CGI, IMF, World Bank, ADB, dan ILO untuk realisasi reformasi pembangunan ekonomi Indonesia. Semua kebijakan politik tersebut demi memulihkan kepercayaan dunia internasional terhadap pemerintah Indonesia.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.
 

 

0

Roboguru

TUGAS INDIVIDUAL Tentukan Benar atau Salah pernyataan-pernyataan di bawah ini. Contoh: Masa Reformasi adalah antara tahun 1998 sampai dengan sekarang            Jawaban : Benar Masa reformasi ...

Pembahasan Soal:

Era reformasi atau era pasca-Suharto di Indonesia dimulai pada tahun 1998, tepatnya saat Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 dan digantikan oleh wakil presiden saat itu, B.J. Habibie. Periode ini dicirikan oleh lingkungan sosial politik yang lebih terbuka. Isu-isu selama periode ini di antaranya dorongan untuk menerapkan demokrasi dan pemerintahan sipil yang lebih kuat, elemen militer yang mencoba untuk mempertahankan pengaruhnya, Islamisme yang tumbuh dalam politik dan masyarakat umum, serta tuntutan otonomi daerah yang lebih besar. Proses reformasi menghasilkan tingkat kebebasan berbicara yang lebih tinggi, berbeda dengan penyensoran yang meluas saat Orde Baru. Akibatnya, debat politik menjadi lebih terbuka di media massa dan ekspresi seni makin meningkat.

Dengan demikian, pernyataan bahwa masa Reformasi dimulai pada tanggal 24 Mei 1998 saat Presiden Soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie adalah pernyataan yang salah karena Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun 1998 bukan pada tanggal 24 Mei 1998.

0

Roboguru

Lengser Keprabon adalah langkah Presiden Soeharto dalam menanggapi kondisi yang semakin tidak memungkinkan bertahan untuk berkuasa. Soeharto menggunakan istilah tersebut, untuk ...

Pembahasan Soal:

Pada Kamis, 21 Mei 1998 sekitar pukul 09.00, Soeharto melakukan pidato pengunduran diri, pidato hanya berlangsung selama 10 menit. Tak ada sesi tanya jawab yang dilakukan. Soeharto menandatangni naskah usai BJ Habibie diangkat sumpah oleh Mahkamah Agung. Dia lalu menyalami Habibie. Tanpa ada satu kata pun disampaikan kepada Habibie, Soeharto langsung meninggalkan ruang Credentials. Ditemani putrinya, Tutut Soeharto, kemudian menemui piminan DPR-MPR yang menunggu di Ruang Jepara tanpa tahu apa yang terjadi selama 10 menit lalu itu. Ketika sampai di ruangan itu, Soeharto menyampaikan dia sudah menyatakan pengunduran dirinya sekaligus serah-terima jabatan presiden kepada BJ Habibie. Sesudah menyampaikan itu, Soeharto keluar dari istana menuruni anak tangga di Istana Merdeka. Dia menaiki mobil yang sudah menunggunya dan meluncur ke kediamannya di Jalan Cendana No. 8-10. Inilah akhir perjalanan panjang Soeharto yang resmi lengser keprabon (turun tahta).

Dengan demikan istilah "lengser keprabon" adalah turun tahta.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved