Roboguru

Perhatikan data hasil pengujian salah satu larutan di laboratorium! Indikator Trayek perubahan warna Hasil pengamatan Asam Basa Bugenvil Ungu Kuning Ungu Lakmus Merah Biru Merah Berdasarkan data tersebut, kemungkinan larutan yang diuji adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan data hasil pengujian salah satu larutan di laboratorium!

Indikator Trayek perubahan warna Hasil pengamatan
Asam Basa
Bugenvil Ungu Kuning Ungu
Lakmus Merah Biru Merah

Berdasarkan data tersebut, kemungkinan larutan yang diuji adalah ....space

Pembahasan Soal:

Indikator merupakan suatu senyawa kompleks yang bisa bereaksi dengan asam dan basa. Dengan indikator, kita jadi bisa mengetahui suatu zat bersifat asam atau basa. Beberapa jenis indikator yaitu indikator alami, indikator universal, kertas lakmus, dan pH meter.

Cara mengetahui larutan asam atau basa menggunakan indikator alami yaitu dengn meneteskan ekstrak tumbuhan tadi ke dalam sebuah larutan, kemudian lihat perubahan warnanya. Dari perubahan warna itulah kita bisa tahu mana larutan yang mengandung asam atau basa.

Perubahan warna kertas lakmus pada:

  • 1. larutan asam : mengubah lakmus biru menjadi lakmus merah. Lakmus merah akan tetap berwarna merah.
  • 2. larutan basa : mengubah lakmus merah menjadi lakmus biru. Lakmus biru akan tetap berwarna biru

Berdasarkan hasil pengamatan, indikator alami bugenvil hasil pengamatannya berwarna ungu. Hal ini berarti larutan bersifat asam. Karena pada trayek disebutkan bahwa ungu menunjukkan asam dan kuning menunjukkan basa. Selain itu, pada indikator lakmus menunjukkan hasil pengamatan berwarna merah yang artinya larutan bersifat asam.

Dengan demikian, kemungkinan larutan yang diuji adalah larutan asam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

G. Suprobo

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Trayek perubahan warna beberapa indikator disajikan dalam tabel berikut. Apabila keempat indikator tersebut digunakan untuk menguji larutan H2​SO4​ 0,1 M akan menunjukkan warna berturut-turut yai...

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan warna larutan ketika diberikan indikator, kita harus menghitung pH larutan terlebih dahulu. Larutan begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style adalah larutan asam kuat bervalensi 2, maka perhitungan pHnya adalah sebagai berikut:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell open square brackets H to the power of plus sign close square brackets end cell equals cell e cross times M end cell row blank equals cell 2 cross times 0 comma 1 space M end cell row blank equals cell 2 cross times 10 to the power of negative sign 1 end exponent space M end cell row blank blank blank end table end style 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row pH equals cell negative sign log open square brackets H to the power of plus sign close square brackets end cell row blank equals cell negative sign log space 2 cross times 10 to the power of negative sign 1 end exponent end cell row blank equals cell 1 minus sign log space 2 end cell end table end style 

Selanjutnya kita akan melihat perubahan warna ketika diuji dengan indikator yang disediakan pada tabel apabila diketahui pH larutan adalah begin mathsize 14px style 1 minus sign log space 2 end style.

  • Ketika diuji dengan indikator fenolftalein (PP), larutan akan tidak berwarna
  • Ketika diuji dengan bromtimol biru (BTB), larutan akan berwarna kuning
  • Ketika diuji dengan lakmus, larutan akan berwarna merah
  • Ketika diuji dengan metil jingga (MO), larutan akan berwarna merah

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Indikator klorofenol merah memiliki trayek pH 4,8-6,4 dengan perubahan warna kuning-merah. Bagaimana perubahan warna jika ditetesi air murni?

Pembahasan Soal:

Menentukan pH air murni

Air murni memiliki open square brackets H to the power of plus sign close square brackets equals open square brackets O H to the power of minus sign close square brackets. Berarti air murni memiliki pH double bond pOH. Oleh karena pH and pOH equals 14, maka pH double bond pOH equals 7.
 

Menentukan warna indikator

Warna yang dihasilkan ketika larutan indikastor klorofenol merah jika ditetes air murni adalah merah, karena nilai pH greater than 6 comma 4.

Jadi perubahan warna yang dihasilkan adalah merah.space 

0

Roboguru

Dari pengujian dengan kertas lakmus dan indikator universal diperoleh data berikut:  Larutan yang bersifat basa adalah....

Pembahasan Soal:

Indikator asam-basa (disebut juga Indikator pH) adalah senyawa halokromik yang ditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam sampel, umumnya adalah larutan yang akan memberikan warna sesuai dengan kondisi pH larutan tersebut. Pada temperatur 25° Celsius, nilai pH untuk larutan netral adalah 7,0. Di bawah nilai tersebut larutan dikatakan asam, dan di atas nilai tersebut larutan dikatakan basa. 

Untuk mengetahui suatu larutan mengandung senyawa asam atau basa dengan menggunakan indikator. Salah satu indikator yang sering digunakan adalah kertas lakmus. Kertas lakmus terdiri dari dua warna yaitu merah dan biru. Pada larutan asam memerahkan lakmus, sedangkan larutan basa membirukan kertas lakmus.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan :

  • Larutan X :  netral.
  • Larutan Y : asam.
  • Larutan Z : garam bersifat basa (pH>7).
  • Larutan U : garam bersifat asam (pH<7).
  • Larutan V : basa.

Larutan yang bersifat basa adalah Z dan V.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Senyawa yang terkandung dalam deodorant, akan memiliki warna ....

Pembahasan Soal:

Senyawa begin mathsize 14px style Al open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style terdapat pada deodorant sebagai antiperspirant. Senyawa begin mathsize 14px style Al open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style merupakan basa, sehingga akan memiliki warna biru pada lakmus.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Bojong melakukan pengujian terhadap beberapa larutan dengan menggunakan lakmus merah dan lakmus biru. Berdasar percobaan yang mereka lakukan diperoleh data sebagai berikut...

Pembahasan Soal:

Menurut Arhenius :
Asam : zat yang melepas ion H to the power of plus sign dalam air
Basa : zat yang melepas ion O H to the power of minus sign dalam air

Indikator asam basa salah satunya adalah kertas lakmus. Larutan basa akan merubah warna lakmus merah menjadi biru dan lakmus biru tetap biru. Berdasarkan percobaan larutan A dan E merupakan larutan basa.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved