Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data berikut. 1) Tenggelamnya kapal Lusitania 2) Kampanye perang dengan kapal selam tanpa batas 3) Invasi Jerman ke Belgia yang netral 4) Telegram Zimmerman 5) Adanya seruan publik untuk mendukung Inggris Faktor utama masuknya Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia I ditunjukkan pada nomor ....

Perhatikan data berikut.

1) Tenggelamnya kapal Lusitania

2) Kampanye perang dengan kapal selam tanpa batas

3) Invasi Jerman ke Belgia yang netral

4) Telegram Zimmerman

5) Adanya seruan publik untuk mendukung Inggris

 

Faktor utama masuknya Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia I ditunjukkan pada nomor ....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 2), dan 4)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Amerika Serikat, pendatang terakhir dalam pusaran politik aliansi, pada awalnya bersikap netral. Tiga kebijakan Jerman berikut ini kemudian memaksa Amerika Serikat untuk terlibat dalam perang dengan berada di pihak Sekutu (Inggris, Prancis, Serbia, dan Rusia). Tenggelamnya kapal RMS Lusitania Pada tahun 1915, kapal penumpang lnggris buatan Amerika Serikat, RMS Lusitania, ditorpedo oleh kapal selam angkatan laut Jerman, U-boat, di lepas pantai selatan Irlandia, dalam perjalanannya dari New York menuju Liverpool (lnggris). Jerman menembakkan torpedo kapal tersebut tanpa peringatan terlebih dahulu. Jerman beralasan telah menetapkan bahwa laut di sekitar Inggris Raya sebagai zona perang. Kebijakan perang menggunakan kapal selam tanpa batas Pada 9 Januari 1917, Jerman memberlakukan kebijakan melancarkan perang menggunakan armada kapal selam dalam skala penuh dan tanpa batas (unlimited submarine warfare). Kebijakan ini sempat dihentikan pascatragedi RMS Lusitania, tetapi tidak lama kemudian dilanjutkan kembali. Pemberlakukan cara perang seperri ini berarti kapal penumpang dan kapal dagang dari berbagai negara, termasuk AS, bisa ikut terkena serangan torpedo. Telegram Zimmerman Pada 16 Januari 1917, Menteri Luar Negeri Jerman Arthur Zimmerman mengirimkan sebuah pesan rahasia kepada duta besar Jerman untuk AS Heinrich von Eckardt. Pesan itu unruk menganrisipasi dampak-dampak yang akan muncul sehubungan dengan diberlakukannya perang menggunakan kapal selam secara tak terbatas oleh Jerman pada 1 Februari 1917, khususnya dugaan Jerman bahwa AS akan ikut terlibat perang dengan berpihak kepada Sekutu (Inggris, Prancis, clan Rusia). Isi telegram tersebut membuat Amerika Serikat geram dan akhirnya menyatakan peranng dengan Jerman. Dari penjelasan berikut maka jawaban yang tepat adalah 1), Tenggelamnya kapal Lusitania. 2), Kampanye perang dengan kapal selam tanpa batas, dan 4) Telegram Zimmerman.

Amerika Serikat, pendatang terakhir dalam pusaran politik aliansi, pada awalnya bersikap netral. Tiga kebijakan Jerman berikut ini kemudian memaksa Amerika Serikat untuk terlibat dalam perang dengan berada di pihak Sekutu (Inggris, Prancis, Serbia, dan Rusia).

  1. Tenggelamnya kapal RMS Lusitania

Pada tahun 1915, kapal penumpang lnggris buatan Amerika Serikat, RMS Lusitania, ditorpedo oleh kapal selam angkatan laut Jerman, U-boat, di lepas pantai selatan Irlandia, dalam perjalanannya dari New York menuju Liverpool (lnggris). Jerman menembakkan torpedo kapal tersebut tanpa peringatan terlebih dahulu. Jerman beralasan telah menetapkan bahwa laut di sekitar Inggris Raya sebagai zona perang.

  1. Kebijakan perang menggunakan kapal selam tanpa batas

Pada 9 Januari 1917, Jerman memberlakukan kebijakan melancarkan perang menggunakan armada kapal selam dalam skala penuh dan tanpa batas (unlimited submarine warfare). Kebijakan ini sempat dihentikan pascatragedi RMS Lusitania, tetapi tidak lama kemudian dilanjutkan kembali. Pemberlakukan cara perang seperri ini berarti kapal penumpang dan kapal dagang dari berbagai negara, termasuk AS, bisa ikut terkena serangan torpedo.

  1. Telegram Zimmerman

Pada 16 Januari 1917, Menteri Luar Negeri Jerman Arthur Zimmerman mengirimkan sebuah pesan rahasia kepada duta besar Jerman untuk AS Heinrich von Eckardt. Pesan itu unruk menganrisipasi dampak-dampak yang akan muncul sehubungan dengan diberlakukannya perang menggunakan kapal selam secara tak terbatas oleh Jerman pada 1 Februari 1917, khususnya dugaan Jerman bahwa AS akan ikut terlibat perang dengan berpihak kepada Sekutu (Inggris, Prancis, clan Rusia). Isi telegram tersebut membuat Amerika Serikat geram dan akhirnya menyatakan peranng dengan Jerman.

Dari penjelasan berikut maka jawaban yang tepat adalah 1), Tenggelamnya kapal Lusitania. 2), Kampanye perang dengan kapal selam tanpa batas, dan 4) Telegram Zimmerman.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

225

intan maesuri

Makasih ❤️

Saragi Dwi Noviyanti

Makasih ❤️

Elvia Nuraini

Bantu banget

Indi Aulia

Makasih ❤️

budisuci

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan negara-negara Eropa berikut! Inggris Rusia Prancis Pada masa Perang Dunia I negara-negara tersebut tergabung dalam satu politik persekutuan. Politik persekutuan yang dimaks...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia