Roboguru

Pertanyaan

Perang Dunia I mempertemukan dua kekuatan besar, yaitu Tripple Allientie melawan Tripple Entente. Tripple Allientie dipimpin Jerman yang dibentuk tahun 1882 beranggotakan Austria, Hongaria, Turki Ottoman, dan Bulgaria, sedangkan Tripple Entente dipimpin Prancis yang dibentuk pada tahun 1907 dengan beranggotakan 23 negara termasuk Rusia, Inggris, Itaila, Serbia, Belgia, Rumania, Yunani, Protugal, dan Jepang. Analisislah, mengapa terbentuknya persekutuan justru menjadi salah satu pemicu terjadinya Perang Dunia I ?space space

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembentukan persekutuan negara-negara dilatar belakangi oleh berkumpulnya negara-negara dengan kepentingan melawan musuh yang sama satu sama lain dalam persaingan antar negara-negara di Eropa.

Pembahasan

Anggota blok sekutu dan blok sentral pada pertarungan dunia membagi dunia menjadi dua kekuatan yang berlawanan. Hal ini karena adanya ketakutan akan adanya ancaman perang, maka dari itu negara-negara yang berselisih kemudian membentuk persekutuan. Ada dua persekutuan yaitu Triple Aliansi dan Triple Entente. Inggris, Prancis, dan Rusia berada di blok sekutu (Triple Entente) dan Jerman beserta Kekaisaran Austria-Hungaria yang diperintah oleh keluarga Hapsburg asal Jerman berada di blok sentra (Triple Alliance). Kedua blok ini terus berseteru sampai berakhirnya Perang Dunia II pada 1945.

Dengan demikian pembentukan persekutuan negara-negara dilatar belakangi oleh berkumpulnya negara-negara dengan kepentingan melawan musuh yang sama satu sama lain dalam persaingan antar negara-negara di Eropa.

180

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan daftar negara-negara berikut ini!   Jerman Inggris Turki Ottoman Perancis Rusia Dari daftar negara-negara di atas, negara yang bersepakat membentuk suatu koalisi yang dinamakan “T...

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia