Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan daftar pernyataan berikut! Penyusunan teks Proklamasi Peristiwa Rengasdengklok Pembentukan perangkat kenegaraan NKRI Proklamasi kemerdekaan Urutkan dengan benar kronologi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan...

Perhatikan daftar pernyataan berikut!

  1. Penyusunan teks Proklamasi
  2. Peristiwa Rengasdengklok
  3. Pembentukan perangkat kenegaraan NKRI
  4. Proklamasi kemerdekaan 

Urutkan dengan benar kronologi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan...

Iklan

E. Elsera

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang di telah dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945, tidak terlepas dari berbagai peristiwa yang terjadi sebelumnya, maupun peristiwa kembali yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Adapun peristiwa-peristiwa tersebut sebagai berikut: Peristiwa Rengasdenglok (16 Agustus 1945). Peristiwa ini merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Moh. Hatta pukul 04.30 WIB terkait masalah kemerdekaan Indonesia. Ahmad Soebarjo yang mengetahui peristiwa ini langsung menemui golongan muda supaya Soekarno dan Moh. Hatta dikembalikan ke Jakarta dengan janji bahwa kemerdekaan Indonesia akan diproklamasikan tgl 17 Agustus 1945. Akhirnya, Soekarno dan Moh. Hatta kembali ke Jakarta setelah ada diskusi antara Ahmad Soebardjo dengan golongan muda. Penyusunan Teks Proklamasi (16-17 Agustus 1945). Setelah Soekarno dan Moh. Hatta kembali ke Jakarta, mereka langsung berdiskusi menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dari malam hingga pagi subuh. Proklamasi Kemerdekaan (17 Agustus 1945). Setelah penyusunan teks proklamasi kemerdekaan dilakukan, maka proklamasi kemerdekaan pun dikumandangkan tgl 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Pembentukan Perangkat Kenegaraan NKRI (18 Agustus 1945). Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, maka langkah selanjutnya adalah tgl 18 Agustus 1945 dilakukan sidang oleh PPKI untuk membentuk susunan ketatanegaraan Indonesia, karena Indonesia masih negara yang baru merdeka, sehingga perlu disusun ketatanegaraan negara dengan hasil rapat seperti pengesahan UUD 1945, penetapan presiden dan wakil presiden, dan hasil lainnya. Dengan demikian, urutan benar kronologi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan seperti peristiwa Rengasdengklok, penyusunan teks proklamasi, proklamasi kemerdekaan dan pembentukan perangkat kenegaraan.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang di telah dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945, tidak terlepas dari berbagai peristiwa yang terjadi sebelumnya, maupun peristiwa kembali yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Adapun peristiwa-peristiwa tersebut sebagai berikut:

  1. Peristiwa Rengasdenglok (16 Agustus 1945). Peristiwa ini merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Moh. Hatta pukul 04.30 WIB terkait masalah kemerdekaan Indonesia. Ahmad Soebarjo yang mengetahui peristiwa ini langsung menemui golongan muda supaya Soekarno dan Moh. Hatta  dikembalikan ke Jakarta dengan janji bahwa kemerdekaan Indonesia akan diproklamasikan tgl 17 Agustus 1945. Akhirnya, Soekarno dan Moh. Hatta kembali ke Jakarta setelah ada diskusi antara Ahmad Soebardjo dengan golongan muda.
  2. Penyusunan Teks Proklamasi (16-17 Agustus 1945). Setelah Soekarno dan Moh. Hatta kembali ke Jakarta, mereka langsung berdiskusi menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dari malam hingga pagi subuh.
  3. Proklamasi Kemerdekaan (17 Agustus 1945). Setelah penyusunan teks proklamasi kemerdekaan dilakukan, maka proklamasi kemerdekaan pun dikumandangkan tgl 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
  4. Pembentukan Perangkat Kenegaraan NKRI (18 Agustus 1945). Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, maka langkah selanjutnya adalah tgl 18 Agustus 1945 dilakukan sidang oleh PPKI untuk membentuk susunan ketatanegaraan Indonesia, karena Indonesia masih negara yang baru merdeka, sehingga perlu disusun ketatanegaraan negara dengan hasil rapat seperti pengesahan UUD 1945, penetapan presiden dan wakil presiden, dan hasil lainnya.

 

Dengan demikian, urutan benar kronologi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan seperti peristiwa Rengasdengklok, penyusunan teks proklamasi, proklamasi kemerdekaan dan pembentukan perangkat kenegaraan.

 

 

Latihan Bab

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Pembentukan Pemerintahan RI Pertama

Proklamator dan Tokoh Lainnya

Konsep Kilat

590

Angel meylani

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Makna penting dari peristiwa pada gambar di atas adalah ...

3rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia