Roboguru

Perhatikan ciri-ciri sistem ekonomi berikut ini!   Tidak ada pembagian kerja. Setiap individu bebas memiliki alat-alat produksi. Tanah sumber kemakmuran. Jenis pekerjaan diatur oleh pemerintah. Perdagangan dilaksanakan dengan cara barter. Persaingan usaha secara bebas.   Dari uraian di atas, yang termasuk ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah....

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri sistem ekonomi berikut ini!
 

  1. Tidak ada pembagian kerja.
  2. Setiap individu bebas memiliki alat-alat produksi.
  3. Tanah sumber kemakmuran.
  4. Jenis pekerjaan diatur oleh pemerintah.
  5. Perdagangan dilaksanakan dengan cara barter.
  6. Persaingan usaha secara bebas.
     

Dari uraian di atas, yang termasuk ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah.... space

  1. 1), 2), dan 3) space

  2. 1), 3), dan 5) space

  3. 2), 4), dan 6) space

  4. 3), 4), dan 5) space

  5. 4), 5), dan 6) space

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang masih dijalankan secara sederhana dan masih menggunakan sistem kekerabatan. Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah:

  • Tidak ada pembagian kerja karena di dalam sistem ekonomi tradisional tidak jelas siapa yang bertindak sebagai produsen dan siapa yang bertindak sebagai konsumen. Dalam sistem ekonomi ini, seseorang menjadi seorang produsen sekaligus konsumen karena ia memproduksi suatu barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
  • Tanah sumber kemakmuran karena dalam sistem ekonomi tradisional biasanya sektor yang paling berkembang adalah sektor pertanian sehingga tana memegang peranan penting dalam produksi dalam sistem ekonomi tradisional.
  • Perdagangan dilaksanakan dengan cara barter karena dalam sistem ekonomi tradisional belum ada penggunaan mata uang sehingga ketika seseorang ingin suatu barang maka ia harus memproduksi barang itu sendiri atau melakukan barter dengan seseorang memiliki barang yang ingin ia miliki itu.

Dengan demikian, yang termasuk ciri-ciri sistem ekonomi tradisional ditunjukkan oleh nomor 1, 3 dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan sistem ekonomi tradisional, modern, pasar dan campuran kemudian bandingkanlah keempat sistem ekonomi tersebut!

Pembahasan Soal:

Perbedaan sistem ekonomi tersebut ialah:

  • Tradisional
    Sistem ekonomi yang didalam segala aktivitas ekonominya dilakukan dengan masih berpegang pada tradisi yang terus diturunkan dari generasi ke generasi. Kelebihan sistem ekonomi ini adalah membuat masyarakatnya tidak terbebani dengan target ekonomi berupa kekayaan harta. Kekurangan sistem ekonomi ini adalah sulitnya mengalami kemajuan karena cenderung menolak perubahan karena menjaga tradisi.
  • Modern
    Sistem ekonomi yang dalam kegiatan ekonominya lebih mengandalkan kemajuan teknologi pada setiap sektornya. Kelebihan sistem ekonomi modern adalah kegiatan ekonomi yang menjadi cepat dan mudah untuk manusia karena bantuan teknologi canggih, namun kekurangan dari sistem ekonomi ini adalah ketergantungan terhadap teknologi dalam kegiatan ekonomi yang menyebabkan tenaga manusia tergusur sehingga menimbulkan pengangguran yang meningkat.
  • Pasar
    Sistem ekonomi yang kegiatan ekonominya menyesuaikan dengan mekanisme permintaan dan penawaran pasar, sehingga pembentukkan harga terjadi secara alami. Kelebihan sistem ekonomi pasar adalah adanya kebebasan masyarakat untuk berkreasi sehingga kreativitas masyarakat berkembang untuk menciptakan produk yang berkualitas dan bersaing di pasar. Kekurangan sistem ekonomi pasar adalah distribusi pendapatan masyarakat yang tidak merata.
  • Campuran
    Kombinasi antara sistem ekonomi pasar dan komando, dikatakan juga sebagai penyempurnaan dari sistem ekonomi pasar. Kelebihan sistem ekonomi campuran adalah terminimalisirnya berbagai kerugian yang ditimbulkan dari mekanisme pasar dengan intervensi dari pemerintah. Kekurangan sistem ekonomi campuran adalah laju pertumbuhan ekonomi cenderung lambar.
Roboguru

Jelaskan sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi tradisional!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi merupakan sebuah sistem atau cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalah ekonomi yang terjadi guna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Secara umum, sistem ekonomi terbagi menjadi empat macam, yaitu

  1. Sistem Ekonomi Tradisional, Sistem ekonomi dima teknologi produksi yang digunakan masih sederhana, modal yang digunakan masih sedikit, pertukaran dilakukan dengan sistem barter, belum terdapat pembagian kerja, masih terikat tradisi, dan sebagainya.
  2. Sistem Ekonomi Terpusat / Komando / Sosialis, sistem ekonomi dimana hak kepemilikan individu tidak diakui oleh negara dan negara menguasai hajat hidup orang banyak, seluruh sumber daya dikuasai negara, kegiatan ekonomi menjadi tanggung jawab penuh pemerintah, kegiatan ekonomi diatur dan direncanakan pemerintah, pemerintah menguasai alat produksi penting bagi negara, kebijakan ekonomi disusun dan dilaksanakan pemerintah.
  3. Sistem Ekonomi Pasar / Liberal / Kapitalis, sistem ekonomi dimana semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh pihak swasta, aktivitas ekonomi ditujukan untuk mendapatkan keuntungan, setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal, setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya.
  4. Sistem Ekonomi Campuran, sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi dilakukan oleh kedua pihak, yaitu pemerintah dan swasta, terdapat persaingan di bawah kontrol dari pemerintah, transaksi ekonomi terjadi di pasar dengan campur tangan pemerintah, pemerintah menguasai kebutuhan penduduknya di barang yang vital, sedangkan sektor swasta dapat melakukan kegiatan usaha di luar kebutuhan vital. space 
Roboguru

Di bawah ini merupakan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional, kecuali...

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah ciri-ciri sitem ekononomi tradisional, di antaranya sebagai berikut.

  1. Teknik produksi dipelajari secara turun-menurun dan bersifat sederhana
  2. Hanya sedikit menggunakan modal
  3. Pertukaran dilakukan dengan sistem barter
  4. Belum mengenal pembagian kerja
  5. Masih terikat dengan tradisi
  6. Tanah merupakan tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.space 

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi!

Pembahasan Soal:

Macam-macam Sistem Ekonomi:

  1. Sistem ekonomi pasar (kapitalis/liberal) adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) diserahkan kepada mekanisme pasar.
  2. Sistem ekonomi komando adalah suatu sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat besar sedangkan peran swasta/masyarakat sangat minim bahkan tidak ada.
  3. Sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar.
  4. Sistem ekonomi tradisional adalah dilakukan sesuai dengan kebiasaan atau tradisi. Teknologi yang digunakan masih sederhana, produktivitas masih rendah, setiap anggota masyarakat belum memiliki motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki, masyarakat sulit berubah karena ada kecenderungan penolakan, dan struktur ekonomi yang ada biasanya dominan bercocok tanam/pertanian.  
Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan sistem ekonomi tradisional!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi tradisional adalah suatu sistem ekonomi yang masih sangat sederhana dimana kegiatan ekonomi yang dilakukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ciri yang tampak dalam sistem ekonomi tradisional yakni kegiatan ekonomi yang dijalankan masih sangat sederhana, berdasarkan asas kekeluargaan dan turun temurun serta sistem jual beli masih menggunakan sistem barter. space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved