Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbuatan yang memperkuat suatu hubungansosial adalah pengertian dari ....

Perbuatan yang memperkuat suatu hubungan sosial adalah pengertian dari ....space space 

  1. Primordialismespace space 

  2. Konsolidasispace space 

  3. Interseksispace space 

  4. Integrasispace space 

  5. Stereotipspace space 

Iklan

I. Sari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space space 

Iklan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalah istilah untuk perbuatan yang memperkuat suatu hubungansosial. Konsolidasi adalahperbuatan yang memperkuat suatu hubungansosial. Dalam struktur sosial, konsolidasi merupakan usaha untuk menata kembali suatu kelompok sosial yang dinilai mengalami perpecahan atau ketidakkompakan. Selain itu, konsolidasi juga berarti sebagai usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok ( in group ) terhadap kelompok yang lain ( out group ). Pilihan A kurang tepat karena primordialisme adalah suatu paham yang menganggap kelompoknya lebih tinggi dibandingkan kelompok lain. Pilihan Ckurang tepat karena interseksi adalah kondisi persilangan antara kelompok sosial tertentu dengan kelompok sosial lainnya. Pilihan Dkurang tepat karena integrasi adalah proses penyesuaian unsur-unsur kebudayaan yang berbeda di masyarakat sehingga tercipta kondisi yang tertib, tentram, dan persatuan. Pilihan Ekurang tepat karena stereotip adalahpelabelan terhadap pihak atau kelompok tertentu yang selalu berakibat merugikan pihak lain dan menimbulkan ketidakadilan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Poin yang ditanyakan adalah istilah untuk perbuatan yang memperkuat suatu hubungan sosial.

Konsolidasi adalah perbuatan yang memperkuat suatu hubungan sosial. Dalam struktur sosial, konsolidasi merupakan usaha untuk menata kembali suatu kelompok sosial yang dinilai mengalami perpecahan atau ketidakkompakan. Selain itu, konsolidasi juga berarti sebagai usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok (in group) terhadap kelompok yang lain (out group).

  • Pilihan A kurang tepat karena primordialisme adalah suatu paham yang menganggap kelompoknya lebih tinggi dibandingkan kelompok lain.
  • Pilihan C kurang tepat karena interseksi adalah kondisi persilangan antara kelompok sosial tertentu dengan kelompok sosial lainnya.
  • Pilihan D kurang tepat karena integrasi adalah proses penyesuaian unsur-unsur kebudayaan yang berbeda di masyarakat sehingga tercipta kondisi yang tertib, tentram, dan persatuan.
  • Pilihan E kurang tepat karena stereotip adalah pelabelan terhadap pihak atau kelompok tertentu yang selalu berakibat merugikan pihak lain dan menimbulkan ketidakadilan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan interseksi dan konsolidasi!

97

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia