Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar struktur sosial berikut! Kedua kelompok tidak memiliki interseksi untuk menjalin kerjasama karena terjadi ...

Perhatikan gambar struktur sosial berikut!

Kedua kelompok tidak memiliki interseksi untuk menjalin kerjasama karena terjadi ...

  1. konsolidasi sosial disebabkan interseksi antar kelompok
     

  2. dinamika sosial yang setabil akibat perbedaan tempat tinggal
     

  3. konsolidasi sosial berdasarkan parameter yang berbeda
     

  4. penilaian sosial dengan parameter suku dan kepercayaan
     

  5. penilaian sosial dengan parameter tempat tinggal dan suku

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsolidasi sosial adalah penguat atau peneguh bagi keanggotaan-keanggotaan masyarakat dalam kelompok sosial melalui adanya tumpang tindih dalam keanggotaan. Artinya, adanya kesamaan karakteristik dan ciri pada masyarakat akan mempertegas adanya saling keterkaitan di antara mereka. Pada soal ini digambarkan terdapat 2 kelompok yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda satu sama lain. Kelompok A berisikan kelompok petani, suku Jawa, dan islam sedangkan kelompok B berisikan kelompok pegawai, hindu, dan suku Bali. Mengingat bahwa konsolidasi terjadi akibat adanya kesamaan karakteristik yang ada maka interseksi kedua kelompok ini untuk menjalin kerjasama sulit untuk terjadi akibat dari tidak adanya karakteristik atau parameter yang sama. Sehingga opsi yang tepat adalah opsi C.

Konsolidasi sosial adalah penguat atau peneguh bagi keanggotaan-keanggotaan masyarakat dalam kelompok sosial melalui adanya tumpang tindih dalam keanggotaan. Artinya, adanya kesamaan karakteristik dan ciri pada masyarakat akan mempertegas adanya saling keterkaitan di antara mereka.

Pada soal ini digambarkan terdapat 2 kelompok yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda satu sama lain. Kelompok A berisikan kelompok petani, suku Jawa, dan islam sedangkan kelompok B berisikan kelompok pegawai, hindu, dan suku Bali. Mengingat bahwa konsolidasi terjadi akibat adanya kesamaan karakteristik yang ada maka interseksi kedua kelompok ini untuk menjalin kerjasama sulit untuk terjadi akibat dari tidak adanya karakteristik atau parameter yang sama. Sehingga opsi yang tepat adalah opsi C.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambar di atas merupakan ilustrasi terjadinya konsolidasi berpotensi konflik jika keduanya hidup berdampingan karena ....

30

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia