Roboguru

Perbedaan utama perlawanan sebelum tahun 1900 dengan sesudah tahun 1900?

Pertanyaan

Perbedaan utama perlawanan sebelum tahun 1900 dengan sesudah tahun 1900?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perlawanan melawan penjajahan sebelum tahun 1900 cenderung dilakukan dengan perlawanan fisik dan juga sifatnya yang masih kedaerahan sehingga sangat mudah ditumpas oleh pemerintah kolonial Belanda. Sedangkan setelah 1900 perjuangan melawan penjajah kolonial Belanda diwujudkan dengan dibentuknya berbagai organisasi yang menginspirasi timbulnya semangat kebersamaan yang merupakan wujud kebangkitan nasional sampai memiliki rasa sebangsa dan setanah air dengan adanya Sumpah Pemuda 1928 dan juga sampai pada titik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945 yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia melepaskan diri dari ikatan penjajahan.

Sehingga, perbedaan perlawanan Bangsa Indonesia melawan pemerintah kolonial sebelum 1900 dan setelah 1900 ditandai dengan Politik Etis sehingga memiliki perbedaan dalam cara perlawanannya. Sebelum 1900 perlawanan dilakukan dengan perang fisik dan bersifat kedaerahan, sedangkan setelah tahun 1900 perlawanan dilakukan lewat organisasi pergerakan nasional dan bersifat nasional.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan. Kedaerahan. Terus menerus tanpa putus. Bergantung pada pemimpin. Modern melalui organisasi. Mengandalkan fisik kekuatan senjata. Serentak di berbagai daerah. Berdasarkan pernyata...

Pembahasan Soal:

Perjuangan bangsa Indonesia mulai berubah pada tahun 1908, hal itu dikarenakan munculnya Organisasi perjuangan yang pertama pada tanggal 20 Mei 1908, yaitu Organisasi Budi Utomo. dengan berdirinya Budi Utomo maka perjuangan bangsa Indonesia dilakukan melalui organisasi perjuangan. Perjuangan melawan kolonial Belanda sebelum tahun 1908 banyak mengalami kegagalan. Hal tersebut dikarenakan perjuangan masih memiliki sifat perjuangan sebagai berikut:

  1. Masih bersifat kedaerahan atau tradisional, perjuangan dilakukan didaerahya masing-masing
  2. Bergantung pada pemimpin, karena peruangan bangsa Indonesia sebelu 1908 di pimpin oleh tokoh penting seperti ulama atau bangsawan.
  3. Masih menggunakan kekuatan fisik  dan senjata tradisional
  4. Perjuagan bersifat sporadis atau musiman

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat perjuangan setelah tahun 1908!

Pembahasan Soal:

Perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah terbagi menjadi 2, yakni perjuangan secara fisik atau pertempuran dan perjuangan non fisik atau menggunakan organisasi pergerakan nasional. Perjuangan non fisik yang menggunakan organisasi pergerakan nasional berawal dari awal abad ke-20 atau tepatnya pada tahun 1908. Hal tersebut ditandai dengan munculnya golongan intelektual baru asli pribumi serta berdirinya organisasi pergerakan nasional pertama, yakni Budi Utomo. Setelah berdirinya Budi Utomo, banyak berdiri organisasi-organisasi pergerakan nasional, seperti SI, IP, PNI, Muhammadiyah, NU, dan GAPI. Ciri utama perjuangan pasca tahun 1908 adalah mengedepankan organisasi modern, bersifat nasional, dan dipelopori oleh kaum terpelajar.

Dengan demikian, perjuangan pasca 1908 adalah dengan menggunakan organisasi pergerakan nasional serta digerakkan oleh kaum terpelajar. 

0

Roboguru

Penjajah Belanda bisa menguasai bangsa Indonesia dalam waktu lama karena...

Pembahasan Soal:

Belanda adalah negara yang pernah menjajah Indonesia dalam kurun waktu paling lama, berbagai upaya yang dilakukan untuk mengusir Belanda sudah dilakukan, baik perjuangan fisik maupun diplomasi. Namun, upaya tersebut  belum  bisa mengusir Belanda dari Indonesia. Hal ini terjadi karena perlawanan masih bersifat kedaerahan, kurang bersatu, dan mudah dipecah belah. Belanda menerapkan politik adu domba yang dikenal dengan devide et impera yaitu kombinasi strategi politik, militer, dan ekonomi yang bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih mudah ditaklukkan. Politik pecah belah juga menjadi alat memecah belah suatu bangsa agar bisa ditaklukkan dengan tujuan untuk mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah untuk dikuasai.undefined

Dengan demikian, Belanda lama menjajah Indonesia karena rakyatnya mudah dipecah belah saat itu.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Pernyataan! 1. Mudah dipecah belah. 2. Masih bodoh. 3. Perjuangan bersifat lokal. 4. Pemimpin para cendekiawan. Faktor-faktor yang menyebabkan penjajah Belanda dengan mudah dapat menguasai bangsa ada...

Pembahasan Soal:

Bangsa Belanda menerapkan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia salah satunya ialah karena tersedianya dengan melimpah rempah-rempah, sehingga Belanda sangat ini berkuasa di negara yang jaya ini selama mungkin. Namun dengan sikap dan kebijakan bangsa Belanda yang telah melukai rasa keadilan, mengoyak-oyak martabat dan harga diri serta melahirkan penderitaan bagi rakyat melahirkan perlawanan terutama di daerah-daerah pada sekelompok masyarakat. Namun perlawanan tersebut dengan mudah digagalkan dan pada akhirnya Belanda menguasai. Beberapa faktor yang mendorong penjajah Belanda dengan mudah menguasai Indonesia adalah:

  1. perjuangan masih bersifat lokal atau kedaerahan di mana belum muncul rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Perjuangan seperti ini sangat ditentukan oleh kepiawaian intruksi dan arahan dari pemimpin.
  2. persenjataan bangsa Indonesia yang sederhana dan kalah jauh dari bangsa Belanda yang telah menggunakan alat persenjataan modern. 
  3. efektfinya politik adu domba (divide et impera) yang diterapkan kepada bangsa yang masih awam.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Roboguru

Mengapa sebelum tahun 1908, rakyat Indonesia selalu gagal dalam melawan penjajahan Belanda?

Pembahasan Soal:

Selama Masa Penjajahan oleh Belanda, bangsa Indonesia melakukan berbagai perlawanan, yang dalam bentuk strateginya dapat dilihat berdasarkan sebelum tahun 1908 dan sesudah 1908. Adapun karakteristik perlawanan dari dua periode tersebut memiliki pola yang berbeda.
Sebelum tahun 1908 :

  • perlawanan masih bersifat kedaerahan, 
  • perlawanan yang masih bergantung pada satu sosok pimpinan yang kharismatik, 
  • bentuk perlawanan yang masih perang fisik berupa senjata tradisional, dan
  • belum terciptanya perasaan senasib yang kuat.

Sesudah tahun 19008 :

  • perlawanan yang sudah dalam skala dan nasional dan teroganisir,
  • perlawanan yang tidak tergantung pada satu sosok pimpinan sebab ada garis estafet kepemimpinan kader organisasi,
  • bentuk perlawanan yang sudah menggunakan organisasi modern untuk menyuarakan hak-hak, dan
  • sudah timbulnya perasaan senasib yang kuat bahwa bangsa Indonesia sedang dijajah oleh Belanda. 

Dengan memahami keterangan di atas, dapat diketahui bahwa perlawanan sebelum tahun 1908 sering mengalami kegagalan dikarenakan perlawanan selalu mengandalkan perang fisik yang melibatkan senjata, dalam hal ini senjata tradisional melawan senjata modern Eropa sehingga dari segi korban jiwa dan kemenangan perang amat kecil karena perbedaan senjata yang mumpuni. Selain itu, sifat perlawanan sebelum 1908 yang masih hanya mengandalkan satu pimpinan kharismatik, seringkali perlawanan akan berakhir jika pimpinan perlawanan ditangkap oleh Belanda sebab tidak ada garis esafet kepemimpinan melalui pembinaan kader.
Dan terakhir, dalam skala yang masih bersifat kedaerahan dan belum adanya perasaan secara nasional bahwa bangsa Indonesia sedang dijajah, adalah faktor lain yang menyebabkan perlawanan sebelum tahun 1908 sering mengalami kegagalan karena belum adanya persatuan untuk melawan penjajah. 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved