Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dominasi Belanda di Indonesia belum mampu dipatahkan oleh perlawanan-perlawanan rakyatdi berbagai daerah. Mengapa demikian?

Dominasi Belanda di Indonesia belum mampu dipatahkan oleh perlawanan-perlawanan rakyat di berbagai daerah. Mengapa demikian? 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mengapa perlawanan lokal tidak bisa mematahkan dominasi belanda karena perjuangan atau perlawanan terhadap pemerintah Belanda, masih menggunakan asas kedaerahan dan bergantung pada tokoh karismatik yang mudah untuk dipatahkan oleh Pihak kolonial dengan menggunakan taktik Devide at Impera . selain itu perlawanan kaum pribumi juga bersifat Sporadis yang bisa dengan mudah dipatahkan oleh para Serdadu Belanda dengan menggunakan persenjataan yang canggih dan taktik yang terbaru.

mengapa perlawanan lokal tidak bisa mematahkan dominasi belanda karena perjuangan atau perlawanan terhadap pemerintah Belanda, masih menggunakan asas kedaerahan dan bergantung pada tokoh karismatik yang mudah untuk dipatahkan oleh Pihak kolonial dengan menggunakan taktik Devide at Impera. selain itu perlawanan kaum pribumi juga bersifat Sporadis yang bisa dengan mudah dipatahkan oleh para Serdadu Belanda dengan menggunakan persenjataan yang canggih dan taktik yang terbaru.  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Dominasi Belanda di Indonesia belum mampu dipatahkan oleh perlawanan-perlawanan rakyatdi berbagai daerah. hal ini dikarenaka oleh beberapa sebab dasar yang menjadi faktor penentu dari gagalnya perlawanan-perlawanan rakyat pribumi terhadap pemerintah kolonial Belanda. Sifat perjuangannya yang masih sangat kedaerahan dan bersifat perjuangan lokal. Kalah persenjataan dan kurang matangnya strategi perlawanan. Serangan yang dilakukan bersifat Sporadis dan tidak terstruktur Pasukan perlawanan bergantung dengan tokoh khrismatik lokal, jika tokoh tersebut tertangkap atau terbunuh semangat perlawanan akan mengendur dengan sendirinya. Pemerintah kolonial melakukan taktik devide at impera dengan memecah belah musuh dari dalam dengan menggunakan orang orang "suruhan" dari Pihak Belanda. Dengan demikian, mengapa perlawanan lokal tidak bisa mematahkan dominasi belanda karena perjuangan atau perlawanan terhadap pemerintah Belanda, masih menggunakan asas kedaerahan dan bergantung pada tokoh karismatik yang mudah untuk dipatahkan oleh Pihak kolonial dengan menggunakan taktik Devide at Impera . selain itu perlawanan kaum pribumi juga bersifat Sporadis yang bisa dengan mudah dipatahkan oleh para Serdadu Belanda dengan menggunakan persenjataan yang canggih dan taktik yang terbaru.

Dominasi Belanda di Indonesia belum mampu dipatahkan oleh perlawanan-perlawanan rakyat di berbagai daerah. hal ini dikarenaka oleh beberapa sebab dasar yang menjadi faktor penentu dari gagalnya perlawanan-perlawanan rakyat pribumi terhadap pemerintah kolonial Belanda.

  1. Sifat perjuangannya yang masih sangat kedaerahan dan bersifat perjuangan lokal.
  2. Kalah persenjataan dan kurang matangnya strategi perlawanan.
  3. Serangan yang dilakukan bersifat Sporadis dan tidak terstruktur
  4. Pasukan perlawanan bergantung dengan tokoh khrismatik lokal, jika tokoh tersebut tertangkap atau terbunuh semangat perlawanan akan mengendur dengan sendirinya.
  5. Pemerintah kolonial melakukan taktik devide at impera dengan memecah belah musuh dari dalam dengan menggunakan orang orang "suruhan" dari Pihak Belanda.

Dengan demikian, mengapa perlawanan lokal tidak bisa mematahkan dominasi belanda karena perjuangan atau perlawanan terhadap pemerintah Belanda, masih menggunakan asas kedaerahan dan bergantung pada tokoh karismatik yang mudah untuk dipatahkan oleh Pihak kolonial dengan menggunakan taktik Devide at Impera. selain itu perlawanan kaum pribumi juga bersifat Sporadis yang bisa dengan mudah dipatahkan oleh para Serdadu Belanda dengan menggunakan persenjataan yang canggih dan taktik yang terbaru.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Sandy S

Bantu banget

rhamdan syahrul

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbedaan utama perlawanan sebelum tahun 1900 dengan sesudah tahun 1900?

36

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia