Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah ....

Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah ....

  1. A.  Kronologi menunjukkan urutan waktu Kronik menunjukkan catatan peristiwa
  2. B. Kronologi hanya melihat peristiwa politik saja Kronik melihat peristiwa sosial-ekonomi

     

  3. C. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan Kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya

     

  4. D. Kronologi adalah pembagian zaman, pengelompokan peristiwa  sejarah berdasarkan ciri khasnya Kronik adalah urutan peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya

     

  5. E. Kronologi bertujuan membagi peristiwa sejarah dalam beberapa bidang kajian. Kronik adalah urutan dinasti-dinasti pemerintahan Tiongkok.

Iklan

S. Salsabilla

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: C Kronologi merupakan ilmu yang mempelakari peristiwa-peristiwa sejarah sesuai dengan urutan waktu terjadinya dari awal hingga akhir. Peristiwa sejarah ini disusun dari awal hingga akhir untuk menghindari anakronisme dalam sejarah. Berbeda dengan kronik, kronik adalah catatan peristiwa menurut urutan waktu kejadiannya. Kronik biasanya ditulis oleh para musafir, pendeta maupun pujangga pada masa lalu. Pada umumnya mereka menulis tentang peristiwa atau kejadian yang menarik perhatian dan mengesankan ketika sedang dalam perjalanannya. Contohnya adalah kronik Dinasti Tang. Artinya kronologi menunjukkan peristiwa-peristiwa yang saling berhubungan sesuai urutan waktunya, sedangkan kronik hanya mencatat peristiwa yang dianggap penulis menarik dan tidak mementingkan hubungan antar peristiwa satu dengan yang lainnya.

Jawaban: C

Kronologi merupakan ilmu yang mempelakari peristiwa-peristiwa sejarah sesuai dengan urutan waktu terjadinya dari awal hingga akhir. Peristiwa sejarah ini disusun dari awal hingga akhir untuk menghindari anakronisme dalam sejarah. Berbeda dengan kronik, kronik adalah catatan peristiwa menurut urutan waktu kejadiannya. Kronik biasanya ditulis oleh para musafir, pendeta maupun pujangga pada masa lalu. Pada umumnya mereka menulis tentang peristiwa atau kejadian yang menarik perhatian dan mengesankan ketika sedang dalam perjalanannya. Contohnya adalah kronik Dinasti Tang. Artinya kronologi menunjukkan peristiwa-peristiwa yang saling berhubungan sesuai urutan waktunya, sedangkan kronik hanya mencatat peristiwa yang dianggap penulis menarik dan tidak mementingkan hubungan antar peristiwa satu dengan yang lainnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

55

Ridho

Makasih ❤️

Uchiha Obito

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan tentang perbedaan diakronik dan sinkronik!

81

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia