Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbedaan suhu udara Kota Bogor dan Jakarta yang disebabkan perbedaan ketinggian dapat dikaji dengan menggunakan konsep …. (1) jarak (2) diferensiasi area (3) lokasi (4) pola keruangan

Perbedaan suhu udara Kota Bogor dan Jakarta yang disebabkan perbedaan ketinggian dapat dikaji dengan menggunakan konsep ….

(1) jarak

(2) diferensiasi area

(3) lokasi

(4) pola keruangan

  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

  2. jika jawaban 1 dan 3 benar

  3. jika jawaban 2 dan 4 benar

  4. jika hanya jawaban 4 yang benar

  5. jika semua jawaban benar

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Konsep dalam ilmu geografi terbagi dalam 10 macam. Soal pada nomor ini membahas empat konsep, yaitu: 1. Jarak : Konsep jarak menyatakan ruang yang terdapat di antara dua objek. Konsep ini menunjukkan jarak antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. 2. Diferensiasi area : Konsep ini terkait dengan karakteristik yang unik dan khas dari suatu wilayah. Hal ini mempertegas bahwa antara satu tempat dengan tempat lain memiliki perbedaan dan kekhasannya sendiri. 3. Lokasi : Konsep lokasi terkait dengan kedudukan suatu objek di permukaan bumi. 4. Pola Keruangan : Konsep pola terkait dengan susunan atau persebaran fenomena pada ruang muka bumi. Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Kasus dalam soal, mengenai Bogor dan Jakarta yang berbeda suhu udaranya yang disebabkan oleh perbedaan ketinggian menunjukkan bahwa ada beberapa konsep yang dapat dikaji di dalamnya. Konsep differensiasi area adalah konsep yang paling jelas tergambarkan dalam soal. Terdapat perbedaan wilayah antara Jakarta dengan Bogor dari sisi kondisi iklim. Konsep lokasi juga tergambarkan dalam soal.Perbedaan ketinggian menunjukkan perbedaan lokasi antara Jakarta dan Bogor. Konsep jarak secara tersirat juga tergambarkan dalam soal. Jarak dari laut yang dekat dengan Jakarta yang berada di dataran rendah menyebabkan suhu di Jakarta lebih tinggi daripada di Bogor. Dilihat dari perbedaan suhu dan ketinggiannya, dapat kita simpulkan bahwa terdapat jarak antara Jakarta dan Bogor. Konsep pola tidak tergambarkan dalam soal, tidak ada yang menjelaskan pola apapun dalam soal. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Konsep dalam ilmu geografi terbagi dalam 10 macam. Soal pada nomor ini membahas empat konsep, yaitu:
1.    Jarak : Konsep jarak menyatakan ruang yang terdapat di antara dua objek. Konsep ini menunjukkan jarak antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya.
2.    Diferensiasi area : Konsep ini terkait dengan karakteristik yang unik dan khas dari suatu wilayah. Hal ini mempertegas bahwa antara satu tempat dengan tempat lain memiliki perbedaan dan kekhasannya sendiri.
3.    Lokasi : Konsep lokasi terkait dengan kedudukan suatu objek di permukaan bumi.
4.    Pola Keruangan : Konsep pola terkait dengan susunan atau persebaran fenomena pada ruang muka bumi. Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial.
Kasus dalam soal, mengenai Bogor dan Jakarta yang berbeda suhu udaranya yang disebabkan oleh perbedaan ketinggian menunjukkan bahwa ada beberapa konsep yang dapat dikaji di dalamnya. Konsep differensiasi area adalah konsep yang paling jelas tergambarkan dalam soal. Terdapat perbedaan wilayah antara Jakarta dengan Bogor dari sisi kondisi iklim. Konsep lokasi juga tergambarkan dalam soal. Perbedaan ketinggian menunjukkan perbedaan lokasi antara Jakarta dan Bogor. Konsep jarak secara tersirat juga tergambarkan dalam soal. Jarak dari laut yang dekat dengan Jakarta yang berada di dataran rendah menyebabkan suhu di Jakarta lebih tinggi daripada di Bogor. Dilihat dari perbedaan suhu dan ketinggiannya, dapat kita simpulkan bahwa terdapat jarak antara Jakarta dan Bogor. Konsep pola tidak tergambarkan dalam soal, tidak ada yang menjelaskan pola apapun dalam soal. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fenomena harga tanah di perkotaan lebih mahal dibandingkan harga tanah di pedesaan dapat dijelaskan dengan konsep diferensiasi wilayah. SEBAB Aksesibilitas dan intensitas penggunaan lahan antar ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia