Roboguru

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ...undefined 

Pembahasan Soal:

Teks di atas merupakan kutipan dari teks laporan observasi. Teks laporan observasi adalah teks yang menyajikan informasi suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis.

Penggunaan bahasa terdiri dari ragam bahasa formal dan ragam bahasa nonformal.

Ragam bahasa formal atau bahasa baku adalah bahasa yang penulisan dan penggunaannya sesuai dengan kaidah kebahasaan. Bahasa formal biasanya digunakan dalam penulisan teks laporan observasi atau karya ilmiah. Sedangkan ragam bahasa nonformal adalah bahasa yang penulisan dan penggunaannya tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Bahasa nonformal biasanya digunakan dalam pembicaraan sehari-hari.

Tidak terdapat perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut, karena kedua teks tersebut merupakan teks laporan observasi yang menggunakan bahasa formal.

Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi adalah data. Kalimat yang terdapat data pada kutipan teks tersebut adalah kalimat ….

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Teks laporan hasil observasi memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut.

  • Penggunaan kalimat definisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi yaitu kalimat kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan.
  • Penggunaan sinonim, yaitu kata-kata yang memiliki persamaan makna.
  • Penggunaan antonim, yaitu kata-kata yang memiliki makna yang berlawanan.
  • Penggunaan konjungsi (kata hubung), yaitu kata-kata yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, misalnya kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat.
  • Penggunaan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur kalimat.
  • Penggunaan kalimat simpleks, yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur kalimat.
  • Penggunaan istilah, yaitu kata-kata yang bersifat keilmuan atau teknis.
  • Penggunaan data atau angka
  • Penggunaan kalimat efektif

Penggunaan data atau angka pada teks laporan hasil observasi bertujuan untuk memberikan detail objek yang akan diobservasi. Kalimat yang terdapat data pada kutipan teks tersebut adalah kalimat kedua berdasarkan kutipan, “Ukuran panjang burung ini antara 20 cm hingga 30 cm dan berat antara 700 gram hingga 900 gram.” Data atau angka yang digunakan pada kalimat tersebut adalah ukuran panjang  dan berat burung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

0

Roboguru

Perbaikan kalimat tersebut yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

    Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Kalimat yang dimaksud bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan. 

Syarat Kalimat Efektif

    Terdapat beberapa syarat agar suatu kalimat bisa disebut sebagai kalimat efektif. Apa saja syaratnya?

A. Kesepadanan Struktur

    Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur, yaitu keseimbangan antara gagasan dengan struktur yang dipakai. Nah, untuk memiliki kesepadanan struktur yang baik, ada poin-poin yang harus dipenuhi, nih!

  1. Memiliki subjek dan predikat yang jelas

  2. Tidak terdapat subjek ganda

  3. Predikat kalimat tidak didahului oleh kata ‘yang’

B. Keparalelan bentuk

C. Kehematan kata

D. Kelogisan bahasa

    Dilihat dari penjelasan mengenai kalimat efektif, kalimat pada soal merupakan kalimat tidak efektif, karena struktur kalimat yang tidak sepadan. Maka kalimat tersebut dapat diubah menjadi:

Korupsi sudah diberantas dengan banyak hal dilakukan, tetapi tidaknya habis-habis.

Kalimat perubahan:

Banyak hal telah dilakukan untuk memberantas korupsi, tetapi kejahatan korupsi tidak ada habisnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut! (1) Pengemis adalah orang yang mengemis. (2) Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata mengemis memiliki dua arti, yaitu ‘meminta-minta sedeka...

Pembahasan Soal:

Kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda, hal, aktivitas, dan lain-lain. Dalam teks laporan hasil observasi, kalimat definisi sering digunakan untuk merujuk pada sebuah istilah teknis atau ilmiah tertentu. Kutipan di atas mengandung satu kalimat definisi, yakni pada kalimat (1).

Kata yang menjadi penanda kalimat definisi pada kalimat (1) adalah kata adalah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut memiliki tiga arti, yaitu 'identik dengan', 'sama maknanya dengan', dan 'termasuk dalam kelompok atau golongan'. Kata adalah dalam kalimat (1) memiliki makna sama maknanya dengan. Kata tersebut digunakan untuk memberikan penjelasan umum tentang suatu hal, yakni pengemis. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Perbaikilah kalimat yang tercetak miring pada kutipan tersebut sehingga menjadi kalimat efektif.

Pembahasan Soal:

    Perbaikan kalimat pada soal tersebut dilihat dari penggunaan kata keterangan. Pada kalimat kedua yang bercetak miring, terdapat kata keterangan "di mana" yang tidak sesuai penggunaannya. Maka dari itu kalimat tersebut dapat diubah sebagai berikut.

Paragraf awal

Diakui Romi, Desa Sungsang IV memang desa nelayan terluas. Di mana luas perairan desa wisata mencapai 188 ribu hektare untuk daratan dan laut. "Seluruh nelayan di daerah Banyuasin ini melaut ke wilayah Sungsang. Mereka juga istirahat di sini," kata Romi. Selain potensi wisata yang menarik dari Desa Wisata Sungsang, ada pula tugas yang harus dituntaskan. Salah satunya soal sampah dan penataan kawasan wisata.

Paragraf perubahan

Diakui Romi, Desa Sungsang IV memang disebut sebagai desa nelayan terluas. Luas desa wisata mencapai 188 ribu hektare yang mencangkup daratan dan laut. "Seluruh nelayan di daerah Banyuasin ini melaut ke wilayah Sungsang. Mereka juga istirahat di sini," kata Romi. Selain potensi wisata yang menarik dari Desa Wisata Sungsang, ada pula tugas yang harus dituntaskan. Salah satunya soal sampah dan penataan kawasan wisata.

Dengan demikian, perbaikan kalimat bercetak miring pada kutipan paragraf tersebut yaitu Luas desa wisata mencapai 188 ribu hektare yang mencangkup daratan dan laut.space 

0

Roboguru

Bacalah teks berikut! Abrasi Pantai     Abrasi merupakan istilah untuk menggambarkan pengikisan daerah pantai yang terjadi karena gelombang dan arus laut destruktif. Pengikisan tersebut menyebabkan...

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi tersebut menjelaskan tentang bahaya abrasi yang jika dibiarkan akan memberi kerusakan di daerah permukiman dan pariwisata pantai, pasang surut laut yang menjadi salah satu faktor penyebab abrasi pantai, fakta abrasi yang dimulai di daerah pinggiran muara sungai pada saat terjadi pasang-surut muka laut, campur tangan manusia yang memperparah kerusakan akibat abrasi, dan membahas kegiatan pemanfaatan daerah pantai menjadi perkebunan dan pertambangan.

Pernyataan pada pilihan jawaban (a), (b), (d), dan (e) telah sesuai. Pilihan jawaban (c) tidak sesuai karena pasang surut air laut adalah salah satu penyebab abrasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved