Roboguru

Perbaikilah penggunaan kalimat pada teks prosedur tersebut sesuai dengan pedoman kebahasaan yang benar!

Pertanyaan

Perbaikilah penggunaan kalimat pada teks prosedur tersebut sesuai dengan pedoman kebahasaan yang benar!undefined

Pembahasan Soal:

Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurut sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Untuk memperbaiki suatu kalimat, maka hal penting yang harus diperhatikan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ( PUEBI) adalah ejaannya atau kebahasaannya. Ejaan itu sendiri diartikan sebagai penggambaran bunyi bahasa (kata, kalimat, dan lain sebagainya) dalam tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

Berikut ini adalah analisis kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat teks prosedur di atas, yaitu:

  1. Pada kalimat pertama dapat diganti dengan "Apabila Anda ingin membuat kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, gunakanlah kompor gas atau minyak." Pada kalimat tersebut, terdapat kaidah kebahasaan yang terdapat pad teks prosedur berupa kalimat imperatif yang ditandai dengan kata 'gunakanlah'. Selain itu, kalimat tersebut juga merupakan kalimat deklaratif yang berisi tentang penggunaan kompor yang tepat.

  2. Pada kalimat kedua, dapat diganti dengan "Penggunaan kompor listrik pada pembuatan kue tidak akan mengubah rasa masakannya atau menjadi hambar." Kata 'memang' dapat dihilangkan dan kata 'berubah' diganti menjadi mengubahKata 'mengubah' lebih menunjukkan verba material dibandingkan kata 'berubah', kemudian kata 'pada' dihilangkan, dan menambahkan kata 'menjadi' sebelum kata 'hambar'.

  3. Pada kalimat ketiga, yaitu "Kompor listrik berbeda dengan kompor-kompor biasa lainnya yang cepat sekali panas" dapat diubah dengan menghilangkan kata ulang kompor untuk menyatakan jamak. Hal ini disebabkan oleh penggunaan kata "lainnya" yang sudah mewakilkan bentuk jamak pada pernyataan tersebut. Selain itu, dapat ditambahkan konjungsi pertentangan "namun" untuk melengkapi pernyataan tersebut.

  4. Untuk memasak kue agar hasilnya bagus, harus menunggu dahulu panasnya merata. Pernyataan pada kalimat keempat tidak efektif karena kalimat  dimulai dengan kata depan "untuk". Seharusnya, perbaikan kata yang tepat, yaitu "Kita harus menunggu kompor panas merata terlebih dahulu ketika memasak kue agar hasilnya bagus."

  5. Besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk bakar harus benar-benar panas lebih dulu. Pernyataan pada kalimat keempat tidak efektif karena terdapat kata tidak baku, seperti "lebih" dan "dulu". Seharusnya, perbaikan kalimat yang tepat, yaitu "Mesin kompor berbentuk besi bulat seperti obat nyamuk bakar harus benar-benar panas terlebih dahulu".

Dengan demikian, berikut ini adalah susunan kalimat yang sudah diperbaiki.

Apabila Anda ingin membuat kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, gunakanlah kompor gas atau minyak. Penggunaan kompor listrik pada pembuatan kue tidak akan mengubah rasa masakannya atau menjadi hambar. Namun, kompor listrik berbeda dengan kompor biasa lainnya yang lebih cepat panas. Kita harus menunggu kompor panas merata terlebih dahulu ketika memasak kue agar hasilnya bagus. Mesin kompor berbentuk besi bulat seperti obat nyamuk bakar harus benar-benar panas terlebih dahulu.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 21 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved