Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel Kain flanel merupakan satu di antara banyak material yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Tekstur bahannya yang lembut dan memiliki berbagai macam warna yang menarik, menjadikan kain flanel sebagai material favorit untuk membuat kerajinan tangan. Salah satunya yaitu tempat pensil dari kain flanel. Alat: - Gunting - Penggaris - Pensil Bahan: -Kain flanel -Lem kain Langkah-langkah: Pertama, siapkan semua alat dan bahan! Kedua, ambil kain flanel! Warna kain flanel yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan keinginan. Setelah itu, ukurlah kain menggunakan penggaris dan pensil sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan untuk membuat tempat pensil! Keempat, gunting kain sesuai pola! Kelima, beri lem pada bagian pinggir kain! Hendaknya lakukan hal ini dengan hati-hati agar lem tidak tercecer. Keenam, rekatkan antara satu sisi dengan sisi yang lain hingga membentuk kotak, tetapi sisakan bagian atas untuk jalan keluar masuknya alat tulis! Ketujuh, tambahkan aksesori jika diinginkan! Terakhir, masukkan alat tulis ke dalam tempat pensil yang sudah jadi! Tempat pensil lucu dari kain flanel pun sudah jadi. Mudah, menyenangkan, dan mengasah kreativitas. Selain bernilai seni, dapat juga dijual kepada teman-teman sehingga memiliki nilai ekonomi. Selamat mencoba! Langkah keempat padateks prosedur di atas dapat dilengkapi dengan menambahkan ….

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

   Kain flanel merupakan satu di antara banyak material yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Tekstur bahannya yang lembut dan memiliki berbagai macam warna yang menarik, menjadikan kain flanel sebagai material favorit untuk membuat kerajinan tangan. Salah satunya yaitu tempat pensil dari kain flanel.

Alat:
- Gunting
- Penggaris
- Pensil

Bahan:
-Kain flanel
-Lem kain

 

Langkah-langkah:

  • Pertama, siapkan semua alat dan bahan!
  • Kedua, ambil kain flanel! Warna kain flanel yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan keinginan.
  • Setelah itu, ukurlah kain menggunakan penggaris dan pensil sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan untuk membuat tempat pensil!
  • Keempat, gunting kain sesuai pola!
  • Kelima, beri lem pada bagian pinggir kain! Hendaknya lakukan hal ini dengan hati-hati agar lem tidak tercecer.
  • Keenam, rekatkan antara satu sisi dengan sisi yang lain hingga membentuk kotak, tetapi sisakan bagian atas untuk jalan keluar masuknya alat tulis!
  • Ketujuh, tambahkan aksesori jika diinginkan!
  • Terakhir, masukkan alat tulis ke dalam tempat pensil yang sudah jadi!
  • Tempat pensil lucu dari kain flanel pun sudah jadi.

Mudah, menyenangkan, dan mengasah kreativitas. Selain bernilai seni, dapat juga dijual kepada teman-teman sehingga memiliki nilai ekonomi. Selamat mencoba!


Langkah keempat pada teks prosedur di atas dapat dilengkapi dengan menambahkan ….

  1. kata selanjutnya sebelum kata gunting

  2. frasa yang telah dibentuk setelah kata pola

  3. tanda titik (.) di akhir kalimat atau setelah tanda seru (!)

  4. tanda seru di akhir kalimat sehingga dalam kalimat terdapat dua tanda seru

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kalimat pada langkah keempat adalah Keempat, gunting kain sesuai pola! Maksud dari kalimat tersebut adalah perintah untuk menggunting kain sesuai pola yang telah dibentuk. Oleh karena itu, kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan menambahkan kata yang telah dibentuk setelah kata pola . Penggunaan kata selanjutnya sebelum kata gunting akan membuat kalimat menjadi tidak efektif. Sebab, dalam kalimat tersebut sudah terdapat kata penghubung yang menunjukkan urutan, yaitu keempat . Penambahan tanda titik (.) maupun tanda seru (!) di akhir kalimat juga tidak diperlukan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Kalimat pada langkah keempat adalah Keempat, gunting kain sesuai pola! Maksud dari kalimat tersebut adalah perintah untuk menggunting kain sesuai pola yang telah dibentuk. Oleh karena itu, kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan menambahkan kata yang telah dibentuk setelah kata pola.

  • Penggunaan kata selanjutnya sebelum kata gunting akan membuat kalimat menjadi tidak efektif. Sebab, dalam kalimat tersebut sudah terdapat kata penghubung yang menunjukkan urutan, yaitu keempat.
  • Penambahan tanda titik (.) maupun tanda seru (!) di akhir kalimat juga tidak diperlukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

 

Latihan Bab

Mengenal Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur

Menganalisis Teks Prosedur

Menyusun Teks Prosedur

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan pembuka teks prosedur berikut! Setiap orang harus menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan. Kita bisa menjaga kebersihan diridengan membiasakan mencuci tangan d...

499

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia