Roboguru

Perbaikilah kesalahan penggunaan huruf kapital pada teks eksplanasi tersebut!

Pertanyaan

Perbaikilah kesalahan penggunaan huruf kapital pada teks eksplanasi tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Penggunaan huruf kapital adalah sebagai berikut.

  1. Huruf kapital (atau huruf besar) dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.
  2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan.
  3. Huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung.
  4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk sebutan dan kata ganti untuk Tuhan.
  5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, atau akademik yang diikuti nama orang, termasuk gelar akademik yang mengikuti nama orang.
  6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, profesi, serta nama jabatan dan kepangkatan yang dipakai sebagai sapaan.
  7. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.
  8. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
  9. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya.
  10. uruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi.

Pada soal di atas, kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada "desa mulupan kecamatan muara bengkal", seharusnya "Desa Mulupan Kecamatan Muara Bengkal" karena merupakan istilah geografis yang diikuti nama tempat/wilayah.

Dengan demikian, perbaikan huruf kapital pada soal di atas adalah sebagai berikut.

Siswa kelas 6 SDN 006 Muara Ancalong tahun pelajaran 2019/2020 melakukan kunjungan ke pengungsian korban kebakaran di Desa Mulupan Kecamatan Muara Bengkal. Kondisi para pengungsi sangat memprihatinkan. Para pengungsi terdiri dari anak-anak, orang dewasa, dan lansia. Banyak Pengungsi menderita kelaparan dan sakit, yang disebabkan persedian makanan, pakaian, dan obat- obatan sangat terbatas. Saat ini, tim relawan masih memberi pertolongan kepada para korban dengan alat seadanya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulislah lima ejaan yang salah pada bacaan tersebut dan tuliskan paragraf baru dengan ejaan yang tepat!

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI Daring, ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

Berikut lima ejaan yang salah pada bacaan tersebut:

  1. Hari batik nasional seharusnya Hari Batik Nasional.
  2. 2 oktober seharusnya 2 Oktober.
  3. Intangible Cultural Heritage (ICH) seharusnya tidak perlu dimiringkan.
  4. ICH UNESCO seharusnya tidak perlu dimiringkan.
  5. indonesia seharusnya Indonesia.

Dengan demikian, berikut paragraf baru dengan ejaan yang tepat:

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi. penetapan itu merupakan ketiga kalinya bagi Indonesia setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk daftar ICH UNESCO.undefined 

Roboguru

Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh: adanya suatu pergerakan lapisan batu bumi. Getaran ini berasal dari dasar permukaan bumi. Ada daerah-daerah tertentu yang sering kali mengalami ...

Pembahasan Soal:

Kalimat pertama dalam paragraf di atas perlu disunting. Sebab, di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, yakni tanda titik dua (:) yang terletak setelah kata oleh. Tanda titik dua (:) digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan, misalnya pada kalimat Mereka memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari. Tanda titik dua (:) tersebut tidak diperlukan dalam kalimat pertama karena kalimat pertama tidak mengandung pemerincian. Dengan demikian, tanda tersebut dapat dihilangkan. Jawaban yang tepat adalah B.

 

Roboguru

Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut! Salah satu kalangan yang terpapar internet secara masif adalah remaja. Hal yang menyebabkan remaja berubah gaya hidupnya yaitu karena rasa ingin tahu yang ...

Pembahasan Soal:

Teks di atas perlu disunting karena di dalamnya terdapat kesalahan penulisan, yaitu pada kata diantaranya. Sesuai pedoman ejaan dalam bahasa Indonesia, kata diantaranya seharusnya ditulis secara terpisah menjadi di antaranya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Kegiatan melakukan peninjauan kembali atau pemeriksaan kembali untuk dilakukan perbaikan disebut ….

Pembahasan Soal:

Menyunting merupakan kegiatan melakukan peninjauan atau pemeriksaan kembali untuk dilakukan perbaikan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

(1). Pantai nusa penida memiliki tata keindahan alam laut yag dapat memancing keindahan wisatawan  yang mendambakan suasana nyaman tenang dari hiruk pikuk kota. (2). Khusus bagi mereka yang hobi menye...

Pembahasan Soal:

Paragraf padu merupakan paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun atau terjalin dengan logis dan serasi. Untuk membentuk suatu paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan yang logis dan disambungkan dengan kalimat lainnya dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung. Kalimat pertama menjelaskan keindahan suasan tenang Pantai Nusa Penida yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Kalimat kedua menjelaskan bahwa Pantai Nusa Penida merupakan aquarium alam bagi yang hobi menyelam. Pada kalimat ketiga menjelaskan bahwa Pantai Nusa Penida cocok untuk beternak penyu. Kalimat ketiga isinya tidak logis dan tidak serasi karena pada kalimat sebelumnya dijelaskan bahwa keindahan Pantai Nusa Penida untuk berwisata bukan untuk beternak penyu. Seharusnya kalimatnya adalah Pantai Nusa Penida merupakan tempat yang tepat bagi yang menyukai wisata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved