Roboguru

Perbaikilah kesalahan ejaan dan tanda baca pada surat undangan tersebut!

Pertanyaan

Perbaikilah kesalahan ejaan dan tanda baca pada surat undangan tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Surat Resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Dalam penulisan surat resmi yang baik dan benar terdapat ketentuan tertentu yang perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia.

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi sehingga penulisan "aula SD Negeri 2 Kedungombo"  tidak tepat. Penulisan yang tepat ialah "Aula SD Negeri 2 Kedungombo". Huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan, sehingga penulisan "ari suryadi, M. Pd." tidak tepat. Penulisan yang tepat ialah "Aris Suryadi, M.Pd."

Dalam penulisan surat, tidak diperkenankan untuk menuliskan kata ganti "-nya" karena kata ganti tersebut ditujukan untuk kata ganti orang ketiga sedangkan penerima surat ialah orang kedua atau orang yang sedang diajak berkomunikasi melalui surat. Jadi penulisan surat yang tepat ialah "Oleh karena itu, kami mohon kehadiran Bapak/Ibu pada:.."

Dengan demikian, kesalahan ejaan dan tanda baca pada surat undangan dapat diperbaiki menjadi "Aula SD Negeri 2 Kedungombo", "Oleh karena itu, kami mohon kehadiran Bapak/Ibu pada:..", dan "Aris Suryadi, M.Pd."space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved