Pertanyaan

Perbaiki kalimat-kalimat berikut ini menjadi kalimat efektif! Ia diperingati oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya.

Perbaiki kalimat-kalimat berikut ini menjadi kalimat efektif!
 

Ia diperingati oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya.space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbaikan kalimat tersebut ialah "Ia diperingatkan oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya ".

perbaikan kalimat tersebut ialah "Ia diperingatkan oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya".

Pembahasan

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda bacanya. Sehingga kalimat tersebut mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya. Selain itu, kalimat efektif juga dapat menyampaikan gagasan-gagasan atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis, atau pembicara padapembaca maupun pendengar. Salah satu faktor yang dijadikan penanda untuk melihat efektivitas suatu kalimat adalah ketersampaian pesan penulis atau pembicara pada pembaca maupun pendengar . Jika pesan yang diterima oleh pembaca atau pendengar sama dengan yang ditulis oleh penulis maupun yang dibicarakan oleh pembicara, maka kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat efektif. Syarat kalimat efektif: Sesuai PUEBI. Logis. Tidak ambigu. Hemat kata. Ketegasan topik. Ciri-ciri kalimat efektif: Kesepadanan Kesejajaran Ketegasan Kecermatan Kehematan Kepaduan Kelogisan Kutipan: Ia diperingati oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya. Kalimat di atas tidak efektif karena penggunaan imbuhan "di-i" padakata "diperingati" tidak tepat, seharusnya digunakan imbuhan "di-kan" yang menandakan makna pasif. Makna "diperingati" pun menimbulkan kerancuan. Dengan demikian, perbaikan kalimat tersebut ialah "Ia diperingatkan oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya ".

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda bacanya. Sehingga kalimat tersebut mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya. Selain itu, kalimat efektif juga dapat menyampaikan gagasan-gagasan atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis, atau pembicara pada pembaca maupun pendengar.

Salah satu faktor yang dijadikan penanda untuk melihat efektivitas suatu kalimat adalah ketersampaian pesan penulis atau pembicara pada pembaca maupun pendengar. Jika pesan yang diterima oleh pembaca atau pendengar sama dengan yang ditulis oleh penulis maupun yang dibicarakan oleh pembicara, maka kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat efektif.

Syarat kalimat efektif:

  1. Sesuai PUEBI.
  2. Logis.
  3. Tidak ambigu.
  4. Hemat kata.
  5. Ketegasan topik.

Ciri-ciri kalimat efektif:

  1. Kesepadanan
  2. Kesejajaran
  3. Ketegasan
  4. Kecermatan
  5. Kehematan
  6. Kepaduan
  7. Kelogisan 

Kutipan:

Ia diperingati oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya.

Kalimat di atas tidak efektif karena penggunaan imbuhan "di-i" pada kata "diperingati" tidak tepat, seharusnya digunakan imbuhan "di-kan" yang menandakan makna pasif. Makna "diperingati" pun menimbulkan kerancuan.

Dengan demikian, perbaikan kalimat tersebut ialah "Ia diperingatkan oleh kepala sekolah agar tidak mengulangi perbuatannya".

177

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat di atas bukan merupakan kalimat efektif. Kalimat berikut yang merupakan perbaikan dari kalimat di atas adalah ...

499

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia