Roboguru

Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah....

Pertanyaan

Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah....space

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Penggunaan ejaan yang benar harus mengikuti aturan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) atau sesuai dengan EYD.

Berikut ini adalah analisis perbaikan kalimat yang bercetak miring pada reks cerita di atas, yaitu:

  • Pada awal kalimat yang berbunyi "Para penduduk semua" terdapat pemborosan kata, tepatnya pada kata "semua" sehingga harus dihilangkan karena di awal kalimat ada kata "Para".
  • Pada akhir kalimat yang berbunyi "masa depan mereka sekalian" terdapat pemborosan kata, tepatnya pada kata "sekalian" sehingga harus dihilangkan karena pada kata sebelumnya ada kata "mereka" yang bermakna sama.


Dengan demikian, perbaikan kalimat yang bercetak miring pada teks cerita di atas adalah "Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka".space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf jenis.....

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut. Isi paragraf tentu memiliki beberapa tujuan. Ada yang menjelaskan, mengundang, berdiskusi, dll. Bergantung pada tujuan konten, paragraf dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Paragraf Narasi. Isi paragraf jenis ini menceritakan sebuah cerita dalam urutan kronologis. Bagi yang sedang menarasikan, setiap kalimat disusun secara runtut sehingga memudahkan pembaca membayangkan peristiwa atau peristiwa yang diceritakan. Karena sifatnya yang “mengungkapkan”, pembaca akan menemukan sudut pandang dalam kalimat-kalimat paragraf. Genre ini umumnya ditemukan dalam cerita pendek, novel, atau prosa gratis lainnya.
  2. Paragraf Eksposisi. Paragraf Eksposisi adalah jenis paragraf yang isinya berupa penjelasan untuk menjelaskan fakta. Karena fakta yang mendasari penulisan ekspositori cenderung bersifat ilmiah. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi rinci kepada pembaca. Ciri khasnya adalah memiliki fakta yang jelas tentang berita atau investigasi dan tidak membingungkan opini penulis. Jenis paragraf ini sering ditemukan di artikel berita.
  3. Paragraf Argumentasi. Paragraf jenis ini bertujuan untuk memberikan pandangan pembacanya tidak hanya menyajikan fakta atau masalah dalam isinya, tetapi juga memberikan pendapat penulisnya. Jadi data dan fakta hanyalah pelengkap opini penulis. Pada paragraf pembahasan jenis ini, Anda akan menemukan kesimpulan dari rangkaian opini penulis dalam rangkaian kalimat. Kesimpulan biasanya diletakkan di akhir paragraf.
  4. Paragraf Persuasi. Mirip dengan paragraf argumentasi, paragraf persuasi pada umumnya menunjukkan pandangan penulis tentang berita atau topik tertentu. Perbedaannya adalah kalimat yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca biasanya mengandung kata-kata panggilan atau seruan, saat muncul dan terlihat. Kata-kata dan gaya bahasa yang semenarik mungkin dipilih untuk meyakinkan pembaca atas ajakan tersebut.
  5. Paragraf Deskripsi. Paragraf jenis ini bertujuan agar pembaca merasakan atau membayangkan apa yang sedang dideskripsikan dengan jelas dan realistis, seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar atau merasakan hal yang dijelaskan. Oleh karena itu, isinya merupakan gambaran lengkap dari suatu objek yang tersusun dalam kalimat.
  6. Paragraf Prosedur. Paragraf ini bertujuan menjelaskan langkah demi langkah cara membuat atau melakukan sesuatu. Paragraf ini banyak menggunakan kalimat saran dan larangan.

Teks di atas menjelaskan cara merawat hewan peliharaan, hal ini sesuai dengan kalimat Pertama, mandikan hewan peliharaan minimal sehari satu kali. Kedua, beri makan setiap pagi dan malam hari. Ketiga, potonglah kuku dan sisirlah bulunya agar selalu tampak bersih dan rapi.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Tentukan gagasan utama paragraf tersebut!

Pembahasan Soal:

Gagasan utama atau disebut juga ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat di dalam kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu gagasan utama.

Kalimat utama sendiri adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama pada suatu paragraf. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ada beberapa cara menemukan gagasan utama dalam paragraf, yaitu:

  • Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  • Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  • Baca tiap kalimatnya.
  • Tandai gagasan utama.
  • Tandai info penting.

Berikut ini adalah analisis kalimat utama dan gagasan utama pada paragraf di atas, yaitu:

  • Kalimat utamanya terdapat pada awal kalimat yang berbunyi "Perbedaan waktu di bumi disebabkan oleh rotasi bumi".
  • Berdasarkan kalimat utama di atas, maka gagasan utamanya adalah "Rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu".


Dengan demikian, gagasan utama paragraf tersebut adalah "Rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu".space

0

Roboguru

Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf....

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah seperangkat atau sekelompok kalimat yang tersusun dari satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Paragraf terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan tujuannya paragraf terbagi menjadi lima, yaitu:

  1. Paragraf Narasi, berisi suatu kejadian dari awal hingga akhir kejadian, berdasarkan urutan waktunya. Paragraf ini sering digunakan sebagai media dalam penulisan karya tulis yang menuntut penggambaran alur cerita tersebut. Struktur paragraf naratif sering ditemukan dalam buku fiksi ataupun buku-buku yang membutuhkan ‘kisah’, sebagai penyokong utama.
  2. Paragraf Eksposisi ,paragraf yang menyajikan kejadian suatu peristiwa yang bertujuan untuk melakukan reteller (pemberitahuan kembali) kepada pihak lain.
  3. Paragraf Argumentasi, Biasanya, paragraf argumentasi dapat kita temui pada artikel opini atau teks lomba-lomba debat. Paragraf argumentasi berisi fakta dan opini yang membahas sebuah gagasan.Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat yang dipaparkan adalah benar adanya dan terbukti nyata.
  4. Paragraf Persuasi, jenis paragraf yang berisi gagasan dan ditujukan untuk membujuk dan mengajak orang untukk melalukan sesuatu yang diharapkan oleh sang penulis. Paragraf ini memuat pernyataan ajakan, anjuran, atau pemberitahuan untuk mengajak pembaca pada tujuan dan maksud dalam wacana penulis.
  5. Paragraf Deskripsi, paragraf yang memaparkan suatu objek secara rinci dan dilengkapi ilustrasi yang membuat pembaca seolah melihat, mendengar, dan mengamati objek yang sedang diceritakan

Teks di atas memaparkan objek berupa SD Melati. Penulis memaparkan SD Melati secara lengkap yang memiliki halaman luas yang rapi dan terawat serta dihiasi pohon dan bunga. Jadi teks di atas termasuk ke dalam jenis paragraf deskripsi.

Jadi, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf deskripsi.space 

0

Roboguru

Kalimat deduktif berada di bagian ....

Pembahasan Soal:

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf. Berikut ini ciri-ciri paragraf deduktif, yaitu:

  1. Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.
  2. Polanya umum-khusus-khusus-khusus.
  3. Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kalimat deduktif termasuk bagian kalimat dari paragraf deduktif yang letak kalimat utamanya berada dibagian awal kalimat atau pada kalimat pertama.


Dengan demikian, kalimat deduktif berada di bagian awal kalimat atau kalimat pertama.space

0

Roboguru

Apa gagasan utama paragraf kedua?

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf atau ide utama sebuah paragraf. Gagasan utama terletak pada kalimat utama.

Cara menemukan gagasan utama:

  1. Bacalah seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir
  3. Baca kalimat demi kalimat sampai menemukan ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf, ide pokok terdapat pada kalimat utama yang terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  4. Tandai kalimat utama paragraf, yaitu kalimat "Ada bermacam-macam reklame"
  5. Tandai info penting dalam tiap paragraf
  6. Jadikan kalimat utama sebagai gagasan utama, sehingga menjadi "Jenis-jenis reklame"

Jadi, gagasan utama paragraf kedua terdapat pada kalimat pertama, yaitu "Jenis-jenis reklame"undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved