Roboguru

Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf jenis.....

Pertanyaan

Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf jenis.....space 

  1. narasispace 

  2. eksposisispace 

  3. prosedurspace 

  4. argumentasispace 

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut. Isi paragraf tentu memiliki beberapa tujuan. Ada yang menjelaskan, mengundang, berdiskusi, dll. Bergantung pada tujuan konten, paragraf dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Paragraf Narasi. Isi paragraf jenis ini menceritakan sebuah cerita dalam urutan kronologis. Bagi yang sedang menarasikan, setiap kalimat disusun secara runtut sehingga memudahkan pembaca membayangkan peristiwa atau peristiwa yang diceritakan. Karena sifatnya yang “mengungkapkan”, pembaca akan menemukan sudut pandang dalam kalimat-kalimat paragraf. Genre ini umumnya ditemukan dalam cerita pendek, novel, atau prosa gratis lainnya.
  2. Paragraf Eksposisi. Paragraf Eksposisi adalah jenis paragraf yang isinya berupa penjelasan untuk menjelaskan fakta. Karena fakta yang mendasari penulisan ekspositori cenderung bersifat ilmiah. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi rinci kepada pembaca. Ciri khasnya adalah memiliki fakta yang jelas tentang berita atau investigasi dan tidak membingungkan opini penulis. Jenis paragraf ini sering ditemukan di artikel berita.
  3. Paragraf Argumentasi. Paragraf jenis ini bertujuan untuk memberikan pandangan pembacanya tidak hanya menyajikan fakta atau masalah dalam isinya, tetapi juga memberikan pendapat penulisnya. Jadi data dan fakta hanyalah pelengkap opini penulis. Pada paragraf pembahasan jenis ini, Anda akan menemukan kesimpulan dari rangkaian opini penulis dalam rangkaian kalimat. Kesimpulan biasanya diletakkan di akhir paragraf.
  4. Paragraf Persuasi. Mirip dengan paragraf argumentasi, paragraf persuasi pada umumnya menunjukkan pandangan penulis tentang berita atau topik tertentu. Perbedaannya adalah kalimat yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca biasanya mengandung kata-kata panggilan atau seruan, saat muncul dan terlihat. Kata-kata dan gaya bahasa yang semenarik mungkin dipilih untuk meyakinkan pembaca atas ajakan tersebut.
  5. Paragraf Deskripsi. Paragraf jenis ini bertujuan agar pembaca merasakan atau membayangkan apa yang sedang dideskripsikan dengan jelas dan realistis, seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar atau merasakan hal yang dijelaskan. Oleh karena itu, isinya merupakan gambaran lengkap dari suatu objek yang tersusun dalam kalimat.
  6. Paragraf Prosedur. Paragraf ini bertujuan menjelaskan langkah demi langkah cara membuat atau melakukan sesuatu. Paragraf ini banyak menggunakan kalimat saran dan larangan.

Teks di atas menjelaskan cara merawat hewan peliharaan, hal ini sesuai dengan kalimat Pertama, mandikan hewan peliharaan minimal sehari satu kali. Kedua, beri makan setiap pagi dan malam hari. Ketiga, potonglah kuku dan sisirlah bulunya agar selalu tampak bersih dan rapi.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved