Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perayaan tahun baru lmlek, dimeriahkanoleh kesenian budaya Jawa. Kedua budayayang berbeda tersebut dapat berpadu dandinikmati bersama oleh seluruh warga ilustrasitersebut menggambarkan adanya ...

Perayaan tahun baru lmlek, dimeriahkan oleh kesenian budaya Jawa. Kedua budaya yang berbeda tersebut dapat berpadu dan dinikmati bersama oleh seluruh warga ilustrasi tersebut menggambarkan adanya ...

  1. amalgamasi 

  2. akulturasi 

  3. asimilasi 

  4. integrasi 

  5. kompromi 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah B. Interaksi sosial asosiatif adalah interaksi atau hubungan timbal balik antar individu atau kelompok yang mengarah pada persatuan. Maksudnya, interaksi ini bersifat positif karena mengarah pada persatuan atau kegiatan-kegiatan yang bersifat baik. Bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif, di antaranya adalah: Gotong Royong, merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk mencapai kepentingan bersama. Gotong royong termasuk jenis kerja sama spontankarena masyarakat melakukan tindakan tersebut secara sukarela, tanpa perintah atau tekanan, dan saling membantu untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Bargaining, merupakan kesepakatan tukar-menukar barang atau jasa antara dua pihak atau lebih dengan mengutamakan prinsip keadilan . Maksud dari prinsip keadilan adalah kedua pihak bisa sama-sama memperoleh keuntungan. Kooptasi , adalah proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik untuk menghindari konflik yang bisa merusak suatu organisasi. Unsur-unsur baru tersebut bisa berupa pergantian pemimpin atau kebijakan yang dilakukan pemimpin tersebut. Koalisi, adalah kerja sama antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama, namun cenderung tidak memiliki keadaanyang stabil karena masing-masing organisasi memiliki struktur yang berbeda. Contoh koalisi adalah ketika dua atau lebih partai saling bergabung untuk memberikan dukungan kepada partai lain untuk maju pada pemilihan presiden. Joint venture adalah kerja sama antara dua perusahaan atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dalam periode waktu tertentu . Kerja sama ini biasanya terjadi antara perusahaan luar negeri (asing) dengan perusahaan dalam negeri. Joint venture termasuk jenis kerja sama kontrak karena dilakukan atas dasar aturan tertentu dan sudah disepakati secara tertulis dalam sebuah kontrak. Asimilasi ,bertujuan untuk meleburkanperbedaan di antara individu atau kelompok, serta menambah persatuan dengan mengutamakan tujuan atau kepentingan bersama. Amalgamasi , merupakan penyatuan dua kelompok yang berbeda melalui proses pernikahan . Seperti pernikahan etnis Jawa dan etnis Sunda. Akulturasi ,bertujuan untuk menciptakan budaya atau tradisi baru sehingga dapat memperkaya budaya atau tradisi yang sudah ada.Contoh akulturasiantara lain pemberian angpau pada saat Hari Raya Idul Fitri dan adanya musik keroncong. Berdasarkan definisi di atas, maka dapat diketahui bahwa pencampuran tradisi Imlek dengan kebudayaan Jawa dapat dikategorikan sebagai bentuk akulturasi yang menciptakan tradisi baru untuk memperkaya tradisi yang sudah ada. Pencampuran ini memungkinkan untuk dilakukan dengan cara yang sama secara terus-menerus hingga melebur dengan kebiasaan dan pemahaman masyarakat. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Jawaban yang benar adalah B.

Interaksi sosial asosiatif adalah interaksi atau hubungan timbal balik antar individu atau kelompok yang mengarah pada persatuan. Maksudnya, interaksi ini bersifat positif karena mengarah pada persatuan atau kegiatan-kegiatan yang bersifat baik. Bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif, di antaranya adalah:

  1. Gotong Royong, merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk mencapai kepentingan bersama. Gotong royong termasuk jenis kerja sama spontan karena masyarakat melakukan tindakan tersebut secara sukarela, tanpa perintah atau tekanan, dan saling membantu untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

  2. Bargaining, merupakan kesepakatan tukar-menukar barang atau jasa antara dua pihak atau lebih dengan mengutamakan prinsip keadilan. Maksud dari prinsip keadilan adalah kedua pihak bisa sama-sama memperoleh keuntungan. 

  3. Kooptasi, adalah proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik untuk menghindari konflik yang bisa merusak suatu organisasi. Unsur-unsur baru tersebut bisa berupa pergantian pemimpin atau kebijakan yang dilakukan pemimpin tersebut.

  4. Koalisi, adalah kerja sama antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama, namun cenderung tidak memiliki keadaan yang stabil karena masing-masing organisasi memiliki struktur yang berbeda. Contoh koalisi adalah ketika dua atau lebih partai saling bergabung untuk memberikan dukungan kepada partai lain untuk maju pada pemilihan presiden.

  5. Joint venture adalah kerja sama antara dua perusahaan atau lebih untuk menjalankan usaha bersama dalam periode waktu tertentu. Kerja sama ini biasanya terjadi antara perusahaan luar negeri (asing) dengan perusahaan dalam negeri. Joint venture termasuk jenis kerja sama kontrak karena dilakukan atas dasar aturan tertentu dan sudah disepakati secara tertulis dalam sebuah kontrak.

  6. Asimilasi, bertujuan untuk meleburkan perbedaan di antara individu atau kelompok, serta menambah persatuan dengan mengutamakan tujuan atau kepentingan bersama.

  7. Amalgamasi, merupakan penyatuan dua kelompok yang berbeda melalui proses pernikahan. Seperti pernikahan etnis Jawa dan etnis Sunda.

  8. Akulturasi, bertujuan untuk menciptakan budaya atau tradisi baru sehingga dapat memperkaya budaya atau tradisi yang sudah ada. Contoh akulturasi antara lain pemberian angpau pada saat Hari Raya Idul Fitri dan adanya musik keroncong.

Berdasarkan definisi di atas, maka dapat diketahui bahwa pencampuran tradisi Imlek dengan kebudayaan Jawa dapat dikategorikan sebagai bentuk akulturasi yang menciptakan tradisi baru untuk memperkaya tradisi yang sudah ada. Pencampuran ini memungkinkan untuk dilakukan dengan cara yang sama secara terus-menerus hingga melebur dengan kebiasaan dan pemahaman masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Hagia Sophia pada awal pembangunannya merupakan bangunan gereja besar yang berada di Turki. Terjadinya perebutan wilayah di daerah gereja ini, telah merubah fu...

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia