Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam proses akulturasi, unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima adalah unsur kebudayaan ...

Dalam proses akulturasi, unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima adalah unsur kebudayaan ...space space 

  1. artefakspace space 

  2. materialspace space 

  3. etnisspace space 

  4. karya manusiaspace space 

  5. nonmaterialspace space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah E. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Poin soal adalah unsur kebudayaan yang sulit diterima masyarakat dalam proses akulturasi. Unsur kebudayaan yang sulit diterima dalam proses akulturasi adalah unsur kebudayaan nonmaterial. Kebudayaan nonmaterial mengacu pada cara berpikir dan sistem kepercayaan dari setiap budaya. Artinya, kebudayaan ini abstrak atau tidak terlihat fisiknya yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya kepercayaan, nilai-nilai, norma, bahasa, dan lain-lain. Kebudayaan nonmaterial sulit diterima dalam proses akulturasi karena ketidakseimbangan dengan kebudayaan material , di mana kebudayaan material mudah mengalami penyesuaian terhadap unsur-unsur kebudayaan baru. Sedangkan, kebudayaan nonmaterial cenderung lambat proses penyesuaiannya karena nilai dan kepercayaan yang sudah tertanam kuat dalam masyarakat. Akibatnya, proses akulturasi mengalami hambatan. Dengan demikian, dalam proses akulturasi, unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima adalah unsur kebudayaan nonmaterial. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah E.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin soal adalah unsur kebudayaan yang sulit diterima masyarakat dalam proses akulturasi.

Unsur kebudayaan yang sulit diterima dalam proses akulturasi adalah unsur kebudayaan nonmaterial. Kebudayaan nonmaterial mengacu pada cara berpikir dan sistem kepercayaan dari setiap budaya. Artinya, kebudayaan ini abstrak atau tidak terlihat fisiknya yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya kepercayaan, nilai-nilai, norma, bahasa, dan lain-lain.

Kebudayaan nonmaterial sulit diterima dalam proses akulturasi karena ketidakseimbangan dengan kebudayaan material, di mana kebudayaan material mudah mengalami penyesuaian terhadap unsur-unsur kebudayaan baru. Sedangkan, kebudayaan nonmaterial cenderung lambat proses penyesuaiannya karena nilai dan kepercayaan yang sudah tertanam kuat dalam masyarakat. Akibatnya, proses akulturasi mengalami hambatan. Dengan demikian, dalam proses akulturasi, unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima adalah unsur kebudayaan nonmaterial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

121

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Setiap kebudayaan asli selalu berinteraksi dengan kebudayaan baru. Interaksi atau hubungan tersebut dapat terwujud dalam bentuk ... Sintesis. Asimilasi. Akulturasi. Enkulturasi.

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia