Roboguru

Perang teluk merupakan sebutan terhadap konflik yang terjadi di kawasan timur tengah, tepatnya di wilayah Asia Barat. Perang teluk dibagi menjadi dua yaitu perang teluk 1 dan perang teluk 2. Sebab khusus meletusnya perang teluk 2 salah satunya yaitu ....

Pertanyaan

Perang teluk merupakan sebutan terhadap konflik yang terjadi di kawasan timur tengah, tepatnya di wilayah Asia Barat. Perang teluk dibagi menjadi dua yaitu perang teluk 1 dan perang teluk 2. Sebab khusus meletusnya perang teluk 2 salah satunya yaitu ....

  1. Dominasi Iran di kawasan teluk yang kemudian menyerang Negara Irak dan Kuwait untuk menguasai Minyak

  2. Munculnya revolusi islam Iran

  3. Kekhawatiran Irak mengenai perubahan pemerintahan Politik Iran

  4. Adanya penyerangan tentara Irak ke Kuwait

  5. Penyerbuan dan penyerangan tentara Irak ke Iran

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II berlangsung dari tahun 1990 - 1991. Perang ini berawal dari upaya invasi dan aneksasi Irak atas Kuwait pada tanggal 2 Agustus 1990.  Perang ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain.

  1. Utang luar negeri Irak yang besar terhadap negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah.
  2. Kekecewaan Saddam Husein (Presiden Irak) terhadap negara-negara Timur Tengah yang dulu pernah beraliansi dengan Irak saat Perang Teluk I, khususnya Uni Emirat Arab dan Kuwait.
  3. Anjloknya harga minyak dunia karena adanya pelanggaran kebijakan OPEC yang dilakukan oleh Kuwait dan Uni Emirat Arab.
  4. Ambisi Saddam Husein untuk menjadi pemimpin dunia Arab.

Dengan demikian, sebab khusus meletusnya Perang Teluk II adalah adanya penyerangan tentara Irak ke Kuwait.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Latar belakang utama lrak melancarkan invasi terhadap Kuwait adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II yang terjadi pada tahun 2 Agustus 1990 hingga 28 Februari 1991 merupakan perang yang terjadi Antara Irak dan Kuwait bersama dengan Arab Saudi. Latar belakang utama Irak melancarkan invasi terhadap Kuwait adalah karena sebelum terjadinya Perang Teluk II, Irak terlibat perang dengan Iran yang menyebabkan kondisi ekonomi Irak  mengalami krisis. Salah satu akibat perang Irak-Iran tersebut adalah ketidak mampuan Irak untuk membayar hutang lebih dari US$ 14 miliar yang telah dipinjam dari Kuwait untuk membiayai Perang Iran-Irak pada tahun 1980-1988.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!   Keinginan untuk berkuasa Kekhawatiran terhadap revolusi Islam Iran Pembatalan perjanjian Algiers oleh Irak Serangan Irak ke Kuwait Masuknya kekuasaan asing ke T...

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II merupakan salah satu konflik dalam peristiwa kontemporer dunia. Perang ini berlangsung dari Agustus 1990 - Februari 1991. Setelah terjadi Perang Teluk I yang diaktori oleh Irak dan Iran dari tahun 1980 - 1988, berlanjut terjadi Perang Teluk II yang diaktori oleh Irak dan Kuwait. Perang ini bermula dari serangan Irak ke Kuwait. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yakni ambisi Saddam Husain sebagai penguasa Arab, Irak mengalami kerusakan infrastruktur akibat Perang Teluk I, anjloknya harga minyak dunia karena ada pelanggaran kebijakan OPEC yang dilakukan oleh Kuwait dan Uni Emirat Arab, serta Saddam Husain menuduh Kuwait mencuri minyak Irak. Selain itu, Perang Teluk ini juga bisa dikatakan sebagai perpanjangan Perang Dingin sebab US (Uni Soviet) dan AS (Amerika Serikat) tiada hentinya menyebarkan ideologinya ke pelosok dunia termasuk ke Timur Tengah.

Dengan demikian, berdasarkan pilihan diatas yang termasuk sebab Perang Teluk II adalah keinginan untuk berkuasa, serangan Irak ke Kuwait, dan masuknya kekuasaan asing ke Timur Tengah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Sebab khusus terjadinya Perang Teluk II adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II merupakan perang antara Irak dengan Kuwait yang berlangsung tahun 1990-1991. Perang Teluk II dilatarbelakangi oleh sebab umum dan sebab khusus. Sebab umum Perang Teluk II yakni ambisi Saddam Husein untuk tampil sebagai orang yang dihormati di negara-negara Arab, Kuwait dituduh Irak mencuri minyak Irak di Padang Rumeila, Irak mengalami kerusakan infrastruktur ekonomi dan membengkaknya utang akibat Perang Teluk I, serta Kuwait menolak tuntutan Saddam untuk membayar ganti rugi dan memberikan daerah Rumailah dan Pulau Bubiyan. Sedangkan sebab khusus Perang Teluk II adalah serangan Irak terhadap Kuwait tanggal 2 Agustus 1990 yang berhasil menduduki wilayah Kuwait dan terjadinya pelanggaran kuota minyak oleh Kuwait, Arab, dan Uni Emirat Arab sehingga produksi melimpah dan harga minyak anjlok.

Oleh karena itu, maka jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Pernyataan yang tidak termasuk alasan Saddam Hussein menginvasi dan menduduki Kuwait adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II adalah  perang yang melibatkan antara Irak dan Kuwait. Irak melakukan serangan terhadap Kuwait dengan menginvasi dan menduduki Kuwait. Serangan Irak terhadap Kuwait disebabkan oleh beberapa alasan seperti:

  • Irak menuduh Kuwait menyedot minyak mentah di ladang minyak Ar Rumaylah yang terletak di sepanjang kedua negara tersebut
  • Irak menuduh Kuwait menyedot minyak mentah di ladang minyak Ar Rumaylah yang terletak di sepanjang perbatasan kedua negara tersebut.
  • Irak menuduh Kuwait dan Arab Saudi menjaga harga minyak tetap rendah.
  • Irak menuntut Kuwait dan Arab Saudi untuk membatalkan hutang Irak untuk membiayai Perang Teluk I.
  • Irak mengeklaim Kuwait sebagai bagian integral dari Republik Irak

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Faktor utama yang memicu pecahnya Perang Teluk II adalah…

Pembahasan Soal:

Perang Teluk II antara Irak dan Kuwait bermula dari terpuruknya kondisi perekonomian Irak yang harus menanggung kerugian sebesar 452,6 miliar USD akibat Perang Teluk I. Padahal pendapatan Irak dari hasil produksi minyak tidak lebih dari 12 miliar USD per tahun. Artinya, Irak membutuhkan waktu sekitar 40 tahun hanya untuk merekonstruksi negaranya yang hancur akibat perang dan melunasi hutang luar negerinya. Untuk mengatasi masalah perekonomian di negaranya, Irak memutuskan menempuh jalan pintas dengan menyerbu Kuwait yang merupakan negara kaya minyak. 
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved