Roboguru

Perang Pasifik yang menjadi bagian dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan peristiwa ....

Pertanyaan

Perang Pasifik yang menjadi bagian dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan peristiwa ....

  1. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina

  2. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea

  3. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina 

  4. penyerangan Jepang atas pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pembahasan Soal:

Perang Asia Pasifik adalah perang yang terjadi antara Sekutu terutama Amerika Serikat dan Jepang yang dimulai dengan penyerangan Jepang secara mendadak terhadap pangkalan laut milik Amerika Serikat di Pearl Harbor, Kepulauan Hawaii, pada tanggal 7 Desember 1941. Latar belakang utama perang Pasifik adalah karena pihak Jepang yang terdesak pasca embargo yang dilakukan Amerika Serikat. Akhir perang ini terjadi pada 15 Agustus 1945 dengan pengumuman resmi Kaisar Hirohito yang menyatakan kekalahan dan penyerahan.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perang Asia Timur Raya ditandai dengan ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1931, Totalitarianisme Jepang yang dikenal dengan militerisme Jepang dan semangat Hakko Ichi-U telah menguasai dan memperluas berbagai negara. Wilayah yang dikuasai Jepang pada masa itu meliputi Cina Timur Laut dan Semenanjung Korea.  Mendengar berita mengenai perluasan kekuasaan oleh Jepang, bangsa negara Barat pada masa itu mulai mengkritik aksi Jepang tersebut. Tetapi Jepang bersikeras hingga akhirnya negara Barat berupaya untuk mengembargo Jepang. Embargo ini bertujuan untuk menghentikan agresi militer Jepang, namun hal tersebut ditolak mentah-mentah oleh Jepang. Negara Jepang akhirnya memilih dengan menjalankan rencananya untuk menyerang Pearl Harbour sebagai aksi pencegahan terganggunya posisi Jepang di Asia Timur.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Perang Dunia II Asia Timur Raya (Perang Pasifik) diawali dengan peristiwa....

Pembahasan Soal:

Perang Dunia di Asia Pasifik disebabkan oleh adanya peristiwa Perang Pasifik. Perang Pasifik atau yang dikenal dengan nama Perang Asia Timur Raya merupakan bagian dari Perang Dunia II yang berlangsung di Samudera Pasifik dan sekitarnya. Perang ini melibatkan pihak Sekutu Amerika Serikat melawan pihak poros Jepang. Awal mula perang ini berlangsung pada tanggal 7 September 1941. Hal ini ditandai saat Jepang menyerang pelabuhan militer Amerika Serikat di Pearl Harbor, Kepulauan Hawaii. Serangan ini adalah serangan dadakan yang dilakukan Jepang kepada Amerika. Salah satu tujuan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah untuk menghancurkan tiga kapal induk Amerika yang diletakan di Laut Pasifik, tapi kapal induk tersebut tidak ada ketika serangan terjadi. Serangan ini membuat Amerika merasa dikhianati oleh Jepang. Pada saat yang sama, pasukan Jepang menyerang Fillipina yang dikuasai oleh Amerika Serikat, serta Malaya, Singapura dan Hongkong yang dikuasai oleh Britania Raya. Serangan-serangan ini menyebabkan AS dan Britania Raya menyatakan perang terhadap Jepang pada hari berikutnya. Akhirnya, Presiden F.D Roosevelt menandatangani deklarasi perang terhadap Jepang pada hari berikutnya setelah terjadinya serangan. Dengan demikian, Perang Dunia II Asia Timur Raya (Perang Pasifik) diawali dengan peristiwa pemboman Pearl Harbour oleh Jepang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Roboguru

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II ditandai dengan ...

Pembahasan Soal:

Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik disebabkan oleh serangan Jepang ke Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, Jepang dengan mudah menghancurkan armada Amerika Serikat di Hawaii. Penyerangan tersebut membuat pihak Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman memiliki pengertian ...

Pembahasan Soal:

Nasionalisme Jerman menjelang Perang Dunia II menunjukkan gejala yang berbeda dengan nasionalisme di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Nasionalisme bangsa Jerman khususnya ketika Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler bercorak Chauvinistis. Chauvinistis adalah sikap kebangsaan yang sempit dan sombong (congkak) dengan semboyan Jerman Uber Ales atau Jerman sebagai bangsa yang paling unggul dan terhormat di dunia karena berasal dari ras Aria.

Denga demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, setelah serangkaian kekalahan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II yang diikuti oleh pemboman Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945, pemerintahan Jepang melihat bahwa mereka tidak bisa lagi menghindari kekalahan dari pasukan Sekutu. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat. Menyerahnya Jepang ini menyebabkan “”vacuum of power”atau kekosongan ekkuasaan, sebab meski Jepang menyerah kepada Sekutu, pasukan Sekutu sendiri belum ada di sebagian besar wilayah Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Berita menyerahnya Jepang ini disensor oleh radio dan kantor berita Jepang di Indonesia, namun, radio-radio negara Sekutu masih dapat didengarkan, dan berita ini akhirnya sampai ke para pejuang kemerdekaan. Sutan Syahrir, yang mendengar berita ini mengambil kesimpulan bahwa Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaanya segera. Menurut rencana, proklamasi akan dilakukan pada tanggal 24 September 1945, sesuai dengan keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dibentuk oleh Jepang. Namun, Sutan Sjahrir berpendapat bahwa proklamasi harus dilakukan segera, agar keosongan kekuasaan tidak berlangsung lama, dan agar tidak dianggap hadiah dari Jepang, karena PPKI adalah badan bentukan Jepang. Sutan Sjahrir meminta agar Sukarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan.  Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini.Akhirnya, para pemuda membawa Sukarno dan hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Akhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi.Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved