Roboguru

Perang Dunia I berlangsung selama kurang lebih empat tahun. Meskipun demikian, Perang Dunia I telah memengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Salah satu pengaruh Perang Dunia I, yaitu ....

Pertanyaan

Perang Dunia I berlangsung selama kurang lebih empat tahun. Meskipun demikian, Perang Dunia I telah memengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Salah satu pengaruh Perang Dunia I, yaitu ....

  1. Berkembangnya paham ultranasionalisme

  2. Munculnya sistem aliansi politik

  3. Berakhirnya rezim otoriter

  4. Pecahnya Perang Dunia II

  5. Lahirnya kaum militer 

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I merupakan peristiwa besar yang membangkitkan rasa cinta tanah air bagi bangsa-bangsa yang terlibat perang. Mereka rela terlibat perang demi membela kehormatan bangsa dan negaranya. Dengan kata lain, peristiwa Perang Dunia I ini menumbuhkan rasa nasionalisme negara-negara yang terlibat. Salah satunya adalah Jerman. Jerman merupakan negara yang kalah dalam Perang Dunia I, yang kemudian bangkit untuk menyelesaikan kekacauan politik maupun ekonomi. Jerman kemudian berhasil tampil kembali di bawah kepemimpinan Nazi yang memiliki semangat ultranasionalisme. Semangat ultranasionalisme merupakan semangat mencintai negaranya secara berlebihan sehingga memandang bangsanya menjadi bangsa yang superior daripada bangsa lainnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Maryam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja dampak Perang Dunia I terhadap Indonesia?

Pembahasan Soal:

Dampak dari Perang Dunia I juga dirasakan oleh bangsa Indonesia, tepatnya dalam bidang ekonomi bangsa Indonesia juga merasakan krisis Malaise yang merupakan krisis ekonomi dunia yang memuncak pada tahun 1929 sebagai dampak dari Perang Dunia I (1914-1918). Hancurnya tatanan ekonomi dunia berdampak langsung terhadap Indonesia, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun politik. Krisis ini menyebabkan penderitaan yang besar bagi masyarakat Indonesia kerena menyebabkan berbagai harga barang menjadi naik. Selain itu dibeberapa wilayah terdapat penjatahan beras diberbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Selain itu di bidang politik, mulai menyebarnya paham demokrasi dan nasionalisme sebagai dampak kemenangan negara dengan paham tersebut.

Dengan demikian, dampak Perang Dunia I bagi kehidupan masyarakat Indonesia adalah adanya krisis Malaise pada tahun 1929 yang membuat harga barang-barang menjadi naik dan juga berkembangnya paham demokrasi dan nasionalisme di Indonesia.

0

Roboguru

Perhatikan data dibawah ini !   Runtuhnya empat kaisar besar Kemunduran dalam segala bidang Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa Berkembangnya paham komunisme dan fasisme Dimulainya era Perang D...

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I meninggalkan dampak besar bagi dunia dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang politik, 4 kekaisaran terbesar di Eropa, yaitu Austria-Hongaria, Jerman, Rusia dan Turki, mengalami kehancuran dan berubah menjadi negara Republik. Kemudian munculnya ideologi fasisme di Italia, dan Jerman (Nazi), serta Komunis di Rusia. Dalam aspek sosial dan ekonomi, dunia juga mengalami kemunduran akibat banyaknya korban jiwa dalam Perang Dunia I serta krisis ekonomi yang menyertainya pada 1929.

Agar tidak terjadi konflik berskala besar seperti sebelumnya, akhirnya disepakati dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang diprakarsai oleh Woodrow Wilson, Presiden Amerika Serikat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sebut dan jelaskan dampak setelah adanya perang dunia 1 dan perang dunia 2 terhadap kehidupan diberbagai aspek baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya!

Pembahasan Soal:

Konflik skala internasional yang pernah terjadi di dunia ialah Perang Dunia I (1914-1918) Perang Dunia II (1939-1945). Kedua perang ini meninggalkan begitu banyak kerugian dan tentunya duka mendalam. Berikut dampak dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II dalam berbagai aspek kehidupan, antara lain:

A. Perang Dunia I

  1. Bidang Politik : Munculnya negara-negara baru dan berkembangnya paham Komunisme dan Fasisme.
  2. Bidang Ekonomi : Terjadi krisis ekonomi Malaise pada 1929 yang melanda dunia dan hutang yang menumpuk akibat biaya perang.
  3. Bidang Sosial : Terjadi gerakan genosida di Armenia dan timbulnya korban meninggal sekitar 50 juta jiwa.
  4. Bidang Budaya : Berkembangnya seni, sastra, filsafat dan musik. 

B. Perang Dunia II

  1. Bidang Politik : Munculnya negara-negara superpower yaitu Amerika Serikat  dan Uni Soviet serta terjadinya gelombang kemerdekaan salah satunya di Indonesia. 
  2. Bidang Ekonomi : Amerika Serikat muncul sebagai negara kreditur salah satunya bagi Jerman dan berkembangnya sistem ekonomi liberal, komando dan campuran.
  3. Bidang Sosial : Banyaknya korban perang sehingga mendorong masyarakat dunia membentuk United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA).
  4. Bidang Budaya : Ilmu pengetahuan berkembang pesat, menghasilkan teknologi yang lebih maju.

Dengan demikian dampak setelah adanya Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan dunia secara umum menimbulkan tatanan baru terutama mengenai politik dunia kemudian perang juga banyak menimbulkan kerugian yang besar dalam bidang ekonomi, kekacauan serta kemiskinan terjadi. Dalam kehidupan sosial masyarakat munculnya kesadaran akan perdamaian dan pemulihan keadaan akibat perang. Namun tidak semuanya berdampak negatif, adapun dalam bidang budaya kemajuan-kemajuan yang dialami dunia juga banyak, contohnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan budaya pasca perang. 

0

Roboguru

Pengaruh Perang Dunia 1 terhadap dunia adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I adalah perang yang awalnya melibatkan negara-negara besar di Eropa yakni Triple Alliance dan Triple Entente yang diawali konflik antara Austria Hongaria dan Serbia. Perang ini dimenangkan oleh kubu Triple Entente dan memberikan dampak yang cukup besar bagi negara-negara di dunia salah satunya, dimulai dari dampak dalam bidang ekonomi hingga politik. Berikut ini dampak Perang Dunia I dalam bidang politik.

  1. Jerman, Austria dan Turki menjadi negara republik dan kekuasaan wilayahnya semakin menyempit.
  2. Munculnya negara-negara baru seperti Polandia, Cekoslovakia, Yugoslavia, Hongaria, Irak, Iran, Yordania, Mesir, Arab Saudi dan Suriah.
  3. Munculnya ideologi baru seperti Fasisme di Italia, Komunisme di Rusia, Militerisme di Jepang, Nazisme di Jerman serta Nasionalisme di Turki.
  4. Dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (1919) untuk mewujudkan perdamaian antar bangsa dan negara.
    undefined

Adapun dampak ekonomi yang muncul akibat Perang Dunia I adalah sebagai berikut.

  1. Hancurnya sarana fisik dan non fisik yang membutuhkan banyak biaya untuk perbaikan atau pembangunan kembali.
  2. Rusaknya daerah pertanian dan peternakan yang menyebabkan kelangkaan bahan makanan.
  3. Hancurnya pusat-pusat industri di Eropa yang berpengaruh pada stagnansi ekonomi.
  4. Terjadinya krisis malaise pada 1929, atau depresi ekonomi yang dialami oleh banyak negara di dunia pasca Perang Dunia I.
     

Dengan demikian Perang Dunia I yang berlangsung selama 5 tahun (1914-1918) memberikan dampak yang luas, dari mulai bidang politik hingga ekonomi.

0

Roboguru

Dibawah ini yang merupakan dampak Perang Dunia II adalah.... berdirinya LBB ditandatanganinya perjanjian Versailles runtuhnya bentuk negara kekaisaran (Rusia, Austria, dan Turki) ditandatanganin...

Pembahasan Soal:

Pendirian LBB, Perjanjian Versailles, dan berakhirnya negara kekaisaran seperti Rusia, Austria dan Turki merupakan dampak Perang Dunia I. Adapun dampak dari Perang Dunia II adalah ditandatanganinya Perjanjian Postdam pada tanggal 2 Agustus 1945. Perjanjian ini merupakan perjanjian yang dilaksanakan antara pihak Sekutu dengan Jerman. Perjanjian ini ditandatangani oleh Harry Truman (Amerika Serikat), Joseph Stalin (Uni Soviet), dan Clement Attlee (Inggris). Beberapa isi Perjanjian Postdam antara lain:

  • Jerman dipecah menjadi dua wilayah, yaitu Jerman Timur yang dikuasai Uni Soviet, sedangkan Jerman Barat yang dikuasai Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis
  • Kota Danzig dikembalikan pada Polandia
  • demililiterisasi bagi Jerman
  • Jerman harus membayar ganti rugi akibat perang

Kata kunci: Dampak Perang Dunia II

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved