Pertanyaan

Penyelarasansistem perencanaan pembangunan yang bersifat top-down dan bottom-up dilakukan melalui kegiatan ....

Penyelarasan sistem perencanaan pembangunan yang bersifat top-down dan bottom-up dilakukan melalui kegiatan ....

  1. musrenbang

  2. privatisasi lahan

  3. sentralisasi wilayah

  4. rapat paripurna DPR

  5. rapat proker kementerian

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Perencanaan pembangunan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pembangunan dari atas ke bawah ( top-down ) atau pembangunan dari bawah ke atas ( bottom-up ). Pembangunan bersifat top-bottom adalah pembangunan yang proses perencanaannya dilaksanakan oleh pihak atas/yang berwenang (pemerintah) saja, sedangkan masyarakat hanya bertindak sebagai pelaksana. Sementara itu, pembangunan bottom-up adalah pembangunan yang didasarkan pada permasalahan atau kebutuhan pada masyarakat. Kedua jenis pembangunan ini harus seimbang satu sama lain agar proses pembangunan dapat berjalan dengan baik. Penyelarasan kedua jenis perencanaan pembangunan ini dapat dilakukan melalui kegiatan musrenbang. Kegiatan ini merupakan musyawarah perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh pelaku pembangunan, seperti pemerintah, masyarakat, dan swasta. Proses perencanaan hingga teknis pembangunan akan dirumuskan secara bersama-sama oleh pelaku pembangunan. Jawaban yang tepat adalah A.

Perencanaan pembangunan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pembangunan dari atas ke bawah (top-down) atau pembangunan dari bawah ke atas (bottom-up). Pembangunan bersifat top-bottom adalah pembangunan yang proses perencanaannya dilaksanakan oleh pihak atas/yang berwenang (pemerintah) saja, sedangkan masyarakat hanya bertindak sebagai pelaksana. Sementara itu, pembangunan bottom-up adalah pembangunan yang didasarkan pada permasalahan atau kebutuhan pada masyarakat. Kedua jenis pembangunan ini harus seimbang satu sama lain agar proses pembangunan dapat berjalan dengan baik. Penyelarasan kedua jenis perencanaan pembangunan ini dapat dilakukan melalui kegiatan musrenbang. Kegiatan ini merupakan musyawarah perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh pelaku pembangunan, seperti pemerintah, masyarakat, dan swasta. Proses perencanaan hingga teknis pembangunan akan dirumuskan secara bersama-sama oleh pelaku pembangunan. Jawaban yang tepat adalah A.

172

Iklan

Pertanyaan serupa

Kawasan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar tidak memiliki atau terbatas dalammengakses fasilitas pembangunan, seperti infratruktur, pemberdayaan potensi, pelayanan sosial, ekonomi, dan pendidika...

208

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia