Roboguru

Penyebab konflik pada kutipan teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Penyebab konflik pada kutipan teks tersebut adalah ...undefined 

  1. Kancil ingin memakan mentimun dari ladang di seberang sungai.undefined 

  2. Kancil ingin bermain-main dengan Buaya karena merasa kesepian.undefined 

  3. Buaya ingin berjemur di bawah sinar matahari.undefined 

  4. Kancil menipu Buaya agar bisa menyeberangi sungai.undefined 

Pembahasan Soal:

Teks tersebut menceritakan Kancil yang sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Lantas, ia merasa lapar dan membayangkan betapa nikmatnya memakan mentimun dari ladang di seberang sungai, tapi ia tidak tahu bagaimana caranya menyeberangi sungai. Lalu ia mendapat ide untuk memanggil para buaya dengan mengatakan bahwa ia punya makanan untuk dibagikan. Mendengar itu, Buaya segera berjajar dari tepi sungai satu ke tepi sungai lainnya sehingga membentuk seperti jembatan. Sampailah Kancil ke seberang sungai dengan melompati punggung Buaya satu ke Buaya lainnya. Kancil tertawa dan berterima kasih atas jembatan yang dibuat oleh para Buaya. Para Buaya mengeram dan mengatakan akan memakan si Kancil apabila mereka bertemu kembali. 

Konflik adalah bagian masalah dalam cerita. Konflik dalam cerita tersebut adalah ketika Kancil berbohong akan membagikan makanan pada buaya sehingga buaya mulai berjejer dan Kancil berhitung sambil melompati punggung Buaya sampai di seberang sungai tanpa membagikan makanan seperti katanya. Akibatnya, buaya marah dan mengeram. Buaya hendak memakan Kancil apabila mereka bertemu kembali.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa akibat dari konflik adalah buaya marah dan hendak memakan Kancil jika bertemu kembali. Oleh karena itu, bisa kita simpulkan penyebab dari marahnya buaya adalah karena Kancil menipu buaya untuk sampai di seberang sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab konflik pada kutipan teks 2 adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks 2 menceritakan Yosaku yang cemas dengan kondisi istrinya yang makin lemah dan kurus setiap habis menenun. Ternyata, saat ia melihat, ia mendapati seekor Bangau sedang mencabuti bulunya untuk ditenun menjadi kain. Bangau itu ternyata adalah istrinya, Otsuru. Pada akhirnya, Yosaku tahu bahwa selama ini istrinya adalah seekor Bangau.

Konflik terjadi saat Yosaku mendapati istrinya adalah seekor Bangau yang sedang menenun. Yosaku bisa mengetahui itu karena selama ini ia cemas melihat keadaan istrinya yang semakin lemah dan ia berkeinginan melihat ke dalam ruangan tenun. Sehingga, penyebab konflik adalah Yosaku cemas dengan keadaan istrinya yang semakin lemah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung nuri yang cantik. la memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Namun, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung pipit, walaupun tid...

Pembahasan Soal:

Konflik atau masalah yang terjadi di dalam cerita ialah tokoh burung nuri yang selalu menyendiri dan tidak memiliki teman karena kesombongannya yang memiliki bulu yang cantik dan suara yang merdu. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagian tersebut merupakan struktur bagian...

Pembahasan Soal:

Kutipan tersebut merupakan fabel. Fabel adalah cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel termasuk jenis cerita fiksi, bukan tentang kehidupan nyata. Cerita fabel sering disebut cerita moral karena pesan yang ada dalam cerita fabel berkaitan erat dengan moral.

Salah satu struktur dalam cerita fabel adalah orientasi Orientasi adalah bagian permulaan pada sebuah cerita fabel yang berisikan pengenalan cerita fabel tersebut seperti, pengenalan tokoh, pengenalan latar tempat dan waktu, pengenalan latar belakang atau tema, dan lain sebagainya.

Siang hari itu (pengenalan latar waktu) suasana di hutan (pengenalan latar tempat) sangat terik. Tempat tinggal si kancil, gajah, dan lainnya (pengenalan tokoh) seakan terbakar. Kancil kehausan. ia berjalan jalan mencari air.

Maka, bagian tersebut merupakan struktur bagian orientasi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Penggalan teks fabel diatas merupakan bagian ....

Pembahasan Soal:

Struktur teks fabel terdiri dari  orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Agar lebih memahami struktur teks fabel, berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Orientasi: Adalah bagian awal dari suatu cerita. Orientasi terdiri dari pengenalan tokoh, latar tempat, latar waktu, dan deskripsi awal mula konflik.
  2. Komplikasi: Adalah konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Komplikasi biasanya dimulai dari munculnya masalah sehingga masalah tersebut mencapai komplikasi atau klimaks. Dalam teks fabel, biasanya konflik muncul dari kepribadian tokoh.
  3. Resolusi: Adalah penyelesaian dari konflik atau permasalahan yang sebelumnya terjadi di bagian komplikasi.
  4. Koda: Adalah nilai moral yang diungkapkan pengarang dalam cerita, atau perubahan sikap yang diharapkan pada akhir cerita.

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur penggalan teks fabel di atas adalah bagian resolusi. Penggalan di atas berisi penyelesaian dari konflik, hal ini dibuktikan dengan kalimat akhirnya emak kelinci memeluk Hayhay anaknya. Emak kelinci telah memaafkan Kesalahan Hayhay.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Akibat konflik yang terjadi pada kutipan teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks fabel memiliki struktur teks orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Pada bagian resolusi, berisi pemecahan masalah dan sejumlah akibat dari konflik yang telah disampaikan pada bagian komplikasi. Pada kutipan teks tersebut, konflik yang telah terjadi mengakibatkan kelelawar kembali bergabung dengan kelompok Burung yang menang.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.undefined 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved