Pertanyaan

Cermati kutipan fabel berikut.


    Di sebuah desa terpencil, hiduplah seekor kodok yang bernama Kodok Keputusasaan. Kodok Keputusasaan selalu mengeluh dan menyerah pada setiap usaha yang dilakukan. Semenjak kejadian 2 tahun lalu, Kodok Keputusasaan benar-benar selalu menjadi kodok yang wajahnya tampak seperti bunga yang layu

    Dua tahun yang lalu, diadakan sebuah lomba lompat tinggi di desa. Kodok Keputusasaan berniat mengikutinya. Kodok Keputusasaan ingin sekali menang, ia berlatih dengan giat. Pada hari yang ditunggu-tunggu, Kodok Keputusasaan telah siap. Ia melompat sekuat tenaga, ia sangat yakin bahwa ia yang akan menjadi pemenangnya. Namun, Kodok Keputusasaan kalah oleh seekor Kutu. Kodok Keputusasaan sangat kecewa dan sedih. Semenjak hari itu, ia benar-benar menjadi kodok yang selalu putus asa.undefined 

Penyebab konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ....

Penyebab konflik pada kutipan fabel tersebut adalah .... 

  1. Nama "Keputusasaan" yang dimiliki oleh kodok.undefined 

  2. Kesedihan dan kekecewaan Kodok Keputusasaan.undefined 

  3. Kekalahan Kodok Keputusasaan dalam perlombaan loncat tinggi di desa.undefined 

  4. Kodok Keputusasaan kurang giat dalam berlatih menjelang perlombaan lompat tinggi.undefined 

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Pembahasan

Fabel adalah salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utama.Konflikpadaceritafabelmuncul saat tokoh-tokohnya menemui masalah pada cerita. Konflik ini terdapat dalam bagian komplikasi. Fabel di atas menceritakan seekor Kodok bernama Kodok Keputusasaan yangselalu mengeluh dan menyerah padasetiap usaha yang dilakukan. Saat adasebuahlomba lompat tinggi di desa dua tahun lalu, ia kalah oleh seekor Kutu.Semenjak hariitu, ia benar-benar menjadi kodok yang selalu putus asa. Konflik atau masalah yang terjadi terdapat pada saat dia berjuang dan berlatih giat untuk menang dari perlombaan lompat tinggi itu, tetapi akhirnya dia kalah olehseekor Kutu.Sehingga, menjadikannya sebagai kodok yang selalu putus asa. Jadi, jawaban yang tepat dari penyebab konflik adalah kekalahan Kodok Keputusasaan dalam perlombaan loncat tinggi di desa. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Fabel adalah salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utama. Konflik pada cerita fabel muncul saat tokoh-tokohnya menemui masalah pada cerita. Konflik ini terdapat dalam bagian komplikasi. Fabel di atas menceritakan seekor Kodok bernama Kodok Keputusasaan yang selalu mengeluh dan menyerah pada setiap usaha yang dilakukan. Saat ada sebuah lomba lompat tinggi di desa dua tahun lalu, ia kalah oleh seekor Kutu. Semenjak hari itu, ia benar-benar menjadi kodok yang selalu putus asa.

Konflik atau masalah yang terjadi terdapat pada saat dia berjuang dan berlatih giat untuk menang dari perlombaan lompat tinggi itu, tetapi akhirnya dia kalah oleh seekor Kutu. Sehingga, menjadikannya sebagai kodok yang selalu putus asa. Jadi, jawaban yang tepat dari penyebab konflik adalah kekalahan Kodok Keputusasaan dalam perlombaan loncat tinggi di desa.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

1rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan cerita di atas, jelaskan pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut!

103

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia