Roboguru

Penguins live in the Antarctic. They cannot fly, but they ____ well.

Pertanyaan

Penguins live in the Antarctic. They cannot fly, but they ____ well.

  1. swim

  2. swam

  3. swims

  4. swimming

Pembahasan Soal:

Soal di atas meminta kita menentukan bentuk kata kerja swim yang paling tepat mengisi bagian rumpang.

Kalimat soal di atas dapat diterjemahkan menjadi "Penguin hidup di Antartika. Mereka tidak bisa terbang, tetapi mereka ____ dengan baik." Pernyataan tersebut bersifat informasi faktual sehingga perlu ditulis dalam Simple Present Tense. Formula penulisan kalimat positif Simple Present Tense adalah Subject + verb-s/es + object. Penambahan akhiran -s/-es pada kata kerja diberikan apabila subjek kalimat adalah orang ketiga tunggal (he, she, it). Oleh karena subjek pada kalimat soal di atas adalah they, kata kerjanya harus berbentuk verb 1, yaitu swim.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mulyandini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fill in the blank space with one of the words in brackets! They absolutely ____ punk music. (love/loves)

Pembahasan Soal:

Instruksi soal di atas meminta kita mengisi bagian rumpang dengan salah satu kata di dalam kurung. Akhiran -s pada kata kerja di antara pilihan jawaban menunjukan bahwa kalimat tersebut menggunakan Simple Present Tense.

Bentuk kalimat di atas adalah kalimat positif. Formula kalimat positif Simple Present Tense adalah S + Verb (-s/es) + O. Penambahan akhiran -s/es hanya berlaku untuk subjek orang ketiga tunggal (he, she, it). Sebab subjek kalimat di atas adalah "they" yang merupakan subjek orang ketiga jamak, bagian rumpang harus diisi dengan kata kerja "love". Kalimat tersebut bila dilengkapi menjadi "They absolutely love punk music."

Jadi, jawaban yang tepat adalah "love".
 

Roboguru

Arrange these words into good sentences! President - A - leads - republic - a

Pembahasan Soal:

Instruksi soal di atas meminta kita menyusun kata-kata yang ditulis acak menjadi sebuah kalimat yang berterima. Untuk membentuk kalimat yang sempurna perlu diketahui terlebih dulu subjek dan predikat kalimat.

Penulisan huruf kapital A pada kata “A” kita asumsikan sebagai penanda bahwa kata tersebut harus ditulis di awal kalimat. Dengan demikian, diketahui subjek kalimat tersebut adalah “a president” dan predikatnya adalah “leads”. Kata-kata di atas dapat disusun menjadi kalimat “A president leads a republic” (Seorang presiden memimpin sebuah negara republik).

Jadi, jawaban yang benar adalah “A president leads a republic”.

Roboguru

Fill in the blanks with the correct form of Simple Present Tense! Then, read it loudly! The weather ____ (get) very cold in Helsinki, Finland in the winter.

Pembahasan Soal:

Perintah soal di atas meminta kita mengisi bagian rumpang dengan bentuk kata get yang membentuk kalimat Simple Present Tense. Kalimat soal "The weather ____ (get) very cold in Helsinki, Finland in the winter" berarti "Cuaca menjadi sangat dingin di Helsinki, Finland pada musim dingin"

Formula yang digunakan untuk membuat kalimat positif Simple Present Tense adalah Subject + V1-s/es + Object. Penambahan akhiran s/es hanya berlaku pada subjek orang ketiga tunggal (heshe, dan it). Subjek pada kalimat di atas adalah the weather (orang ketiga tunggal) sehingga kata kerja get perlu ditulis menjadi gets dan kalimatnya menjadi "The weather gets very cold in Helsinki, Finland in the winter".

Jadi jawaban yang benad adalah gets.

Roboguru

Arrange the jumbled words to make a good sentence!   legs - A - dog - four - has

Pembahasan Soal:

Kita diminta untuk menyusun kata-kata acak yang tertera pada soal untuk membentuk kalimat yang tepat.

Untuk membuat kalimat yang tepat, baik dari segi pola kalimat maupun konteksnya. Kalimat tersebut merupakan contoh kalimat positif Simple Present Tense, karena menggunakan kata kerja bentuk pertama (V1), yaitu "has" yang berarti "memiliki". Pola kalimat positif untuk Simple Present Tense adalah S+V1+O. Lalu, kata-kata acak pada soal hanya perlu disusun sesuai dengan pola tersebut. Pada soal, S adalah A dog, V1 adalah has, dan O adalah four legs. Kalimatnya menjadi A dog has four legs, yang berarti “anjing memiliki empat kaki”.undefined 

Jadi, jawabannya adalah A dog has four legs.

Roboguru

She ____ her dog everyday

Pembahasan Soal:

Soal di atas meminta kita menentukan bentuk verb feed (memberi makan) yang tepat untuk melengkapi kalimat.

Kalimat soal "She ____ her dog everyday" berarti "Ia ____ anjingnya setiap hari". Penggunaan adverb everyday menunjukkan bahwa kalimat tersebut menggunakan Simple Present Tense. Tense ini biasanya digunakan untuk menyebutkan sebuah kebiasaan atau informasi faktual.

Formula penulisan kalimat positif Simple Present Tense adalah Subject + verb 1(-s/-es) + object. Penambahan akhiran -s/-es pada kata kerja diberikan apabila subjek kalimat adalah bentuk orang ketiga (he/she/it). Subjek pada kalimat soal adalah she, sehingga bagian rumpang kalimat di atas dapat dilengkapi dengan feeds.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved