Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penghasilan Pak Umar selama satu bulan adalah Rp9.600.000,00. Tiga per lima bagian dari penghasilannya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperempat bagiannya digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya, dan sisanya disimpan di sebuah bank yang memberikan suku bunga tunggal 3% per bulan. Rencananya, Pak Umar akan menyimpan uang tersebut selama 2 tahun dan tahun ketiga beliau akanmengambil uang tersebut per bulan. Jika pada tahun ketiga tidak ada bunga dan setiap bulannya diambil uang dengan jumlah yang sama, maka uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut adalah ....

Penghasilan Pak Umar selama satu bulan adalah Rp9.600.000,00. Tiga per lima bagian dari penghasilannya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperempat bagiannya digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya, dan sisanya disimpan di sebuah bank yang memberikan suku bunga tunggal  per bulan. Rencananya, Pak Umar akan menyimpan uang tersebut selama  tahun dan tahun ketiga beliau akan mengambil uang tersebut per bulan. Jika pada tahun ketiga tidak ada bunga dan setiap bulannya diambil uang dengan jumlah yang sama, maka uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut adalah ....space 

  1. Rp120.000,00space  

  2. Rp127.200,00space  

  3. Rp172.800,00space  

  4. Rp206.400,00space  

  5. Rp246.000,00space 

Iklan

N. Syafriah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Diketahui penghasilan Pak Umar adalah Rp9.600.000,00. Kemudian, tiga per lima bagian dari penghasilannya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperempat bagiannya digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya, dan sisanya disimpan di sebuah bank. Misal menyatakan jumlah tabungan awal Pak Umar, maka didapat perhitungan sebagai berikut. Bank tesebutmemberikan suku bunga tunggal per bulan dan Pak Umar akan menyimpan uang tersebut selama tahun, maka didapat permisalan sebagai berikut. : persentase bungan tiap bulan, maka : lama menabung dalam bulan, maka : jumlah tabungan akhir selama tahun Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut. Kemudian,pada tahun ketiga tidak ada bunga dan setiap bulannya diambil uang dengan jumlah yang sama. Oleh karena itu,uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut dapat dihitung sebagai berikut. Dengan demikian,uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut adalah Rp206.400,00. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Diketahui penghasilan Pak Umar adalah Rp9.600.000,00. 

Kemudian, tiga per lima bagian dari penghasilannya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperempat bagiannya digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya, dan sisanya disimpan di sebuah bank.

Misal begin mathsize 14px style M subscript 0 end style menyatakan jumlah tabungan awal Pak Umar, maka didapat perhitungan sebagai berikut.

Error converting from MathML to accessible text. 

Bank tesebut memberikan suku bunga tunggal begin mathsize 14px style 3 percent sign end style per bulan dan Pak Umar akan menyimpan uang tersebut selama begin mathsize 14px style 2 end style tahun, maka didapat permisalan sebagai berikut.

 begin mathsize 14px style i end style: persentase bungan tiap bulan, maka i equals 3 percent sign equals 3 over 100 

n subscript b: lama menabung dalam bulan, maka n subscript b equals 24 

M subscript n : jumlah tabungan akhir selama n tahun
 

Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

Error converting from MathML to accessible text. 

Kemudian, pada tahun ketiga tidak ada bunga dan setiap bulannya diambil uang dengan jumlah yang sama. Oleh karena itu, uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut dapat dihitung sebagai berikut.

Error converting from MathML to accessible text. 

Dengan demikian, uang yang diterima Pak Umar per bulannya selama satu tahun tersebut adalah Rp206.400,00.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rogu menabung uang sebesar Rp1.000.000,00 di Bank A dengan suku bunga tunggal sebesar 1% per bulan selama 3 tahun. Didu menabungkan uangnya di Bank B dengan nominal dan durasi yang sama seperti Rogu. ...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia