Roboguru

Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat pada kalimat ....

Pertanyaan

Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat pada kalimat ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (4)

  4. (6)

  5. (7)

Pembahasan Soal:

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru), adapun kata penghubung antar paragraf letaknya di awal paragraf.

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat (2) tepatnya pada kata konjungsi "... atau bahkan ...." karena kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk setara penegasan sehingga hanya memerlukan konjungsi "bahkan" dan tidak memerlukan konjungsi "atau" yang berisi pemilihan.


Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan paragraf berikut!      (1) Ekonomi digital adalah aspek ekonomi yang berbasiskan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. (2) Di Asia Tenggara, ekonomi...

Pembahasan Soal:

Kalimat (7) adalah Angka ini membuat Google optimistik [...] 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini. Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan konjungsi intrakalimat.

Sebelum menentukan konjungsi apa yang tepat untuk diisikan pada bagian tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu hubungan di antara kedua klausanya. Klausa anak 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini merupakan penjelas dari klausa induknya. Konjungsi intrakalimat subordinatif yang membentuk hubungan penjelas adalah bahwa.

  • Konjungsi kalau pada pilihan B merupakan konjungsi yang menyatakan syarat.
  • Konjungsi jika pada pilihan C merupakan konjungsi yang menyatakan syarat atau pengandaian.
  • Konjungsi saat pada pilihan D merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
  • Konjungsi setelah pada pilihan E merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
     

Berdasarkan penjelasan di atas, konjungsi atau kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah bahwa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!       (1) Rumah pintar (smart home) adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan pengendali jarak jauh (remote control) ...

Pembahasan Soal:

Penggunaan kata sambung yang benar terdapat pada kalimat (5) Rumah pintar dapat mengendalikan sistem secara otomatis, mulai dari kontrol cahaya, suhu ruangan, peralatan multimedia, hingga keamanan. Dalam kalimat (5) tersebut terdapat konjungsi mulai dari dan hingga yang keduanya merupakan konjungsi korelatif. Dengan demikian, penggunaan kata sambung yang benar terdapat pada pilihan jawaban E.

  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena kalimat Rumah pintar (smart home) adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan pengendali jarak jauh (remote control) untuk mengintegrasi berbagai perangkat yang ada dan otomatis menggunakan konjungsi yang tidak tepat. Pada frasa untuk mengintegrasi berbagai perangkat yang ada dan otomatis, konjungsi dan seharusnya diganti dengan konjungsi secara karena hubungan dalam frasa tersebut adalah cara, bukan penambahan.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat Rumah pintar dapat dikatakan sebagai sebuah rumah yang saling terhubung (e-home) dan otomatis. tidak menggunakan konjungsi yang tepat pada frasa terhubung (e-home) dan otomatis. Konjungsi yang tepat adalah secara karena menyatakan hubungan cara.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena kalimat Rumah tersebut dikatakan cerdas sehingga dapat memonitor seluruh kegiatan melalui sebuah komputer. menggandung konjungsi yang tidak tepat. Konjungsi sehingga tidak tepat karena kalimat tersebut tidak menyatakan hubungan akibat, tetapi sebab. Konjungsi yang tepat untuk menyatakan sebab adalah karena atau sebab.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena kalimat Rumah pintar terdiri atas beberapa perangkat yang saling terhubung agar tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pemilik rumah. tidak menggunakan konjungsi yang tepat. Konjungsi yang dimaksud adalah sehingga. Konjungsi sehingga menyatakan hubungan akibat, sedangkan konjungsi yang diinginkan dalam kalimat tersebut adalah tujuan.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!       (1) Perkembangan teknologi informasi (IT) saat ini ternyata tidak dibarengi dengan filterisasi budaya masyarakat luar yang justru makin mendegradasikan nilai moral anak...

Pembahasan Soal:

Kata sambung yang salah terdapat pada kalimat (8) Sementara, lewat televisi bisa didapatkan informasi secara lebih cepat. Konjungsi sementara dalam kalimat (8) tersebut merupakan konjungsi intrakalimat temporal. Konjungsi tersebut dapat diganti dengan konjungsi di sisi lain atau sementara itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Bacalah teks berikut dengan cermat!       (1) Kemarahan dapat meningkatkan peluang terjadinya serangan jantung. (2) Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon stres akibat marah. (3) ..., kemarahan mem...

Pembahasan Soal:

Kata penghubung atau konjungsi merupakan kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Berdasarkan letaknya di dalam paragraf, konjungsi dibagi menjadi dua, yaitu
 

  • konjungsi intrakalimat (menghubungkan kata, frasa, atau klausa di dalam sebuah kalimat) dan
  • konjungsi antarkalimat (menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lain di dalam paragraf).
     

Konjungsi yang diperlukan untuk mengisi rumpang pada kalimat ketiga adalah konjungsi antarkalimat yang digunakan untuk menghubungkan kalimat tersebut dengan kalimat sebelumnya (kalimat kedua). Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat ketiga adalah akibatnya. Konjungsi tersebut menunjukkan bahwa hal yang terjadi pada kalimat ketiga merupakan akibat dari hal yang disebutkan pada kalimat sebelumnya. Hal itu sesuai dengan isi teks. Karena ada pelepasan hormon stres akibat marah (kalimat kedua), kemarahan membuat sel-sel otot jantung membutuhkan banyak oksigen dan menyebabkan kekentalan pada darah meningkat (kalimat ketiga).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!       (1) Keterlibatan anak di dalam memasak, dapat melatih anak untuk bergaya hidup sehat. (2) Sebuah penelitian yang diadakan oleh Universitas Alberta di Kanada men...

Pembahasan Soal:

Kutipan teks di atas memuat penggunaan kata sambung yang salah, yakni terdapat di antara kalimat (2), (3), (5), (6), dan (10). Berikut adalah analisis kata sambung dari kelima pilihan jawaban di atas.
 

  • Penggunaan kata sambung bahwa pada kalimat (2) sudah tepat merupakan penanda hubungan penjelas.
  • Penggunaan kata untuk pada kalimat (3) sudah tepat karena bagian ikut memasak dan menyiapkan makanan di rumah merupakan keterangan tujuan sehingga penggunaan kata untuk dalam kalimat tersebut sudah tepat.
  • Penggunaan kata ketika pada kalimat (5) tidak tepat karena konjungsi tersebut berfungsi sebagai penanda waktu yang bersamaan. Kalimat (5) menjelaskan bahwa memasak merupakan cara agar waktu anak dalam menonton televisi dan bermain internet menjadi berkurang. Jadi, penggunaan konjungsi ketika tidak tepat sehingga perlu diubah menjadi kata depan dengan sebagai penanda cara.
  • Penggunaan kata selain itu pada kalimat (6) sudah tepat karena konjungsi tersebut merupakan konjungsi antarkalimat penambahan. Kalimat (6) merupakan informasi tambahan yang sudah dijelaskan pada kalimat sebelumnya.
  • Penggunaan kata jadi pada kalimat (10) sudah tepat karena konjungsi tersebut sebagai penanda kesimpulan. Kalimat (10) merupakan kesimpulan dari informasi-informasi sebelumnya.


Berdasarkan penjelasan di atas, kata sambung yang salah adalah ketika pada kalimat (5).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved