Roboguru

Penggunaan konjungsi antarkalimat terdapat pada....

Pertanyaan

Penggunaan konjungsi antarkalimat terdapat pada....space 

  1. kalimat 1space 

  2. kalimat 2space 

  3. kalimat 3space 

  4. kalimat 4space 

Pembahasan Soal:

Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi yang menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lain. Penggunaan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat 4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikilah tata kalimat tersebut!

Pembahasan Soal:

Tata kalimat yang baik haruslah mengikuti pedoman penulisan yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kalimat Menurut ayah mengatakan bahwa hari ini paman rio akan datang dari banjarmasin seharusnya ditulis Ayah mengatakan bahwa hari ini Paman Rio akan datang dari Banjarmasin. Hal ini karena penggunaan kata menurut dan mengatakan secara bersamaan membuat kalimat menjadi tidak efektif, sehingga salah satunya perlu dihilangkan. Selain itu, penulisan nama orang dan nama kota perlu diawali dengan huruf kapital.

Dengan demikian, perbaikan kalimat di atas adalah Ayah mengatakan bahwa hari ini Paman Rio akan datang dari Banjarmasin.space 

0

Roboguru

Kutipan tersebut mengungkapkan perasaan ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek merupakan karya sastra prosa berjumlah kurang dari 10.000 kata. Dalam suatu cerpen, terdapat unsur-unsur pembentuk cerpen, yaitu unsur intrinsik (dalam cerita) dan ekstrinsik (luar cerita). Salah satu unsur intrinsik cerpen, yaitu latar suasana. Latar suasana merupakan kondisi batin tokoh (perasaan individu) dan fisik sekitar (kondisi lingkungan) yang bisa membawa pembaca mengetahui bagaimana perasaan dalam tulisan. 

Berdasarkan pengertian di atas, kutipan cerita tersebut mengungkapkan perasaan kepedulian. Hal ini dapat diketahui melalui penggambaran tingkah laku tokoh, di antaranya saat tokoh pria terkejut dengan hal yang dilakukan oleh gadis, yaitu saat si gadis membawanya ke tempat pemakaman umum. Tetapi, tokoh pria tidak menunjukkan respon takut, menghindari, atau bertanya kepada si gadis, tokoh pria tetap diam dan menunjukkan kepeduliannya terhadap si gadis dengan cara mengikuti gadis tersebut.  

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined

0

Roboguru

Kalimat majemuk dalam paragraf tersebut adalah kalimat ....

Pembahasan Soal:

Kalimat adalah gabungan beberapa kata yang sedikitnya mengandung subjek dan predikat yang sering disertai objek, keterangan, dan pelengkap. Kalimat majemuk adalah dua kalimat tunggal yang dihubungkan oleh kata sambung/penghubung sehingga menjadi satu kalimat. Oleh karena itu, kalimat majemuk dalam paragraf tersebut adalah kalimat "(1) Kemarin Tino dan Toni kehujanan di jalan raya." Kalimat ini terdiri dari kalimat "Kemarin Tino kehujanan di jalan raya," dan "Kemarin Toni kehujanan di jalan raya."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Ciri kebahasaan yang ditonjolkan dalam kutipan cerpen di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dan memiliki satu konflik dalam ceritanya. Umumnya sebuah cerpen terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata di dalamnya. Salah satu ciri kebahasaan teks cerita pendek ialah terdapat uraian deskriptif yang rinci. Kalimat deskriptif dalam cerpen digunakan untuk menggambarkan pengalaman, latar, maupun karakter dalam cerpen. Kalimat deskriptif pada cerpen di atas menggambarkan latar tempat yang terdapat dalam kalimat "Ruang pameran itu tidak begitu penuh dikunjungi orang hingga tempat yang kecil itu tak hendak meledak."

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Perbaiki tata kalimat pada kalimat pertama paragraf tersebut!

Pembahasan Soal:

Kalimat pertama dalam teks tersebut adalah "Aku sangat senang sekali membaca buku". Terdapat pemborosan pada kalimat tersebut, yakni pada frasa sangat senang sekali. Seharusnya, frasa tersebut diubah menjadi sangat senang atau senang sekali.

Dengan demikian, perbaikan kalimat pertama paragraf tersebut adalah "Aku sangat senang membaca buku." atau "Aku senang sekali membaca buku."space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved